Wednesday, July 20, 2022

2207201. Semangat hidup dan pantang menyerah dari Bill Porter yang mempunyai penyakit cerebral palsy. (Film Door to Door)

Kalender Liturgi 20 Jul 2022
Rabu Pekan Biasa XVI

PF S. Apolinaris, Uskup dan Martir
Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Yer  1:1.4-10
Mazmur Tanggapan: Mzm  71:1-4a.5-6ab.15ab.17
Bacaan Injil: Mat  13:1-9


Bacaan I
Yer  1:1.4-10
Aku menentukan dikau menjadi nabi untuk berbagai bangsa.

Bacaan dari Kitab Yeremia:


Inilah perkataan Yeremia, bin Hilkia,
dari keluarga imam yang tinggal di Anatot, di tanah Benyamin.

Pada zaman Raja Yosia turunlah sabda Tuhan kepadaku sebagai berikut,
"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu,
Aku telah mengenal engkau.
Dan sebelum engkau dilahirkan, Aku telah menguduskan dikau.
Aku telah menentukan dikau menjadi nabi untuk berbagai bangsa."


Maka aku menjawab, "Ah, Tuhan Allah!
Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara,
sebab aku ini masih muda belia."

Tetapi Tuhan bersabda kepadaku,
"Janganlah berkata 'Aku ini masih muda belia,'
tetapi kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi.
Dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan.

Janganlah takut kepada mereka,
sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan dikau,"

demikianlah sabda Tuhan.

Lalu Tuhan mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku.
Ia bersabda kepadaku,
"Sesungguhnya Aku menaruh sabda-Ku dalam mulutmu.
Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau
atas bangsa-bangsa dan kerajaan-kerajaan
untuk mencabut dan merobohkan
,
untuk membinasakan dan meruntuhkan,
untuk membangun dan menanam."

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm  71:1-4a.5-6ab.15ab.17
R:15
Mulutku akan menceritakan keselamatan
yang datang dari Dikau, ya Tuhan
.

*Pada-Mu, ya Tuhan, aku berlindung,
jangan sekali-kali aku mendapat malu.
Lepaskan dan luputkanlah aku oleh karena keadilan-Mu,
sendengkanlah telinga-Mu kepadaku dan selamatkanlah aku!

*Jadilah bagiku gunung batu tempat berteduh,
kubu pertahanan untuk menyelamatkan diri;
sebab Engkaulah bukit batu dan pertahananku.
Ya Allahku, luputkanlah aku dari tangan orang fasik.

*Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan,
Engkaulah kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah.
Kepada-Mulah aku bertopang mulai dari kandungan,
Engkaulah yang  telah mengeluarkan aku dari perut ibuku.

*Mulutku akan menceritakan keadilan-Mu
dan sepanjang hari mengisahkan keselamatan yang datang dari-Mu.
Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku,
dan sampai sekarang
aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib.


Bacaan Injil
Mat  13:1-9
Benih yang jatuh di tanah yang baik menghasilkan buah seratus ganda.

Inilah Injil Suci menurut Matius:


Pada suatu hari
Yesus keluar dari rumah dan duduk di tepi danau.
Maka datanglah orang banyak berbondong-bondong
lalu mengerumuni Dia,
sehingga Yesus naik ke perahu dan duduk di situ,
sedangkan orang banyak semuanya berdiri di pantai.
Yesus mengajarkan banyak hal kepada mereka
dengan memakai perumpamaan-perumpamaan.

Ia berkata, "Ada seorang penabur keluar menaburkan benih.
Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan,
lalu burung-burung datang memakannya.
Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu,
yang tidak banyak tanahnya,
lalu benih itu pun segera tumbuh, karena tanahnya tipis.
Tetapi sesudah matahari terbit,
layulah tumbuhan itu dan menjadi kering
karena tidak berakar.
Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri,
lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati.
Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah,
ada yang seratus ganda,
ada yang enam puluh ganda,
ada yang tiga puluh ganda.

Barangsiapa bertelinga untuk mendengar,
hendaklah ia mendengarkan!"

Demikianlah sabda Tuhan. 
#

Ia bersabda kepadaku,
"Sesungguhnya Aku menaruh sabda-Ku dalam mulutmu.
Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau ..
untuk mencabut dan merobohkan
,
untuk membinasakan dan meruntuhkan,
untuk membangun dan menanam."

#

"Ada seorang penabur keluar menaburkan benih.
Pada waktu ia menabur, .. sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah,
ada yang seratus ganda,
ada yang enam puluh ganda,
ada yang tiga puluh ganda.

Barangsiapa bertelinga untuk mendengar,
hendaklah ia mendengarkan!"
#

"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu,
Aku telah mengenal engkau.
Dan sebelum engkau dilahirkan, Aku telah menguduskan dikau.
Aku telah menentukan dikau.."


Bill Porter mempunyai penyakit cerebral palsy yaitu sebuah penyakit yang mengakibatkan gangguan pada fungsi tangan kanan, jalan terpincang, sulit bicara dan kadang meneteskan air liur saat berbicara dari sejak kecil. Tetapi Bill Porter memiliki semangat hidup yang tinggi. 

Saat dewasa, Bill Porter melamar sebagai seorang salesman di The Watkins dan dia ditolak karena melihat kondisi Bill Porter yang kurang normal. Dengan semangat pantang menyerahnya, Bill Porter berkata, "Apa ruginya bagi anda jika memberi saya daerah yang tidak berpotensi?" Dan diapun diterima bekerja di The Watkins, berkat semangatnya itu.

Bill Porter benar-benar di tempatkan di daerah yang tidak memiliki potensi sama sekali untuk menghasilkan penjualan. Awalnya dia mengalami jalan buntu, ditolak oleh para calon pembeli. Tapi Bill Porter terus berusaha dengan bermodalkan semangat pantang menyerah serta ketekunan.

Sedikit demi sedikit Bill Porter mulai menghasilkan penjualan dan pada akhirnya Bill Porter  bahkan menerima penghargaan Best Salesman of The Year dari The Watkins. Motivasi, semangat pantang menyerah dan sebagian kisah hidup Bill Porter, dikisahkan dalam film Door to door.

Bagaimana mungkin di industri yang membutuhkan keterampilan berbicara, seseorang yang jalannya pincang dan seringkali meneteskan air liur saat berbicara, justru dapat menjadi pemenang dan mengalahkan berpuluh-puluh orang normal lainnya? Ini adalah semangat pantang menyerah dan kegigihan untuk menghasilkan yang terbaik. 

Santo Apolinaris (453-520 M) adalah uskup pertama di kota Ravenna, Italia. Ia berasal dari Antiokhia (Wina, Perancis) dan ditunjuk sebagai uskup kota Ravenna oleh Santo Petrus sendiri. Sebagai uskup Ravenna, Apolinaris menemui berbagai kesulitan, dibuang dari Ravenna sebanyak empat kali oleh orang-orang kafir dan menjadi sasaran penyiksaan yang ngeri setiap kali ia ditahan. Ia disiksa hingga mati oleh rakyat banyak selama masa penganiayaan dari Kaisar Vespasianus. Apolinaris dihormati sebagai seorang martir abad pertama kekristenan karena ia banyak mengalami penderitaan karena imannya kepada Tuhan. Santo Apolinaris dimakamkan (sebagai tempat ziarah) di Katedral Valence, Valence, Drôme, France.

Bila benih baik ditaburkan di tanah yang baik (& dirawat dengan telaten), pasti berbuah banyak.
#

Ya Tuhanku...
Mulutku menceritakan keselamatan dariMu
Aku berlindung padamu Tuhanku
Janganlah aku mendapat malu
Sendengkanlah telinga-Mu Selamatkanlah aku

Jadilah bagiku gunung batu
Tempat berteduh Kubu pertahananku 
Engkaulah bukit batu pertahananku
Ya Allahku luputkanlah aku 

Ya Tuhan Engkaulah harapanku
Engkau membentukku di kandungan ibuku
Sejak muda Engkaulah kepercayaanku  
Tuhan aku bertopang kepada-Mu

Sejak kecil Engkau mengajariku 
Sekarang kuberitakan keajaiban perbuatanMu
Mulutku akan menceritakan keadilanMu
Mengisahkan keselamatan yang dariMu

Amin
#



No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.