Sunday, November 26, 2017

Bacaan Liturgi 26 November 2017 HR Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam. KOPI PAGI. *Kasih Itu Nyata*

*KOPI PAGI  ☕*

_Jika memang kehendakmu tidak terkabul, biarlah kehendak Tuhan saja yang berlaku, karena memang kehendak Tuhan itu mutlak dan di atas segalanya._

_Di hari-hari baik kita mendapat kebahagiaan. 

Di hari-hari yang kurang baik kita mendapat pengalaman.

 Dari keduanya kita belajar tentang kehidupan._

#


_Burung Cendrawasih dari Papua,_
_Burung indah hampir punah._
_Belas kasih kepada sesama,_
_Bukti kasih kepada Allah_

#


Bacaan Liturgi 26 November 2017

HR Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam


Bacaan Pertama
Yeh 34:11-12.15-17
Wahai domba-domba-Ku,
Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba.

Pembacaan dari Nubuat Yehezkiel:


Beginilah firman Tuhan Allah,
"Dengar,
Aku sendirilah yang akan memperhatikan domba-domba-Ku
dan mencari mereka.
Seperti seorang gembala mencari dombanya
pada waktu domba itu tercerai dari kawanannya,
begitulah Aku akan mencari domba-domba-Ku,
dan Aku akan menyelamatkan mereka dari segala tempat,
ke mana mereka diserakkan
pada hari berkabut dan hari kegelapan.

Aku sendiri akan menggembalakan domba-domba-Ku,
dan Aku akan membiarkan mereka berbaring,
demikianlah firman Tuhan Allah.
Yang hilang akan Kucari,
yang tersesat akan Kubawa pulang,
yang luka akan Kubalut,
yang sakit akan Kukuatkan,
sedang yang gemuk dan kuat akan Kulindungi.
Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya."

"Wahai kamu domba-domba-Ku,"
beginilah firman Tuhan Allah,
"Sungguh, Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba,
dan di antara domba jantan dan kambing jantan."

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur
Mzm 23:1-2a.2b-3.5-6
R:1
Tuhanlah Gembalaku, aku takkan berkekurangan.


*Tuhanlah Gembalaku, aku takkan berkekurangan.
Ia membaringkan daku di padang tumput yang hijau.

*Ia membimbing aku ke air yang tenang,
dan menyegarkan jiwaku.
Ia menuntun aku di jalan yang lurus,
demi nama-Nya yang kudus.

*Engkau menyediakan hidangan bagiku,
di hadapan segala lawanku.
Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak,
pialaku penuh berlimpah.

*Kerelaan dan kemurahan-Mu mengiringi aku
seumur hidupku.
Aku akan diam di dalam rumah Tuhan
sepanjang masa.

Bacaan Kedua
1Kor 15:20-26a.28
Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa,
supaya Allah menjadi semua di dalam semua.

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:


Saudara-saudara,
Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati,
sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.
Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia,
demikian juga
kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.
Karena sama seperti semua orang mati
dalam persekutuan dengan Adam,
demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali
dalam persekutuan dengan Kristus.
Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya:
Kristus sebagai buah sulung;
sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya
pada waktu kedatangan-Nya.

Kemudian tibalah kesudahannya,
yaitu bilamana Kristus menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa,
sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan,
kekuasaan dan kekuatan.
Karena Kristus harus memegang pemerintahan sebagai Raja
sampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya.
Musuh terakhir yang dibinasakan ialah maut.
Dan kalau segala sesuatu telah ditaklukkan di bawah Kristus,
maka Kristus sendiri sebagai Anak akan menaklukkan diri-Nya
di bawah Dia yang telah menaklukkan segala sesuatu,
supaya Allah menjadi semua di dalam semua.

Demikianlah sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil
Mrk 11:9.10
Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan.
Diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud.


Bacaan Injil
Mat 25:31-46
Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya
dan akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:


Sekali peristiwa
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
"Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan
dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia,
maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.
Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya,
dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang,
sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing;
Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya,
dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.
Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya:
Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku,
terimalah Kerajaan
yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.

Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan;
ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum;
ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan;
ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian;
ketika Aku sakit, kamu melawat Aku;
ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.


Maka orang-orang benar itu akan bertanya kepada-Nya:
Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar
dan kami memberi Engkau makanan,
atau haus dan kami memberi Engkau minum?
Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing,
dan kami memberi Engkau tumpangan,
atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian?
Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara
dan kami mengunjungi Engkau?

Dan Raja itu akan menjawab mereka:
Aku berkata kepadamu,
sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan
untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini,
kamu telah melakukannya untuk Aku.


Lalu Raja itu akan berkata juga kepada mereka
yang di sebelah kiri-Nya:
Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk,
enyahlah ke dalam api yang kekal,
yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya.
Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan;
ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum;
ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan;
ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian;
ketika Aku sakit dan dalam penjara,
kamu tidak melawat Aku.

Lalu mereka pun akan bertanya kepada-Nya:
Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar,
atau haus, atau sebagai orang asing,
atau telanjang atau sakit,
atau dalam penjara,
dan kami tidak melayani Engkau?

Maka Ia akan menjawab mereka:
Aku berkata kepadamu,
sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan
untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini,
kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.

Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal,
tetapi orang benar masuk ke dalam hidup yang kekal."

Demikianlah Injil Tuhan.

#


*⭕Pelita Hati*

_26 November 2017_

*Kasih Itu Nyata*

By
_Romo Stephanus_ _Istoto Raharjo Pr_


_Bacaan_
*Matius 25:31-46*

_Aku  berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku…..Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. (Mat. 25:40.45)_

PELITA Sabda hari ini merupakan penjelasan pamungkas tentang makna sejati hidup beriman. Intinya, kasih kepada Allah harus mewujud dalam kasih kepada sesama. 


Marilah mengingat sabda ini: "Jikalau seorang berkata: 'Aku mengasihi Allah,' dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya." (1 Yoh. 4:20).

Kasih kepada Allah bukan abstrak atau sebatas wacana dan kata-kata. Kasih kepada Allah tak cukup diungkapkan dalam doa dan pujian. Kasih kepada Allah haruslah konkrit dan mewujud dalam tindakan nyata kepada sesama terutama yang menderita.

Maka, marilah kita bertanya kepada diri kita masing-masing: sudahkah aku mengasihi saudara-saudariku, orang-orang terdekatku, tetangga kanan-kiri rumahku dan kepada sesamaku dengan tulus hati? 


Apakah aku telah mengasihi sesama yang menderita dengan sepenuh hati? Atau kita cenderung menjauhinya ketika saudara dan sahabat kita sedang terlilit masalah. Sekali lagi, kasih kita kepada Allah harus dipertaruhkan dalam kasih kepada sesama.

Semoga kita mampu mengusahakannya.

_Burung Cendrawasih dari Papua,_
_Burung indah hampir punah._
_Belas kasih kepada sesama,_
_Bukti kasih kepada Allah_


dari Papua dengan cinta,

Berkah Dalem, 

Romo Is
Sesawi.net

#

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.