Friday, February 26, 2021

2102251. Perkataan Positip membawa Hasil Kebaikan.

Kalender Liturgi 25 Feb 2021
Kamis Prapaskah I

Warna Liturgi: Ungu
Bacaan I: T.Est 4:10a.10c-12.17-19
Mazmur Tanggapan: Mzm 138:1-2a.2bc-3.7c-8
Bait Pengantar Injil: Mzm 51:12a.14a
Bacaan Injil: Mat 7:7-12


Bacaan I
T.Est 4:10a.10c-12.17-19
Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau, ya Tuhan.

Pembacaan dari Kitab Ester:

Di kala bahaya maut menyerang,
Ratu Ester pun berlindung pada Tuhan.
Ia mohon kepada Tuhan, Allah Israel, katanya,
"Tuhanku, Raja kami, Engkaulah yang tunggal.
Tolonglah aku yang seorang diri ini.
Padaku tidak ada seorang penolong selain Engkau,
sebab bahaya maut mendekati diriku.
Sejak masa kecilku telah kudengar dalam keluarga bapaku,
bahwa Engkau, ya Tuhan,
telah memilih Israel dari antara sekalian bangsa,
dan nenek moyang kami telah Kaupilih dari antara sekalian
leluhurnya, supaya mereka menjadi milik abadi bagi-Mu;
dan telah Kaulaksanakan bagi mereka apa yang telah Kaujanjikan.
Ingatlah, ya Tuhan,
dan sudilah menampakkan diri-Mu di waktu kesesakan kami.
Berikanlah kepadaku keberanian,
ya Raja para allah dan Penguasa sekalian kuasa!
Taruhlah perkataan sedap di dalam mulutku terhadap singa itu,
dan ubahkanlah hatinya
sehingga menjadi benci kepada orang-orang yang memerangi kami,
supaya orang itu serta semua yang sehaluan dengannya
menemui ajalnya.
Tetapi selamatkanlah kami ini dengan tangan-Mu,
dan tolonglah aku yang seorang diri ini,
yang tidak mempunyai seorangpun selain dari Engkau, ya Tuhan.

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 138:1-2a.2bc-3.7c-8
R:3a
Pada hari aku berseru, Engkau menjawab aku, ya Tuhan.

*Aku hendak bersyukur kepada-Mu dengan segenap hati,
di hadapan para dewata aku akan bermazmur bagi-Mu.
Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus.

*Aku memuji nama-Mu,
oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu,
sebab Kaubuat nama-Mu, dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.
Pada hari aku berseru, Engkau pun menjawab aku,
Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.

*Tuhan, tangan kanan-Mu menyelamatkan daku,
Engkau akan menyelesaikannya segalanya bagiku!
Ya Tuhan, kasih setia-Mu kekal abadi,
janganlah Kautinggalkan buatan tangan-Mu!


Bait Pengantar Injil
Mzm 51:12a.14a
Ciptakanlah hati yang murni dalam diriku, ya Allah,
berilah aku sukacita karena keselamatan-Mu.



Bacaan Injil
Mat 7:7-12
Setiap orang yang meminta akan menerima.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
"Mintalah, maka kamu akan diberikan;
carilah, maka kamu akan mendapat;
ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
Karena setiap orang yang meminta akan menerima,
setiap orang yang mencari akan mendapat,
dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan.

Adakah seorang dari padamu
yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti,
atau memberi ular, jika ia meminta ikan?
Jadi jika kamu yang jahat
tahu memberi yang baik kepada anak-anakmu,
apalagi Bapamu yang di sorga!
Ia akan memberikan yang baik
kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu,
perbuatlah demikian juga kepada mereka.

Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

"Mintalah,
  maka kamu akan diberikan;...
Adakah ...
yang memberi batu kepada anaknya,
  jika ia meminta roti,
atau memberi ular,
 jika ia meminta ikan?
Jadi ...
tahu memberi yang baik kepada anak-anakmu, 
  apalagi Bapamu yang di sorga! 
Ia akan memberikan yang baik 
  kepada mereka 
  yang meminta kepada-Nya."
#


*Perkataan Positip membawa Hasil Kebaikan*

Seorang wanita muda baru pindah ke sebuah kota kecil. Setelah berada di sana beberapa waktu, ia mengeluh kepada tetangganya tentang pelayanan buruk yang dialaminya di apotek setempat. 

Ia meminta pada tetangganya agar mau menyampaikan kritiknya pada pemilik apotek itu.

Beberapa hari kemudian, wanita muda pendatang tersebut pergi lagi ke apotek itu. 

Pemilik apotek menyambutnya dengan senyum lebar sambil mengatakan betapa senangnya ia melihat wanita itu berkenan datang kembali ke apoteknya, dan berharap wanita dan suaminya menyukai kota mereka. 

Bukan hanya itu, pemilik apotek itu bahkan menawarkan diri membantu wanita dan suaminya menguruskan berbagai hal agar mereka bisa menetap di kota itu dengan nyaman. 

Lalu, ia pun mengirimkan apa yang dipesan wanita itu dengan cepat dan baik.

Wanita itu merasa senang dengan perubahan luar biasa yang ditunjukkan oleh pemilik apotek. 

Kemudian, ia melaporkan hal itu pada tetangganya. 

_"Anda tentu sudah menyampaikan kritik saya mengenai betapa buruk pelayanannya waktu itu."_

_"Oh, tidak,"_ jawab tetangganya dengan tersenyum lebar. 

_"Sebenarnya saya tidak menyampaikan kritik anda pada mereka. Saya harap anda tidak keberatan. Saya katakan pada pemilik apotek itu betapa anda terkagum-kagum melihat caranya mendirikan apotek di kota kecil ini. Dan, anda merasa apoteknya adalah salah satu apotek dengan pelayanan terbaik yang pernah anda temui."_

Inilah gambaran tentang perilaku yang kita dapat dari perlakuan yang kita berikan pada orang lain. Sebuah penghargaan, dan juga penghormatan, akan lebih baik, dari sekedar kritik yang tak beralasan.

Ini adalah sebuah cermin, tentang siapa kita, tentang siapa sebenarnya berhak untuk mendapatkan harapan perbaikan. 

Kritik yang disampaikan dengan cara yang keliru, seringkali hanya menghancurkan harapan perbaikan. Sedangkan _*sebuah apresiasi (penghargaan) selalu mendorong orang lain untuk melakukan lebih baik lagi.*_

*"Sampaikanlah kritik dengan perkataan positip"*

GBU.
😀😀😀


*DOA:*

Segenap hatiku bersyukur kepada-Mu 
Aku akan bermazmur bagi-Mu

Kusujud ke arah bait kudus-Mu
Pada hari aku berseru
Tuhan Engkau menjawab aku

Tuhan aku memuji nama-Mu
Karena kasih-Mu dan kesetiaanMu

Janji-Mu melebihi segala sesuatu

Kautambahkan kekuatan dalam jiwaku
Pada hari aku berseru
Tuhan Engkau menjawab aku

Tuhan tangan kanan-Mu menyelamatkanku
Engkau menyelesaikannya segalanya bagiku

Kekal abadi Kasih setia-Mu 
Janganlah Kautinggalkan buatan tangan-Mu
Pada hari aku berseru
Tuhan Engkau menjawab aku

Amin.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.