Monday, May 3, 2021

2105031. Like Father, like son/ daughter. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.

Kalender Liturgi 03 Mei 2021
Senin Paskah V

Warna Liturgi: Merah
Bacaan I: 1Kor 15:1-8
Mazmur Tanggapan: Mzm 19:2-3.4-5
Bait Pengantar Injil: Yoh 14:6b.9c
Bacaan Injil: Yoh 14:6-14

Bacaan I
1Kor 15:1-8
Tuhan menampakkan diri kepada Yakobus,
kemudian kepada semua rasul.


Pembacaan dari Surat pertama Rasul Paulus
kepada Jemaat di Korintus:


Saudara-saudara,
aku mau mengingatkan kamu akan Injil
yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima,
dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.
Oleh Injil itu kamu diselamatkan,
asal kamu teguh berpegang padanya,
sebagaimana kuberitakan kepadamu;
-- kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.--
Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu,
yaitu apa yang telah kuterima sendiri,
yakni bahwa Kristus telah wafat karena dosa-dosa kita,
sesuai dengan Kitab Suci;
bahwa Ia telah dimakamkan,
dan pada hari yang ketiga telah dibangkitkan
sesuai dengan Kitab Suci;
bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas,
dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.
Sesudah itu Ia menampakkan diri
kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus;
kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang,
tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.
Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus,
lalu kepada semua rasul.
Dan yang paling akhir Ia menampakkan diri juga kepadaku,
seperti kepada anak yang lahir sebelum waktunya.

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 19:2-3.4-5
R:5a
Di seluruh bumi bergemalah suara mereka.

*Langit menceritakan kemuliaan Allah,
dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;
hari yang satu mengisahkannya kepada hari yang lain,
dan malam yang satu menyampaikan pengetahuannya
kepada malam berikut.

*Meskipun tidak berbicara,
dan tidak memperdengarkan suara;
namun di seluruh bumi bergaunglah gemanya,
dan amanat mereka sampai ke ujung bumi.


Bait Pengantar Injil
Yoh 14:6b.9c
Akulah jalan, kebenaran dan hidup.
Filipus, barangsiapa melihat Aku, ia telah melihat Bapa.



Bacaan Injil
Yoh 14:6-14
Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu,
namun engkau tidak mengenal Aku!


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya
Yesus berkata kepada Tomas,
"Akulah jalan, kebenaran dan hidup.
Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa,
kalau tidak melalui Aku.
Sekiranya kamu mengenal Aku
,
pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.
Sekarang ini kamu mengenal Dia,
dan kamu telah melihat Dia."

Kata Filipus kepada Yesus,
"Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami,
dan itu sudah cukup bagi kami."

Kata Yesus kepadanya,
"Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus,
namun engkau tidak mengenal Aku?
Barangsiapa telah melihat Aku,
ia telah melihat Bapa;
bagaimana engkau berkata "Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami"?
Tidak percayakah engkau,
bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?

Apa yang Aku katakan kepadamu,
tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri,
tetapi Bapa yang diam di dalam Aku,
Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Percayalah kepada-Ku,
bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;
atau setidak-tidaknya,
percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu:
Sesungguhnya, barangsiapa percaya kepada-Ku,
ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan,
bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.
Sebab Aku pergi kepada Bapa;
dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku,

Aku akan melakukannya,
supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku,
Aku akan melakukannya."

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

_sesuai dengan Kitab Suci;_
bahwa Ia telah dimakamkan,
_dan pada hari yang ketiga telah dibangkitkan_
_sesuai dengan Kitab Suci;_
bahwa _Ia telah menampakkan diri kepada ..."_
#

Yesus berkata kepada Tomas,
_"Akulah jalan, kebenaran dan hidup._
_Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa,_
_kalau tidak melalui Aku._
Sekiranya kamu mengenal Aku
,
pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.
Sekarang ini kamu mengenal Dia,
dan kamu telah melihat Dia."

#

*Margaret Franklin Zadow* pengarang buku terkenal di amazon.com, alkisah saat berusia 5 tahun terserang wabah polio yang menyerang desanya. Tangan kuat ayah dari Margaret, membantunya untuk pergi pulang ke dokter, untuk pergi ke kamar mandi, keluar rumah dan melakukan kegiatan lainnya. Tangan kuat bapaknya mendekap Margaret dengan erat-erat saat Margaret sakit, menangis dan bersedih. Margaret pun berkata, _"Banyak anak tidak seberuntung diriku. Mereka tidak memiliki bapak di bumi yang mau mendekap dan menggendong mereka."
Pengalaman manis yang diterima Margaret dari bapaknya itu menyadarkan dirinya bahwa Bapa di surga juga mau untuk mendekap dan menggendong umat-Nya yang lemah. Margaret berkata, _"Bapakku yang di bumi meninggal dunia beberapa tahun kemudian, tetapi Bapa di surga mengawasi ku selalu, mendekapku dengan tangan kasih-Nya, memberi kekuatan ketika aku menghadapi masalah dan menggendongku ketika aku lemah. Demikian juga Dia akan melakukan hal yang sama bagi setiap orang percaya.  Bagi mereka yang tidak memiliki bapak di bumi, Ia juga mau memerhatikan dan menggendong ketika mereka lemah."_

*Like Father, like son/ daughter.* Margaret beruntung memiliki bapak dibumi yang memeluknya, tangan kuat bapakku cukup keras dalam hidupku. Aku tidak boleh salah dan harus mendengar perkataan dan perintahnya, jika tak mau hukuman mendera tubuhku. Aku bersyukur pulih dari luka batinku karena mengikuti berbagai retret dan melihat ada guru, romo yang memperhatikanku dengan baik serta merasakan kasih Yesus yang luar biasa hingga penyalibanNya demi manusia seperti diriku. Sangat sulit awalnya merasakan kasih kelembutan Bapak di surga, sehingga kadangkala sikapku juga sangat keras pada awalnya. Waktu dan Kasih kerahimanNya yang menuntunku untuk menjalanin hidupku dengan cukup  sederhana dan tetap bersyukur pada saat ini. Dan aku terus percaya dan bersandar pada kasih Yesus _(Bapa di Surga)_ yang lembut dan luar biasa sampai sekarang.
#

*DOA:*

*Kurasakan Langit menceritakan kemuliaanNya*
Cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya
Hari demi hari mengisahkannya Malam malampun menyampaikan pengetahuannya

*Meskipun nampaknya tidak berbicara*
Dan tidak memperdengarkan suara
Di seluruh bumi bergaunglah gemanya
Amanatnya sampai ke ujung dunia

*Jika kupandang langit buatanMu*
Bulan Bintang Alam ciptaanMu
Siapakah aku dimata Tuhanku
Kauperhatikan hidupku dalam kasihMu

Amin.
#

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.