Monday, June 3, 2024

2405031. Yesus Kristus yang pertama bangkit dari alam maut kiranya mengasihi dan mencuci dosa kami dalam darahMu.

Kalender Liturgi 03 Jun 2024
Senin Pekan Biasa IX
PW S. Karolus Lwanga dan teman-temannya, Martir

Warna Liturgi: Merah
Bacaan I: 2Ptr 1:1-7
Mazmur Tanggapan: Mzm 91:1-2.14-15ab.15c-16
Bait Pengantar Injil: Why 1:5ab
Bacaan Injil: Mrk 12:1-12

*

Yesus Kristus yang pertama bangkit dari alam maut kiranya mengasihi dan mencuci dosa kami
dalam darahMu.

*

Hati saya tersentak saat membaca Injil Suci menurut Markus, perumpamaan Yesus kepada imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan kaum tua-tua, tentang seorang membuka kebun anggur, menanam pagar sekelilingnya, menggali lubang tempat memeras anggur, mendirikan menara jaga kemudian disewakannya kebun anggur itu kepada penggarap-penggarap karena ia harus berangkat ke negeri lain dalam waktu yang cukup lama. 

Namun ketika sudah tiba musim panen, penggarap-penggarap itu menolak memberikan sebagian dari hasil kebun kepada pemiliknya. Semua hamba yang disuruhnya, ditangkap, dipukuli, disuruh pergi dengan tangan hampa, dipermalukan, bahkan ada yang dibunuh.

Akhirnya diutus putera tunggalnya yang dikasihinya, sebab pikirnya, _'Puteraku pasti akan mereka segani.' Tetapi penggarap-penggarap itu berpikir lain, mereka tangkap, bunuh puteranya, lalu melemparkannya ke luar kebun anggur itu agar warisannya menjadi milik mereka. Saya berpikir, "_Apakah saya seperti penggarap-penggarap itu? Diberi kepercayaanNya namun tidak memberikan sebagian hasil untukNya (untuk sesama)? Apakah hanya mau menerima tanpa memberi?" Jangan sampai saya seperti akhir perumpaman, pemilik kebun anggur yang datang dan membinasakan penggarap-penggarap itu, lalu mempercayakan kebun anggurnya kepada orang-orang lain. _"Jangan sampai Dia mengambil kembali semua yang dipercayakanNya lalu saya dibinasakanNya. Atau apakah saya seperti imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan kaum tua-tua yang berencana berusaha menangkap Yesus,
karena tersinggung akan sindiranNya dengan perumpamaan itu?" 

Saya merasa tersadarkan saat membaca Surat Kedua Rasul Petrus, dimana Simon Petrus, rasul Yesus Kristus, menuliskan untuk beriman kepada Allah melalui Juruselamat Yesus Kristus.

Semoga kasih karunia dan damai sejahtera Allah melimpahi saya, dengan pengenalan akan Allah melalui Yesus. Semoga kekuasaan-Nya yang ilahi menganugerahkan kepada saya, segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh, janji-janji yang berharga dan sangat besar untuk mengambil bagian
dalam kodrat ilahi, agar luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Saya merasa harus sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan iman, kebajikan, pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan: kesalehan, kasih akan saudara-saudara dan semua orang.
*

Aku percaya kepadaMu ya Allahku.
Engkaulah Tuhan tempat perlindungan dan kubu pertahananku.
Engkaulah yang kupercayai ya Allahku.
Semoga hatiku melekat kepadaMu.

Semoga Engkau meluputkan bahaya dariku.
Semoga Engkau  membentengiku karena aku mengenal namaMu.
Semoga Engkau menjawab saat kuberseru kepadaMu. Semoga Engkau menyertaiku dalam kesesakanku.

Semoga Engkau meluputkanku dan memuliakanku.
Semoga Engkau memberiku umur panjang dan mengenyangkanku.
Semoga Engkau memperlihatkan keselamatan
yang datang dari padaMu.
Aku percaya kepadaMu ya Allahku.

Amin.
*
 

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.