Sunday, July 4, 2021

210704. Dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.

Kalender Liturgi 04 Jul 2021
Minggu Pekan Biasa XIV

Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Yeh 2:2-5
Mazmur Tanggapan: Mzm 123:1-2a.2bcd.3-4
Bacaan II: 2Kor 12:7-10
Bait Pengantar Injil: Luk 4:18
Bacaan Injil: Mrk 6:1-6

Bacaan I
Yeh 2:2-5
Mereka adalah kaum pemberontak!
Tetapi mereka akan mengetahui
bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka.


Pembacaan dari Nubuat Yehezkiel:

Sekali peristiwa,
kembalilah rohku ke dalam tubuhku,
dan aku ditegakkannya.
Maka aku mendengar Allah yang berbicara dengan aku.
Beginilah Firman-Nya, "Hai anak manusia,
Aku mengutus engkau kepada orang Israel,
kepada bangsa yang memberontak melawan Aku.

Mereka dan nenek moyang mereka telah mendurhaka terhadap Aku
sampai hari ini juga;
mereka keras kepala dan tegar hati!
Kepada keturunan inilah Aku mengutus engkau!
Kepada mereka harus kaukatakan:
Beginilah firman Tuhan Allah.
Dan entah mereka mendengarkan entah tidak
-- sebab mereka adalah kaum pemberontak, --
mereka akan mengetahui

bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka."

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 123:1-2a.2bcd.3-4
R:2cd
Mata kita memandang kepada Tuhan,
sampai Ia mengasihi kita.


*Kepada-Mu aku melayangkan mataku,
ya Engkau yang bersemayam di surga.
Lihat, seperti mata para hamba laki-laki
memandang kepada tangan tuannya.

*Seperti mata hamba perempuan
memandang kepada tangan nyonyanya,
demikianlah mata kita memandang kepada Tuhan, Allah kita,
sampai Ia mengasihani kita.

*Kasihanilah kami, ya Tuhan, kasihanilah kami,
sebab kami sudah cukup kenyang dengan penghinaan;
sudah cukup kenyanglah jiwa kami
dengan olok-olok orang yang merasa aman,
dengan penghinaan orang-orang yang sombong.


Bacaan II
2Kor 12:7-10
Aku lebih suka bermegah atas kelemahanku,
agar kuasa Kristus turun menaungi aku.


Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus
kepada Jemaat di Korintus:


Saudara-saudara,
agar aku jangan meninggikan diri
karena penyataan luar biasa yang aku terima,
aku diberi suatu duri dalam dagingku,
yaitu seorang utusan Iblis
untuk mengecoh aku, agar aku jangan meninggikan diri.
Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan,
supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.
Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." 
Sebab itu aku lebih suka bermegah atas kelemahanku,
agar kuasa Kristus turun menaungi aku.
Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan,
di dalam siksaan, kesukaran, penganiayaan dan kesesakan
oleh karena Kristus.
Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Demikianlah sabda Tuhan.



Bait Pengantar Injil
Luk 4:18
Roh Tuhan ada pada-Ku,
dan Aku diutus-Nya menyampaikan kabar baik
kepada orang-orang miskin.



Bacaan Injil
Mrk 6:1-6
Seorang nabi dihormati di mana-mana
kecuali di tempat asalnya sendiri.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus:


Sekali peristiwa
Yesus tiba kembali di tempat asal-Nya,
sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia.
Pada hari Sabat Yesus mengajar di rumah ibadat,
dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia.
Mereka berkata, "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?
Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya?
Dan mujizat-mujizat yang demikian
bagaimana dapat diadakan oleh tangan-Nya?

Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria?
Bukankah Ia saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon?
Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?"


Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.
Maka Yesus berkata kepada mereka,
"Seorang nabi dihormati di mana-mana,
kecuali di tempat asalnya sendiri,
di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."

Maka Yesus tidak mengadakan satu mujizat pun di sana,
kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit
dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka.
Yesus merasa heran atas ketidakpercayaan mereka.
Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar.

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

_Aku mengutus engkau_
#

_"Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." _
#

_Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimana dapat diadakan oleh tangan-Nya?_
#

*Alexander Fleming,* anak seorang petani sedang sedih karena dia tidak dapat meneruskan pendidikannya karena ayahnya tidak memiliki dana yang cukup. Maka dia sangat bersyukur saat ada seorang Bangsawan yang akan mendukung kuliahnya di fakultas kedokteran. Dia belajar dengan serius sehingga berhasil menjadi dokter ternama dan menemukan beberapa jenis obat termasuk penisilin, obat antibiotik untuk menyembuhkan penyakit akibat infeksi bakteri. Ternyata penisilin, penemuannya dapat menolong banyak orang saat itu termasuk menyembuhkan penyakit anak sang bangsawan. Anak sang bangsawan itu ternyata kemudian menjadi Perdana Menteri Inggris yang terkenal saat perang dunia kedua. Dia bernama Sir Winston Leonard Spencer-Churchill.
#

_Penyakit sedang melanda dunia_
Covid menyebar kemana-mana
Virus yang menyerang dada
Membuat orang sesak pernafasannya

_Vaksin setiap orang solusinya_
Setiap orang harus bekerjasama
Membantu dirinya dan keluarganya
Membantu sesamanya dan negara

_Janganlah sombong merasa muda_
Sudah banyak korban dimana-mana
Bukalah mata Dengarkanlah berita
Taatilah peraturan dengan setia
#

*DOA:*

_Kepada-Mu aku melayangkan mataku_
Di surgalah tempat persemayamanMu
Mataku memandang kepada Tuhanku
Memandang sampai Allah mengasihaniku

_Kuberharap kasih karuniaMu bagiku_ 
Kuasa Tuhan menyempurnakan kelemahanku
Aku bermegah atas kelemahanku
Karena Kuasa Kristus menguatkanku

_Tuhan berkatilah para peneliti_
Menemukan vaksin di saat ini
Vaksin penyembuh Covid ini
Tuhan Engkaulah Andalan kami

_Amin._
#

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.