Tuesday, June 18, 2024

2406181. Kasihilah musuh-musuhmu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiayamu karena kamu adalah anak Bapamu yang di surga.

Kalender Liturgi 18 Jun 2024
Selasa Pekan Biasa XI
Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: 1Raj 21:17-29
Mazmur Tanggapan: Mzm 51:3-4.5-6a.11.16
Bait Pengantar Injil: Yoh 13:34
Bacaan Injil: Mat 5:43-48

*

Kasihilah musuh-musuhmu,
dan berdoalah bagi mereka yang menganiayamu karena kamu adalah anak Bapamu yang di surga.

Kamu harus sempurna
sebagaimana Bapamu di surga sempurna adanya."
*


Lagu populer Forever Young, karya Bob Dylan yang direkam di California bulan November 1973, liriknya menggambarkan keinginan untuk tetap muda, bersemangat, dan hidup dengan penuh semangat sepanjang hidup. Banyak cara dilakukan orang agar tetap hidup termasuk Ahab, raja Israel yang di Samaria yang bertobat dengan mengoyakkan pakaiannya, mengenakan kain kabung pada tubuhnya, dan berpuasa. Raja Ahab tidur dengan memakai kain kabung,
dan berjalan dengan langkah lamban, sehingga bersabdalah Tuhan kepada nabi Elia orang Tisbe itu, 
"Ahab telah merendahkan diri di hadapan-Ku, maka Aku tidak akan mendatangkan malapetaka dalam zamannya. Barulah dalam zaman anaknya, Aku akan mendatangkan malapetaka atas keluarganya karena telah merampas ke kebun anggur Nabot dan membunuh Nabot dengan fitnah."

Menurut Injil Suci Matius, dalam khotbah di bukit Zaitun, Yesus berkata,
"Kasihilah musuh-musuhmu,
dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kalian.'
Karena dengan demikian
kalian menjadi anak-anak Bapamu yang di surga.
Sebab Ia membuat matahari-Nya terbit bagi orang yang jahat,
dan juga bagi orang yang baik.
Hujan pun diturunkan-Nya bagi orang yang benar
dan juga bagi orang yang tidak benar.
Karena itu kalian harus sempurna
sebagaimana Bapamu di surga sempurna adanya."

Hidup adalah pilihan.
Pilih hidup damai bahagia atau hidup dalam dendam dan penderitaan.
*

Ya Tuhan Allahku....
Kasihanilah kami yang berdosa padaMu.
Kasihanilah aku menurut kasih setia-Mu.
Menurut besarnya rahmat-Mu hapuskanlah pelanggaranku.
Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku dan dosaku!

Sebab aku sadar akan pelanggaranku 
Dosaku selalu terbayang di hadapanku. 
Aku berdosa terhadap Engkau.
Palingkanlah wajah-Mu dari dosaku.

Ya Tuhan Allahku...
Hapuskanlah aku segala kesalahanku.
Lepaskanlah aku dari hutang darah kawanku.
Agar lidahku memasyurkan keadilan-Mu.

Amin.
*


*

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.