Tuesday, May 21, 2024

2405211. Kalian berdoa. Tetapi tidak menerima apa-apa. Karena kalian salah berdoa.

Kalender Liturgi 21 Mei 2024
Selasa Pekan Biasa VII

Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Yak 4:1-10
Mazmur Tanggapan: Mzm 55:7-8.9-10a.10b-11a.23
Bait Pengantar Injil: Gal 6:14
Bacaan Injil: Mrk 9:30-37
*

Kalian berdoa.
Tetapi tidak menerima apa-apa.
Karena kalian salah berdoa.
*

Pernahkah anda mendengar doa seorang beriman akan didengarkan Tuhan?  Kisah inspiratif dari Hellen Keller, Louis Pasteur dan ribuan kisah lainnya.

Alkisah, Seorang Ibu yang memiliki anak bayi yang perlu dioperasi besar oleh seorang dokter bedah terkenal namun sang ibu tidak memiliki uang untuk mengundang sang dokter yang tinggal di kota besar, berjarak ribuan kilometer dari tempatnya yang terpencil. Namun sang ibu terus berdoa tanpa putus asa setiap hari, sampai suatu ketika dia menerima seorang bapak yang peawatnya dipending keberangkatannya, lalu mengganti rute perjalanannya, tersesat karena badai dan kelelahannya mengendarai mobil sepanjang hari dalam rangka mengisi suatu acara seminar dan kuliah umum di suatu kota kecil yang berjarak puluhan kilometer dari rumahnya.

Saat sang bapak yang sedang duduk santai sesudah menikmati makan malam yang disediakan sang ibu, mendengar doa sang ibu dan bertanya apa yang didoakannya, sang bapak tergerkqtak hatinya dan meminta sang ibu pergi bersama dirinya ke kota untuk operasi anaknya di keesokan harinya.

 Ternyata sang bapak itu adalah dokter bedah terkenal yang segera mengoperasi anaknya dengan berhasil, disaksikan ratusan dokter yang sedang mengikuti seminarnya di kota itu. Sang ibu bersyukur anaknya menjadi sembuh dan dibebaskan dari biaya operasi oleh dokter bedah terkenal bahkan mendapat donasi yang cukup dari para peserta seminar kedokteran itu.
*

Alkisah, menurut Rasul Yakobus, datangnya sengketa dan pertengkaran dari hawa nafsu. Iri hati, lalu bertengkar, berkelahi dan membunuh.
 
Tidak memperoleh apa-apa karena tidak berdoa. Atau berdoa tetapi tidak menerima apa-apa, karena salah berdoa, sebab yang diminta akan digunakan untuk memuaskan hawa nafsu.

Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati, tunduklah kepada Allah! Lawanlah Iblis, maka ia akan lari daripadamu. Dekatilah Allah, maka Allah akan mendekati kalian.

Tahirkanlah tanganmu, sucikanlah hatimu,  rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, Ia akan meninggikanmu. Maka kasih karunia yang dianugerahkan Allah lebih besar.
*

Alkisah menurut Injil Suci Markus, pada suatu hari Yesus dan murid-murid-Nya melintasi Galilea kemudian tiba di Kapernaum. Ketika sudah berada di rumah
Yesus bertanya kepada para murid itu,
"Apa yang kalian perbincangkan tadi di jalan?"
Tetapi mereka diam saja,
sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan
siapa yang terbesar di antara mereka.
Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu, lalu kata-Nya,
"Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu,
hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya
dan menjadi pelayan semuanya."

"Barangsiapa menerima seorang anak 'kecil' demi nama-Ku,
ia menerima Aku.
Dan barangsiapa menerima Aku,
sebenarnya bukan Aku yang mereka terima,
melainkan Dia yang mengutus Aku."

*

Ya Tuhan Allahku...
Kuserahkan bebanku kepadaMu. 
Kupercaya Engkau menopangku.

Sekiranya aku memiliki sayap seperti merpati.
Aku akan terbang dan mencari tempat sepi.
Aku akan berlari dan bermalam di padang sunyi.
Aku akan mencari tempat perlindungan terhadap angin ribut dan badai.

Kuserahkan bebanku kepadaMu.
Maka Engkau akan menopangku.
Takkan Engkau biarkan kegoyahanku.
Tuhan Yesus Engkaulah kekuatanku.

Amin.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.