Thursday, May 30, 2024

2405301. Akulah cahaya dunia. Ikutilah Aku dan hidup dalam cahaya abadi.

Kalender Liturgi 30 Mei 2024
Kamis Pekan Biasa VIII

Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: 1Ptr 2:2-5.9-12
Mazmur Tanggapan: Mzm 100:2.3.4.5
Bait Pengantar Injil: Yoh 8:12
Bacaan Injil: Mrk 10:46-52
*

Akulah cahaya dunia.
Ikutilah Aku dan hidup dalam cahaya abadi.
*

Cerewet itu banyak bicara.
Alim itu sedikit bicara.
Bisu itu tidak dapat bicara.
Buta itu tidak dapat melihat dunia.

Banyak bicara itu baik.
Seleksi berbicara itu lebih baik.
Bisa melihat itu baik.
Melihat yang benar itu lebih baik.
*

Alkisah menurut Injil Suci Markus, pada suatu hari Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Yerikho. Bartimeus bin Timeus, seorang pengemis buta, sedang duduk di pinggir jalan ketika didengarnya Yesus orang Nazaret lewat, lalu ia pun berseru, "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"
Saat ditegur orang, semakin keras ia berseru, "Anak Daud, kasihanilah aku!"

Yesus berhenti dan memanggil Bartimeus dan bertanya kepadanya,
"Apa yang kaukehendaki Kuperbuat bagimu?"
Bartimeus menjawab, "Rabuni, supaya aku dapat melihat."
 
Lalu Yesus berkata kepadanya,
"Pergilah, imanmu telah menyelamatkan dikau."
Pada saat itu juga melihatlah Bartimeus, lalu mengikutiNya.
*

Bartimeus adalah salah satu orang yang berubah dan mau mengikuti Sang Cahaya dalam hidupnya. Rasul Petrus dalam Surat Pertamanya yang ditujukan kepada "penduduk asing terpilih/ orang Kristen baru" yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia, dan Bitinia di provinsi Romawi di Asia Kecil, menuliskan seperti bayi yang baru lahir, selalu ingin air susu yang murni dan rohani yang membuat pertumbuhan dan keselamatan, jika dengan benar-benar mengecap kebaikan Tuhan dan datang kepadaNya. (Seperti Bartimeus).

Tuhan Yesus itu laksana batu hidup, yang dibuang manusia,
tetapi dihormati dan dipilih Allah. Karena Yesus Kristus, semoga saya (dan Anda) dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, suatu imamat kudus,
untuk mempersembahkan persembahan rohani yang berkenan kepada Allah.

Saya (dan Anda) adalah bangsa yang terpilih,
kaum imam yang rajani, bangsa yang kudus,
umat kepunyaan Allah sendiri.
Maka saya (dan Anda) harus memaklumkan perbuatan agung Allah, yang telah memanggil keluar dari kegelapan agar masuk ke dalam cahaya-Nya yang menakjubkan. saya (dan Anda) telah menjadi umat-Nya dan telah memperoleh belas kasihNya. Jadi saya (dan Anda) harus menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging, hidup baik agar orang dapat melihat perbuatan-perbuatan baik saya (dan Anda) lalu memuliakan Allah.
*

Dengan sorak sorai aku menghadapMu.
Dengan sukacita aku beribadat kepadaMu.
Dengan sorak sorai aku datang kehadapanMu.
Karena Engkaulah Tuhan Allahku.

Engkaulah yang menjadikanku.
Dan punya Engkaulah daku.
Aku ini umatMu.
Dan kawanan domba gembalaanMu.

Dengan nyanyian syukur kumasuki pintu gerbangMu.
Dengan puji-pujian kumasuki  pelataranMu.
Aku bersyukur kepadaMu 
Dan kupuji namaMu.

Dengan sorak sorai aku menghadapMu.
Engkau sungguh baik Tuhanku.
Untuk selama-lamanya kasih setiaMu.
Dan tetap turun-temurun kesetiaanMu.

Tuhan Yesus Engkaulah Cahaya hidupku.
Semoga Roh Kudus bersinar dalam hidupku.
Amin.
*

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.