Monday, June 27, 2022

2206271. Tempat tinggal saya untuk selamanya berada di Surga.

Kalender Liturgi 27 Jun 2022
Senin Pekan Biasa XIII

PF S. Sirilus dari Aleksandaria, Uskup dan Pujangga Gereja
Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Am 2:6-10.13-16
Mazmur Tanggapan: Mzm 50:16bc-17.18-19.20-21.22-23
Bait Pengantar Injil: Mzm 95:8ab
Bacaan Injil: Mat 8:18-22


Bacaan I
Am 2:6-10.13-16
Mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu.

Bacaan dari Nubuat Amos:


Beginilah firman Tuhan,
"Karena tiga perbuatan jahat Israel, bahkan empat,
Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku.
Sebab mereka menjual orang benar untuk mendapatkan uang,
dan orang miskin karena sepasang kasut.
Mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu
dan membelokkan jalan orang sengsara.
Anak dan ayah pergi menjamah
seorang perempuan muda yang sama,
sehingga melanggar kekudusan nama-Ku.
Mereka merebahkan diri di samping setiap mezbah
di atas pakaian gadaian orang,
dan minum anggur orang-orang
yang kena denda
di rumah Allah mereka.

Padahal Akulah yang 
memunahkan orang Amori,
dari depan mereka;
orang-orang Amori yang tingginya seperti tinggi pohon aras
dan kuat seperti pohon tarbantin.
Aku telah memunahkan buahnya dari atas dan akarnya dari bawah.
Akulah yang menuntun kalian keluar dari tanah Mesir,

dan memimpin kalian empat puluh tahun lamanya di padang gurun,
supaya kalian menduduki negeri orang Amori.

Sesungguhnya Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak
seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum.
Orang cepat tidak mungkin lagi melarikan diri,
orang kuat tidak dapat menggunakan kekuatannya,
dan pahlawan tidak dapat melarikan diri.
Pemegang panah tidak dapat
bertahan,
orang yang cepat kaki takkan terluput
dan penunggang kuda tak dapat meluputkan diri.
Juga orang yang berhati berani di antara para pahlawan
akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu."

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 50:16bc-17.18-19.20-21.22-23
R:22
Camkanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah.

*Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku,
dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,
padahal engkau membenci teguran,
dan mengesampingkan firman-Ku?

*Jika melihat pencuri, engkau berkawan dengan dia!
Engkau bergaul dengan orang berzinah.
Mulutmu kaubiarkan mengucapkan yang jahat,
dan pada lidahmu melekat tipu daya.

*Engkau duduk, dan menjelek-jelekkan saudaramu.
Engkau memfitnah saudara kandungmu.
Itulah yang engkau lakukan! Apakah Aku akan diam saja?
Apakah kaukira Aku ini sederajat dengan kamu?
Aku Menggugat engkau dan ingin berperkara denganmu.

Camkanlah ini, hai kamu yang melupakan Allah;
waspadalah, jangan sampai Aku menerkam,
dan tidak ada yang melepaskan.
Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai kurban,
ia memuliakan Daku;
dan siapa yang jujur jalannya,
akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah.


Bait Pengantar Injil
Mzm 95:8ab
Hari ini janganlah bertegar hati,
tetapi dengarkanlah suara Tuhan.

Bacaan Injil
Mat 8:18-22
Ikutilah Aku.

Inilah Injil Suci menurut Matius:


Pada suatu hari banyak orang mengerumuni Yesus.
Melihat hal itu Yesus menyuruh bertolak ke seberang.
Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya,
"Guru, aku akan mengikuti Engkau, ke mana saja Engkau pergi."

Yesus berkata kepadanya,
"Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang,
tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat
untuk meletakkan kepala-Nya."

Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya,
"Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku."
Tetapi Yesus berkata kepadanya,
"Ikutilah Aku,
dan biarlah orang-orang mati menguburkan
orang-orang mati mereka."

Demikianlah sabda Tuhan. 
#

Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak ...
Orang cepat tidak mungkin lagi melarikan diri, ...
dan pahlawan tidak dapat melarikan diri.

#

"Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang,
tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat
untuk meletakkan kepala-Nya."

#

Yesus mengatakan bahwa dia tidak mempunyai tempat
untuk meletakkan kepala-Nya di dunia. Dan Yesus mengatakan dan membuktikan kebenaranNya. Yesus, putra manusia harus menderita, sengsara, di salibkan dimakamkan dan bangkit pada hari ketiga (demi menebus dosa umatNya). Yesus juga putra Allah Bapa di Surga, disanalah puncak kekuasaan dan kemuliaanNya dan Yesus sudah menyiapkan trmpat yang indah bagi umatNya yang setia.

Saya jadi teringat suatu cerita dimana sepasang suami-isteri tua yang menjadi pewarta sejak masa muda mereka. Pada suatu ketika, mereka satu pesawat dengan pejabat pemerintah, dan sang suami merasa murung saat melihat hanya seorang yang menjemputnya di Bandara, tidak seperti pejabat pemerintah itu yang disambut meriah oleh banyak orang di Bandara.

Sang isteri yang merasakan kesedihan sang suami dan menyarankannya untuk berdoa kepada Tuhan dan menanyakan masalah ini. Sang suamipun berdoa, berpuasa dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Suatu ketika, dia merasa Tuhan menjawabnya dengan mengatakan bahwa pejabat itu ada di bumi yang merupakan tempat tinggalnya sehingga dia disambut meriah, tetapi pewarta ada di bumi hanya sebagai peziarah, Surgalah yang merupakan tempat tinggalnya, dimana mereka akan disambut dengan meriah pada saatnya.

Sang suami dengan tersenyum lebar menceritakan mimpinya kepada sang isterinya, merekapun berdoa untuk mengucapkan syukur. Sayapun berharap bahwa saya ada di bumi hanya sebagai peziarah, Surgalah yang merupakan tempat tinggal saya, dimana saya akan disambut dengan meriah pada saatnya tiba.
#

Tuhan maafkanku yang melupakanMu
Apakah urusanku menyelidiki ketetapanMu,
Menyebut perjanjianMu dengan mulutku
Aku takkan mengesampingkan firmanMu

Tuhan maafkanku yang melupakanMu
Pencuri berkawan dengan daku
Penzinah bergaul dengan daku 
Tipu daya diucapkan mulutku

Tuhan maafkanku yang melupakanMu
Sambil duduk menjelekkan saudaraku
Dan memfitnah saudara kandungku
Janganlah menggugatku janganlah memperkarakanku

Tuhan maafkanku yang melupakanMu
Tuhan aku takkan melupakanMu
Kupersembahkan syukur sebagai kurbanku
Aku memuliakan keselamatan dariMu

Amin
#

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.