Monday, July 5, 2021

2107051. Saat aku memegang tanganNya, Dia akan memegang tanganku dengan erat.

Kalender Liturgi 05 Jul 2021
Senin Pekan Biasa XIV

PF S. Antonius Maria Zaccaria, Imam
Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Kej 28:10-22a
Mazmur Tanggapan: Mzm 91:1-2.3-4.14-15ab
Bait Pengantar Injil: 2Tim 1:10b
Bacaan Injil: Mat  9:18-26


Bacaan I
Kej 28:10-22a
Yakub melihat sebuah tangga, melihat malaikat Allah turun naik,
dan melihat Allah yang bersabda.


Pembacaan dari Kitab Kejadian:

Pada waktu itu
Yakub berangkat dari Bersyeba dan pergi ke Haran.
Ia sampai di suatu tempat dan bermalam di situ,
karena matahari telah terbenam.
Ia mengambil sebuah batu yang terletak di tempat itu,
dan dipakainya sebagai alas kepala.
Lalu ia membaringkan diri di tempat itu.

Dalam mimpi ia melihat sebuah tangga
yang didirikan di atas bumi dengan ujungnya sampai di langit.
Lalu tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu.
Berdirilah Tuhan di samping Yakub dan bersabda,
"Akulah Tuhan, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak.
Tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu
dan kepada keturunanmu.
Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya,
dan engkau akan mengembang
ke sebelah timur, barat, utara dan selatan;
melalui engkau dan melalui keturunanmu, semua kaum
di muka bumi akan mendapat berkat.
Sesungguhnya Aku menyertai engkau,
dan Aku akan melindungi engkau, ke mana pun engkau pergi,
dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini.
Aku tidak akan meninggalkan dikau.
Aku akan melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu."

Ketika Yakub bangun dari tidurnya, berkatalah ia,
"Sesungguhnya Tuhan ada di tempat ini,
dan aku tidak mengetahuinya."

Ia takut dan berkata,
"Alangkah dahsyatnya tempat ini.
Ini tidak lain dari rumah Allah!
Ini pintu gerbang surga!"

Keesokan harinya, pagi-pagi,
Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala
dan mendirikannya menjadi tugu,
dan menuangkan minyak di atasnya.
Ia menamai tempat itu Betel; dahulu nama kota itu Lus.

Lalu bernazarlah Yakub,
"Jika Allah menyertai dan melindungi aku
di jalan yang kutempuh ini,
dan jika Ia memberikan kepadaku roti untuk dimakan
serta pakaian untuk dipakai,
sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku,
maka Tuhan akan menjadi Allahku.
Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini
akan menjadi rumah Allah.
Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku
akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 91:1-2.3-4.14-15ab
R:2b
Allahku, pda-Mulah aku percaya.

*Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi
dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa
akan berkata kepada Tuhan,
"Tuhanlah tempat perlindungan dan kubu pertahananku,
Allahku, yang kupercayai."

*Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau
dari jerat penangkap burung,
dari penyakit sampar yang busuk.
Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau,
di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung,
kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.

*"Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku,
maka Aku akan meluputkannya,
Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab,
Aku akan menyertai dia dalam kesesakan.


Bait Pengantar Injil
2Tim 1:10b
Penebus kita Yesus Kristus telah membinasakan maut
dan menerangi hidup dengan Injil.



Bacaan Injil

Mat  9:18-26
Anakku baru saja meninggal; tetapi datanglah, maka ia akan hidup

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:


Sekali peristiwa
datanglah kepada Yesus seorang kepala rumah ibadat.
Ia menyembah Dia dan berkata, "
Anakku perempuan baru saja meninggal,
tetapi datanglah, letakkanlah tangan-Mu atasnya,
maka ia akan hidup."

Lalu Yesus pun bangun,
dan bersama murid-murid-Nya mengikuti orang itu.
Pada waktu itu
seorang wanita yang sudah dua belas tahun lamanya
menderita pendarahan
maju mendekati Yesus dari belakang
dan menjamah jumbai jubah-Nya.
Karena katanya dalam hati,
"Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh."

Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata,
"Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku,
imanmu telah menyelamatkan dikau."

Maka sejak saat itu juga sembuhlah wanita itu.

Ketika Yesus tiba di rumah kepala rumah ibadat itu,
dan melihat peniup-peniup seruling dan orang banyak yang ribut,
berkatalah Ia, "Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur."
Tetapi mereka menertawakan Dia.
Setelah orang banyak itu diusir, Yesus masuk.
Dipegangnya tangan si anak, lalu bangkitlah anak itu.
Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah.

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

_Aku menyertai engkau, dan Aku akan melindungi engkau, ke mana pun engkau pergi..._
#

_"Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh."_
#

   Sesaat saya teringat suatu ucapan seseorang yang memberikan renungan, manakah yang terlebih dahulu, _Tuhan memegang tanganku_ atau _aku memegang tangan Tuhan?_ 

   Bagi saya, saat _aku memegang tangan Tuhan, Tuhan akan memegang tanganku dengan erat._ Tuhan selalu membuka tanganNya untuk kupegang atau kulepaskan, jadi saat _aku melepaskan tangan Tuhan, Tuhan akan melepas tanganku, karena Tuhan mencintai dan menghargai kebebasanku._ 

   Bagi saya sebagai orangtua dari anak yang telah dewasa saat _anakku memegang tanganku, aku akan memegang tangannya dengan erat._ Tetapi saat _anakku melepaskan tanganku, aku akan melepas tangannya, karena aku mencintai dan menghargai kebebasannya dan percaya kepada keputusannya._ 
#

Kirik bermain dekat induknya
Karena Kirik masih menyusu
Saat aku memegang tanganNya
TanganNya memegang erat tanganku

_Bagai Rajawali mengajar anaknya_
_Mendorongnya terbang dari tebing_
Tuhan selalu mengajar UmatNya
Melatih umatNya untuk berjuang

*_Kirik: Anak Anjing_
#

*DOA:*

_Tuhan Engkaulah tempat perlindunganku_
Di bawah sayapMu kuberlindung padaMu
Hatiku sungguh melekat kepadaMu
Tuhan sembuhkanlah segala  penyakitku

_Tuhan bentengiku dengan perlindunganMu_
Tuhan jawablah setiap seruanku
Tuhan besertaku memegang tanganku
Tuhan Engkaulah Tempat perlindunganku

_Amin._
#

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.