Saturday, July 9, 2022

2207091. Daud takut akan Tuhan tetapi tidak takut kepada Goliat, sehingga Daud berhasil mengalahkan sang raksasa.

Kalender Liturgi 09 Jul 2022
Sabtu Pekan Biasa XIV

PF S. Agustinus Zhao Rong, Imam Martir, dkk. Tiongkok
PF S. Gregorius Grassi, Uskup

Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Yes  6:1-8
Mazmur Tanggapan: Mzm  93:1ab.1c-2.5
Bait Pengantar Injil: 1Ptr 4:14
Bacaan Injil: Mat 10:24-33


Bacaan I
Yes  6:1-8
Aku ini orang yang berbibir najis,
dan mataku telah melihat Sang Raja, Tuhan semesta alam.

Bacaan dari Kitab Yesaya:


Dalam tahun wafatnya raja Uzia
aku melihat Tuhan duduk di atas takhta yang tinggi dan menjulang,
dan ujung jubah-Nya memenuhi Bait Suci.
Para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya,
masing-masing mempunyai enam sayap;
dua sayap dipakai untuk menutup muka mereka,
dua sayap dipakai untuk menutup kaki.
dan dua sayap untuk melayang-layang.
Mereka berseru seorang kepada yang lain,
"Kudus, kudus, kuduslah Tuhan semesta alam,
seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!"

Maka bergoyanglah alas ambang pintu
disebabkan suara orang yang berseru itu,
dan rumah itu pun penuhlah dengan asap.

Lalu aku berkata, "Celakalah aku! aku binasa!
Sebab aku ini orang yang berbibir najis,
dan aku tinggal di tengah bangsa yang berbibir najis,

namun mataku telah melihat Sang Raja, yakni Tuhan semesta alam."

Tetapi seorang dari pada Serafim itu terbang mendapatkan daku.
Di tangannya ada bara api,
yang diambilnya dengan sepit dari atas mezbah.
Ia menyentuhkannya pada mulutku serta berkata,
"Lihat, bara ini telah menyentuh bibirmu,
maka kesalahanmu telah dihapus dan dosamu telah diampuni."


Lalu aku mendengar suara Tuhan bersabda,
"Siapakah yang akan Kuutus?
Dan siapakah yang akan pergi atas nama-Ku?"

Maka aku menjawab, "Ini aku, utuslah aku!"

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm  93:1ab.1c-2.5
R:1a
Tuhan adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan.

*Tuhan adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan
dan kekuatanlah ikat pinggang-Nya.

*Sungguh, telah tegaklah dunia, tidak lagi goyah!;
Takhta-Mu tegak sejak dahulu kala,
dari kekal Engkau ada.

*Peraturan-Mu sangat teguh;
bait-Mu berhias kekudusan,
ya Tuhan, sepanjang masa!


Bait Pengantar Injil
1Ptr 4:14
Berbahagialah kalian, kalau dicaci maki demi Yesus Kristus,
sebab Roh Allah ada padamu.



Bacaan Injil
Mat 10:24-33
Janganlah takut kepada mereka yang membunuh badan.

Inilah Injil Suci menurut Matius:


Pada waktu itu
Yesus bersabda kepada kedua-belas murid-Nya,
"Seorang murid tidak melebihi gurunya,
dan seorang hamba tidak melebihi tuannya.
Cukuplah bagi seorang murid, jika ia menjadi sama seperti gurunya,
dan bagi seorang hamba, jika ia menjadi sama seperti tuannya.
Jika tuan rumah disebut Beelzebul, apalagi seisi rumahnya.
Jadi janganlah kalian takut terhadap mereka yang memusuhimu,
karena tiada sesuatu pun yang tertutup yang takkan dibuka,
dan tiada sesuatu pun yang tersembunyi yang takkan diketahui.
Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap,
katakanlah dalam terang.
Dan apa yang dibisikkan ke telingamu,
beritakanlah dari atas atap rumah.

Dan janganlah kalian takut kepada mereka
yang dapat membunuh tubuh
tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa.
Tetapi takutilah Dia
yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh
di dalam neraka.
Bukankah burung pipit dijual seduit dua ekor?
Namun tak seekor pun akan jatuh tanpa kehendak Bapamu.
Dan kalian, rambut kepalamu pun semuanya telah terhitung.
Sebab itu janganlah kalian takut,
karena kalian lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia,
dia akan Kuakui juga di depan Bapa-Ku yang di surga.
Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia,
dia akan Kusangkal di hadapan Bapa-Ku yang di surga."

Demikianlah sabda Tuhan. 
#

"Kudus, kudus, kuduslah Tuhan semesta alam,
seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!"

#

Janganlah kalian takut kepada mereka
yang dapat membunuh tubuh
tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa.
Tetapi takutilah Dia
yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh
di dalam neraka.

#

_Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan._ (TB Ams 1:7)

Banyak diceritakan kisah hidup tokoh hebat dalam Alkitab seperti Yesus, Daud, Ester, Ayub, Susana (tambahan Daniel), Yudit, Para rasul Yesus dan banyak orang kudus serta orang hebat yang takut akan Tuhan. Mereka tidak takut kepada manusia/ kekuasaan kegelapan, sebagai contoh Daud tidak takut kepada Goliat, sang raksasa bangsa Filistin, sehingga Daud (orang pertama) yang berhasil mengalahkan raksasa. Tetapi Daud takut akan Tuhan, sehingga dia berusaha melakukan hal-hal baik yang dikehendakiNya selama hidupnya.

Saya melihat video wawancara Dr.Terawan dengan Rosi dari Kompas TV, Dr.Terawan tidak takut kepada kekuasaan sekelompok orang/ organisasi bila itu tidak sesuai dengan kebenaran. Saya tersentak dengan jawaban Dr.Terawan atas salah satu pertanyaan Rosi, mengapa Dr.Terawan tidak melakukan uji medis terhadap 5 orang dilakukan DSA dan 5 orang tidak dilakukan DSA untuk penyakit yang sama. Saya merasa Dr. Terawan sedikit emosi saat menjawabnya bahwa hal itu tidak layak dilakukannya. Apa yang bisa Dr.Terawan lakukan untuk menolong/ melayani orang, kenapa tidak dilakukannya.  Dari jawabannya, saya merasa Dr. Terawan takut akan Tuhan, taat pada peraturan dan kekuasaan yang benar.

Ini membuat saya berpikir dan setuju, bukankah sudah banyak hasil bahwa mereka yang melakukan DSA menjadi lebih baik dari sakit sebelumnya. Saya juga mendengar beberapa teman sembuh dari sakit (stroke) setelah melakukan DSA. Lihat pohon dari buahnya, lihat orang dari perbuatannya.

Banyak tokoh hebat juga berhasil dalam hidupnya setelah mengalahkan ketakutannya. Kisah Forest Gump yang cacat kakinya sejak kecil menjadi sembuh bahkan menjadi pelari jarak jauh setelah dia berusaha berjalan cepat lalu berlari saat dikejar musuhnya. Forest Gump berhasil mengalahkan ketakutannya.
#

Tuhan Engkau adalah Rajaku
Kemegahan pakaianMu Kekuatan pinggangMu
Takhta-Mu tegak sejak dahulu 
Dan Engkau kekal selalu

Tuhan sangat teguh peraturanMu 
Berhias penuh kekudusan bait-Mu
Tuhan Engkau adalah Rajaku 
Tuhan aku percaya kepadaMu

Amin
#
Daud takut akan Tuhan tetapi tidak takut kepada Goliat, sang raksasa, sehingga Daud berhasil mengalahkannya. 

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.