Monday, August 15, 2022

2208151. Mengikuti Tuhan yang telah memanggilku.

Kalender Liturgi 15 Agt 2022
Senin Pekan Biasa XX

PF S. Tarsisius, Martir Ekaristi.  Pelindung putra-putri altar dan penerima komuni pertama.
Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Yeh 24:15-24
Mazmur Tanggapan: Ul 32:18-21
Bait Pengantar Injil: Mat 5:3
Bacaan Injil: Mat 19:16-22

Bacaan I
Yeh 24:15-24
Yeheskiel hendaknya menjadi lambang bagimu;
hendaknya kalian melakukan seperti yang dilakukannya.

Bacaan dari Nubuat Yehezkiel:


Tuhan bersabda kepadaku, "Hai anak manusia,
Aku hendak mengambil daripadamu dia yang sangat kaucintai seperti yang kena tulah.
Tetapi janganlah meratap ataupun menangis,
dan janganlah mengeluarkan air mata.
Diam-diam saja mengeluh, jangan mengadakan ratapan kematian.
Lilitkanlah destarmu dan pakailah kasutmu.
Jangan selubungi mukamu dan jangan makan roti perkabungan
."

Pagi harinya aku berbicara kepada bangsa Israel,
dan malam harinya isteriku meninggal dunia.
Keesoksan harinya
aku melakukan seperti diperintahkan kepadaku.
Maka bangsa itu berkata kepadaku,
"Tidakkah engkau bersedia memberitahukan kepada kami,
apa artinya ini bagi kami, bahwa engkau berlaku demikian?"


Lalu aku menjawab mereka, "Sabda Tuhan sudah datang kepadaku,
'Katakanlah kepada kaum Israel, beginilah sabda Tuhan Allah:
Sungguh, Aku akan menajiskan tempat kudus-Ku,
kekuasaanmu yang kaubanggakan, kenikmatan bagi mata dan jiwamu.
Anak-anakmu laki-laki dan perempuan yang kalian tinggalkan
akan mati rebah oleh pedang.
Kalian akan melakukan seperti yang kulakukan.
Mukamu tidak akan kalian selubungi

dan roti perkabungan takkan kalian makan.
Kepalamu akan berdestar dan kakimu akan berkasut.
Dan kalian tidak akan meratap atau pun menangis.
Tetapi kalian akan hancur lebur dalam hukumanmu,
dan kalian akan mengeluh, seorang kepada yang lain.
Demikianlah Yehezkiel menjadi lambang bagimu;
tepat seperti yang dilakukannya, begitulah yang akan kalian lakukan.
Sesudah itu terjadi, kalian akan tahu, bahwa Akulah Tuhan Allah'."

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Ul 32:18-21
R:18a
Engkau telah melupakan Allah yang melahirkan dikau.

* Hai umat, engkau telah melupakan Gunung batu
yang memperanakkan dikau,
engkau telah melupakan Allah yang melahirkan dikau.
Tuhan melihat hal itu, maka Ia menolak mereka,
sebab Ia sakit hati karena anak-anaknya lelaki dan perempuan.

*Tuhan bersabda,
"Aku hendak menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka,
dan melihat bagaimana kesudahan mereka.
Sebab mereka itu suatu angkatan yang bengkok,
anak-anak yang tidak mempunyai kesetiaan.

*Mereka membangkitkan cemburu-Ku dengan yang bukan Allah,
mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan berhala mereka.
Sebab itu Aku akan membangkitkan cemburu mereka
dengan yang bukan umat,
dan akan menyakiti hati mereka dengan bangsa yang bebal."


Bait Pengantar Injil
Mat 5:3
Berbahagialah yang hidup miskin terdorong oleh Roh Kudus,
sebab bagi merekalah Kerajaan Allah.



Bacaan Injil
Mat 19:16-22
Jika engkau hendak sempurna,
juallah segala milikmu dan berikanlah kepada orang-orang miskin.


Inilah Injil Suci menurut Matius:


Pada suatu hari ada seorang datang kepada Yesus dan berkata,
"Guru, perbuatan baik apakah yang harus kulakukan
untuk memperoleh hidup yang kekal?"

Yesus menjawab,
"Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku
tentang apa yang baik?
Hanya Satu yang baik!
Jika engkau ingin masuk ke dalam hidup,
turutilah segala perintah Allah."

Kata orang itu kepada Yesus, "Perintah yang mana?"
Kata Yesus, "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri,
jangan mengucapkan saksi dusta,
hormatilah ayah dan ibumu,
dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."

Kata orang muda itu,
"Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
Lalu Yesus berkata,
"Jika engkau hendak sempurna,
pergilah, juallah segala milikmu,
dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin,
maka engkau akan memperoleh harta di surga.
Kemudian datanglah ke mari dan ikutilah Aku."


Ketika mendengar perkataan itu, pergilah orang muda itu dengan sedih,
sebab hartanya banyak.

Demikianlah sabda Tuhan. 
#

Yehezkiel menjadi lambang bagimu;
tepat seperti yang dilakukannya, begitulah yang akan kalian lakukan.
... Akulah Tuhan Allah.
#

"Jika engkau hendak sempurna,
pergilah, juallah segala milikmu,
dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, ...
Kemudian ... ikutilah Aku."

#

Saat mengikuti misa Senin pagi ini, Romo Yustinus Ardianto Pr. mengatakan atas keinginan Mgr.Leo Soekoto, SJ, maka Keuskupan Agung Jakarta memiliki romo-romo Projo/ Imam Diosesan, yang biasanya diangkat/ dirayakan setiap tanggal 15 Agustus _(bila tidak jatuh pada hari Sabtu/ Minggu/ Raya) _ Para romo-romo Projo Jakarta umumnya bulan dari anak orang kaya, sehingga mudah saja mengikuti Tuhan Yesus, malah bersyukur karena panggilan Imamat menjadikan para romo Projo Jakarta bisa disekolahkan Gereja di luar negeri sehingga memiliki kemampuan dan berbagai ketrampilan manejemen.

Bila romo terpanggil menjadi Imamat, saya terpanggil untuk menikah. Bagi saya, pernikahan merupakan panggilan dan tantangan menjadi suami yang baik, lalu menjadi ayah yang baik. _(Karena ini pengalaman pertama)_ Bagaimana belajar menahan godaan yang selalu ada agar tetap menjadi orang baik dan setia.

Saya teringat pembicaraan kami tentang suatu kisah sepasang suami istri yang sedang merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-25, dengan berkendaraan mengelilingi beberapa kota pada negara tersebut yang direncanakan ditempuh selama seminggu. Pada hari ketiga, saat memasuki suatu pengisian bahan bakar, sang isteri bertemu dengan mantan kekasihnya saat SMA yang ternyata bekerja menjadi petugas pengisian bahan bakar disana. Setelah berlalu dari sana, sambil mengendarai mobilnya, sang suami dengan tersenyum berkata, _"Untung kamu menikah dengan saya, sehingga kamu bisa menjadi isteri direktur perusahaan besar saat ini."_

Sang Isteri menatap suaminya, merangkul lengannya dan kemudian dengan tersenyum mesra, berkata, _"Yang untung itu adalah kamu, yang menikah dengan saya, sehingga kamu bisa menjadi direktur perusahaan besar saat ini. Ingatlah bagaimana saya membantu kamu saat kamu putus asa karena di PHK beberapa kali, bagaimana saya membangkitkan semangatmu untuk kuliah lagi  mengambil Master dan memintamu untuk menyelesaikannya, ingatlah bagaimana saat saya bekerja sampai malam untuk membantu menyelesaikan masalah keluarga kita saat kamu sedang kesulitan. Jika dia yang menjadi suamiku, maka pasti dia yang akan menjadi direktur perusahaan besar saat ini dan mungkin kamu yang menjadi petugas pengisian bahan bakar disana."_

Mendengar perkataan isterinya, sang suami dengan tersenyum senang, berkata, _"Berarti saya beruntung memilih kamu untuk menikah dengan saya ya. Terima kasih, isteriku yang tersayang."_

Saya merasakan seperti kisah diatas, beruntung saya menikah dengan isteri saya yang telah membantu keluarga sehingga memiliki putra-putri yang baik dan telah menjadi sarjana _(walaupun saya belum menjadi direktur perusahaan besar)._ Dan beruntung saya dipanggil Tuhan dan mau mengikutiNya menjadi orang katolik dan Tuhan yang setia tetap menyertai hidup saya melalui kuasaNya, kasihNya dan berkatNya.

Terpujilah Tuhan Yesus, kini dan sampai selamanya.
#

_Takkan kulupakan Allah penolongku_
Tuhan janganlah Engkau menolakku 
_Janganlah menyembunyikan wajahMu terhadapku_
Ajarilah aku mempunyai kesetiaanMu

_Aku takkan membangkitkan cemburuMu_
Takkan kutimbulkan sakit hatiMu 
Aku telah meninggalkan berhalaku 
_Sebab Engkaulah Tuhan Andalanku_

Amin
#

Mengikuti Tuhan yang telah memanggilku.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.