Monday, July 11, 2022

2207111. Belajar hidup, arti keramahan dan kerendahan hati.

Kalender Liturgi 11 Jul 2022
Senin Pekan Biasa XV

PW S. Benediktus, Abas
Warna Liturgi: Putih
Bacaan I: Yes  1:11-17
Mazmur Tanggapan: Mzm 50:8-9.16bc-17.21.23
Bait Pengantar Injil: Mat 5:10
Bacaan Injil: Mat  10:34 - 11:1


Bacaan I
Yes  1:11-17
Bersihkanlah dirimu,
jauhkanlah perbuatan-perbuatan yang jahat dari depan mata-Ku.


Bacaan dari Kitab Yesaya:


Dengarkanlah sabda Tuhan, hai para pemimpin Sodom,
"Untuk apakah korbanmu yang banyak itu?
Aku sudah jemu akan kurban-kurban bakaran berupa domba jantan
dan akan lemak anak lembu tambun.
Darah lembu jantan dan domba serta kambing jantan tidak Kusukai.
Apabila kalian datang untuk menghadap di hadirat-Ku,
siapakah yang menuntut dari padamu
bahwa kalian menginjak-injak pelataran Bait Suci-Ku?
Jangan lagi membawa persembahan yang tidak sungguh,
sebab baunya menjadi jijik bagi-Ku.
Kalau kalian merayakan bulan baru dan sabat
atau mengadakan pertemuan-pertemuan,
Aku tidak tahan melihatnya,
karena perayaanmu itu penuh kejahatan.
Perayaan-perayaan bulan baru
dan pertemuan-pertemuanmu yang tetap,
Aku benci melihatnya.

Semuanya itu menjadi beban bagi-Ku,
Aku telah payah menanggungnya.
Apabila kalian menadahkan tangan untuk berdoa,
Aku akan memalingkan muka-Ku,
bahkan sekalipun kalian berdoa berkali-kali,
Aku tidak akan mendengarkannya,
sebab tanganmu penuh dengan darah.

Basuhlah, bersihkanlah dirimu,
jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku.
Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik.
Usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam.
Belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda."

Demikianlah sabda Tuhan
.

ATAU BACAAN LAIN:
Ams 2:1-9

Bacaan dari Kitab Amsal:

Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku
dan menyimpan perintahku di dalam hatimu,
sehingga telingamu memperhatikan hikmat,
dan engkau menyondongkan hatimu kepada kepandaian;

Jikalau engkau berseru kepada pengertian,
dan menujukan suaramu kepada kepandaian,
jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak,
dan mengejarnya seperti harta terpendam,
maka engkau akan memperoleh pengertian
tentang takwa kepada Tuhan
dan mendapat pengenalan akan Allah.
Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat,
dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.

Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur,
menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela perilakunya,
sambil menjaga jalan keadilan,
dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia.

Maka engkau akan mengerti
tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran,
bahkan setiap jalan yang baik.

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 50:8-9.16bc-17.21.23
R:23b
Siapa yang jujur jalannya
akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.

*Bukan karena kurban sembelihan engkau dihukum,
sebab kurban bakaranmu senantiasa ada di hadapan-Ku!
Tidak usah Aku mengambil lembu dari rumahmu
atau kambing jantan dari kandangmu.

*"Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku,
dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,
padahal engkau membenci teguran,
dan mengesampingkan firman-Ku?

*Itulah yang engkau lakukan!  Apakah Aku akan diam saja?
Apakah kaukira Aku ini sederajad dengan kamu?
Aku menggugat engkau dan ingin berperkara denganmu.
Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban,
ia memuliakan Daku;
siapa yang jujur jalannya,
akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah."

ATAU MAZMUR LAIN:
Mzm 34:2-3.4-5.6-7.8-9.10-11

Refren: Aku hendak memuji Tuhan pada segala waktu.
(Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan.)

*Aku hendak memuji Tuhan setiap waktu;
puji-pujian kepada-Nya selalu ada di dalam mulutku.
Karena Tuhan jiwaku bermegah;
biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya
dan bersukacita.

*Muliakanlah Tuhan bersama-sama dengan daku,
marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya.
Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku,
dan melepaskan daku dari segala kegentaranku.

*Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya,
maka mukamu akan berseri-seri,
dan tidak akan malu tersipu-sipu.
Orang yang tertindas ini berseru, dan Tuhan mendengarkan,
Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.

*Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takwa,
lalu meluputkan mereka.
Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan!
Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

*Takutlah akan Tuhan, hai orang-orang-Nya yang kudus,
sebab orang yang takut akan Dia takkan berkekurangan.
Singa-singa muda merasa kelaparan,
tetapi orang-orang yang mencari Tuhan
tidak akan kekurangan sesuatu pun.


Bait Pengantar Injil
Mat 5:10
Berbahagialah yang dikejar-kejar karena taat kepada Tuhan,
sebab bagi merekalah kerajaan Allah.



Bacaan Injil
Mat  10:34 - 11:1
Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.

Inilah Injil Suci menurut Matius:


Pada suatu hari
Yesus bersabda kepada kedua-belas murid-Nya,
"Jangan kalian menyangka,
bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi.
Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.
Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya
,
anak perempuan dari ibunya,
menantu perempuan dari ibu mertuanya,
dan musuh orang ialah seisi rumahnya.
Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku,
ia tidak layak bagi-Ku.
Barangsiapa mengasihi puteranya atau puterinya lebih dari pada-Ku,
ia tidak layak bagi-Ku.
Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikuti Aku,
ia tidak layak bagi-Ku.
Barangsiapa mempertahankan nyawanya,
ia akan kehilangan nyawanya,
dan barangsiapa kehilangan nyawanya demi Aku,
ia akan memperolehnya kembali.

Barangsiapa menyambut kalian, ia menyambut Aku,
dan barangsiapa menyambut Aku,
ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi,
ia akan menerima upah nabi,
dan barangsiapa menyambut seorang yang benar sebagai orang benar,
ia akan menerima upah orang benar.

Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja
kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku,
Aku berkata kepadamu, sungguh ia takkan kehilangan upahnya."


Setelah Yesus selesai mengajar kedua-belas rasul-Nya,
Ia pergi dari sana
untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.

Demikianlah sabda Tuhan. 
#

Kalian merayakan bulan baru dan sabat
atau mengadakan pertemuan-pertemuan,
Aku tidak tahan melihatnya,
karena perayaanmu itu penuh kejahatan.

#

Barangsiapa menyambut kalian, ia menyambut Aku,
dan barangsiapa menyambut Aku,
ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

#

Bagaimana rasanya kalau kita datang, kita disambut dengan baik? Bagaimana rasanya kalau kita pulang, kita diantar sampai digerbangnya? 

Saya belajar dari kakak sepupu isteriku. Bagi saya, dia orang yang berada dan mampu, dia memberikan kasihnya kepada saudara-saudari kandungnya yang berkekurangan dengan membantu beberapa keponakannya untuk tinggal dirumahnya, dibayarkan semua kebutuhan sekolah dan hidupnya dari kecil hingga selesai kuliah dan bisa mandiri mencari pekerjaan/ usaha sendiri. 

Saya senang datang ke rumah atau kantornya, walau saya naik sepeda motor dan menawarkan barang, kakak saya ini akan menyambut saya, mengundang masuk, memberi makanan dan minuman yang ada serta membeli beberapa barang yang saya tawarkan. Dan saat saya pulang, walau sibuk, dia akan keluar dari rumah/ kantornya untuk mengantar saya sampai di gerbang rumah/ parkiran kantornya.

Dan kakak sepupu isteri yang bukan beragama katolik tetapi menghargai setiap orang yang datang. Dia adalah salah satu panutan bagi saya untuk belajar hidup, arti keramahan dan kerendahan hati. Dan saya bersyukur, Tuhan memberikan contoh hidup baik kepada saya dan keluarga dengan mengerti arti senyum, bersyukur dan percaya kepadaNya. Kekayaan keluarga harus dapat dirasakan oleh setiap orang yang mau bersama dengan tetap tahu diri.
#

Aku memujiMu setiap waktu
Pujian kepadaMu didalam mulutku
Karena Tuhan bermegahlah jiwaku
Aku memuliakanlah Tuhan selalu

Saat mencariMu Engkaupun menjawabku
Melepaskanku dari segala kegentaranku
Saat kutujukan pandanganku kepadaMu
Maka akan berserilah mukaku 

Saat tertindas aku berseru
Dan Tuhanku mendengarkan aku
Engkau menyelamatkanku dari kesesakanku
Kuberbahagia karena berlindung kepadaMu

Amin
#
Belajar hidup, arti keramahan dan kerendahan hati.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.