Friday, May 7, 2021

2105071. Kasihilah seorang akan yang lain.

Kalender Liturgi 07 Mei 2021
Jumat Paskah V

Warna Liturgi: Putih
Bacaan I: Kis 15:22-31
Mazmur Tanggapan: Mzm 57:8-9.10-12
Bait Pengantar Injil: Yoh 15:15b
Bacaan Injil: Yoh 15:12-17


Bacaan I
Kis 15:22-31
Adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami,
supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban
daripada yang perlu.

Pembacaan dari Kisah Para Rasul:

Pada akhir sidang pemuka jemaat di Yerusalem
yang membicarakan soal sunat,
rasul-rasul dan penatua-penatua beserta seluruh jemaat
mengambil keputusan untuk memilih dari antara mereka
beberapa orang yang akan diutus ke Antiokhia
bersama-sama dengan Paulus dan Barnabas.
Yang terpilih yaitu Yudas yang disebut Barsabas dan Silas.
Keduanya adalah orang terpandang di antara saudara-saudara itu.
Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya:
"Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua,
dari saudara-saudaramu,
kepada saudara-saudara di Antiokhia, Siria dan Kilikia
yang berasal dari bangsa-bangsa lain.
Kami telah mendengar,
bahwa ada beberapa orang di antara kami,
yang tiada mendapat pesan dari kami,
telah menggelisahkan dan menggoyangkan hatimu
dengan ajaran mereka.
Sebab itu dengan bulat hati kami telah memutuskan
untuk memilih dan mengutus beberapa orang kepada kamu
bersama-sama dengan Barnabas dan Paulus yang kami kasihi,
yaitu dua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya
karena nama Tuhan kita Yesus
Kristus.
Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas,
yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini
juga kepada kamu.

Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami,
supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban
dari pada yang perlu, yakni:
kamu harus menjauhkan diri
dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala,
dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik
dan dari percabulan.
Jikalau kamu memelihara diri dari hal-hal ini,
kamu berbuat baik.
Sekianlah, selamat."


Setelah berpamitan, Yudas dan Silas berangkat ke Antiokhia.
Di situ mereka memanggil seluruh jemaat berkumpul,
lalu menyerahkan surat itu kepada mereka.
Setelah membaca surat itu,
jemaat bersukacita karena isinya yang menghiburkan.

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 57:8-9.10-12
R:10a
Aku mau bersyukur kepada-Mu, Tuhan,
di antara bangsa-bangsa.


*Hatiku siap, ya Allah, hatiku siap;
aku mau menyanyi, aku mau bermazmur.
Bangunlah, hai jiwaku, bangunlah hai gambus dan kecapi,
mari kita membangunkan fajar!

*Tuhan, aku mau bersyukur kepada-Mu di antara bangsa-bangsa,
aku mau bermazmur bagi-Mu di antara suku-suku bangsa.
Sebab kasih setia-Mu menjulang setinggi langit,
dan kebenaran-Mu setinggi awan-gemawan.
Bangkitlah mengatasi langit, ya Allah!
Biarlah kemuliaan-Mu meliputi seluruh bumi!


Bait Pengantar Injil
Yoh 15:15b
Aku menyebut kamu sahabat, sabda Tuhan,
karena Aku telah memberitahukan kepada kamu
segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.



Bacaan Injil
Yoh 15:12-17
Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
"Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi,
seperti Aku telah mengasihi kamu.
Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang
yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.


Kamu adalah sahabat-Ku,
jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.
Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,
sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya.

Tetapi Aku menyebut kamu sahabat,
karena Aku telah memberitahukan kepada kamu
segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.


Bukan kamu yang memilih Aku,
tetapi Akulah yang memilih kamu.
Dan Aku telah menetapkan kamu,
supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,

supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku,
diberikan-Nya kepadamu.

Inilah perintah-Ku kepadamu:
Kasihilah seorang akan yang lain."

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

_"...Sebab adalah keputusan Roh Kudus dan keputusan kami,_
supaya kepada kamu jangan ditanggungkan lebih banyak beban
dari pada yang perlu,
..."
#

_Inilah perintah-Ku kepadamu:_
*_Kasihilah seorang akan yang lain."_*
#

Bacaan pertama dari sidang para rasul (murid Tuhan Yesus) sungguh luar biasa bagi saya, penuh keterbukaan akan kuasa dan karunia Roh Kudus sehingga memberikan keputusan yang sederhana, keputusan yang sangat menyenangkan banyak pengikut Yesus diluar bangsa Israel (orang Yahudi). Dan ini sesuai dengan perintah Yesus yang juga sederhana, _Kasihilah seorang akan yang lain."_

Mengenai Kasih, kemarin saya diinfokan anak saya (Gas) bahwa sahabatnya (V) yang merupakan putri sahabat saya (Bayu) meminta keluarga saya untuk membuat video singkat tentang ayah dan ibunya (Bayu) yang keluarga saya kenal dari puluhan tahun yang lalu dalam rangka ulang tahun pernikahan perak (ke-25) kedua sahabat saya ini (Bayu).

   Saya dan isteri mengenal kedua sahabat saya (Bayu) sejak kami muda masih aktif di mudika _(muda mudi katolik/ OMK sekarang)_ Tentu kegembiraan tersendiri buat saya dan isteri melihat kekompakan dan kasih kedua sahabat saya ini (Bayu) yang aktif sejak muda hingga saat ini, melayani Tuhan dan sesama. Saya percaya kalimat Tuhan Yesus, _"Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, ..."_ yang terbukti bahwa ketiga putri mereka menjadi putri yang aktif di gereja, masyarakat dan berkelakuan baik, bahkan kedua putri mereka bisa kuliah di PTN terkenal di Indonesia.

   Gelombang kehidupan berumah tangga mereka juga saya tahu, dan semua bisa mereka hadapi bersama karena kekuatan kasih Tuhan Yesus dan doa Bunda Maria serta perlindungan para Santa/o yang sangat mereka percayai. Saya dan isteri tentu bersyukur karena putra putri kami juga bisa aktif di gereja karena diajak oleh mereka. Saat saya kecelakaan karena ditusuk maling yang masuk rumah saya beberapa tahun yang lalu, mereka yang pertama dihubungi isteri saya dan beritapun menyebar dan sayapun selamat karena  mendapat pertolongan banyak pihak melalui jaringan medsos mereka.
#

*DOA:*

*Hatiku siap ya Allahku*
Aku mau menyanyi bagiMu
Aku mau bermazmur bagiMu
Bangunlah hai segenap jiwaku 
Marilah membangunkan fajar itu

*Tuhan aku bersyukur kepada-Mu*
Aku mau bermazmur bagi-Mu 
Setinggi langit kasih setia-Mu
Setinggi awan-gemawan kebenaran-Mu
Bangkitlah mengatasi langit Allahku
Seluruh bumi diliputi kemuliaan-Mu

*Tuhan kau satukan hati mereka*
Mengatasi masalah dengan bersama
Menyertai Tuhan dalam kehidupan mereka
Terpujilah Kasih Tuhan selamanya

Amin.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.