Wednesday, March 31, 2021

2103311. Penghianatan.

Kalender Liturgi 31 Mar 2021
Rabu Pekan Suci

Warna Liturgi: Ungu
Bacaan I: Yes 50:4-9a
Mazmur Tanggapan: Mzm 69:8-10.21bcd-22.31.33-34
Bacaan Injil: Mat 26:14-25

Bacaan I
Yes 50:4-9a
Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku diludahi.

Pembacaan dari Kitab Yesaya:


Tuhan Allah telah memberikan kepadaku lidah seorang murid,
supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru
kepada orang yang letih lesu.
Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku
untuk mendengar seperti seorang murid.
Tuhan Allah telah membuka telingaku,
dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang.
Aku memberi punggungku
kepada orang-orang yang memukul aku,
dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku.
Aku tidak menyembunyikan mukaku
ketika aku dinodai dan diludahi.

Tetapi Tuhan Allah menolong aku;
sebab itu aku tidak mendapat noda.
Maka aku meneguhkan hatiku seperti teguhnya gunung batu,
karena aku tahu bahwa aku tidak akan mendapat malu.
Dia yang menyatakan aku benar telah dekat.
Siapakah yang berani berbantah dengan aku?
Marilah kita tampil bersama-sama!
Siapakah lawanku beperkara?
Biarlah ia mendekat kepadaku!
Sungguh, Tuhan Allah menolong aku;
siapakah yang berani menyatakan aku bersalah?

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan

Mzm 69:8-10.21bcd-22.31.33-34
R:14bc
Demi kasih setia-Mu yang besar, ya Tuhan,
jawablah aku pada waktu Engkau berkenan.


*Karena Engkaulah, ya Tuhan, aku menanggung cela,
karena Engkaulah noda meliputi mukaku.
Aku telah menjadi orang luar bagi saudara-saudaraku,
menjadi orang asing bagi anak-anak ibuku;
sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku,
dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku.

*Cela itu telah mematahkan hatiku,
dan aku putus asa;
aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia,
dan waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.

*Aku akan memuji-muji nama Allah dengan nyanyian,
mengagungkan Dia dengan lagu syukur;
Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah;
biarlah hatimu hidup kembali, hai kamu yang mencari Allah!
Sebab Tuhan mendengarkan orang-orang miskin,
dan tidak memandang hina
orang-orang-Nya yang ada dalam tahanan.


Bacaan Injil
Mat 26:14-25
Anak Manusia memang akan pergi
sesuai dengan apa yang tertulis tentang Dia,
tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan!


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Sekali peristiwa
pergilah seorang dari kedua belas murid itu,
yang bernama Yudas Iskariot,
kepada imam-imam kepala.
Ia berkata, "Apa yang hendak kamu berikan kepadaku,
supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?"

Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya.
Dan mulai saat itu Yudas mencari kesempatan yang baik
untuk menyerahkan Yesus.

Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi
datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata,
"Di mana Engkau kehendaki
kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"

Jawab Yesus, "Pergilah ke kota, kepada si Anu,
dan katakan kepadanya: Beginilah pesan Guru:
Waktu-Ku hampir tiba;
di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah
bersama-sama dengan murid-murid-Ku."

Lalu murid-murid melakukan
seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka,
dan mempersiapkan Paskah.

Setelah hari malam,
Yesus duduk makan bersama-sama dengan kedua belas murid itu.
Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata,
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku."
Dan dengan hati yang sangat sedih
berkatalah mereka seorang demi seorang kepada-Nya,
"Bukan aku, ya Tuhan?"
Yesus menjawab,
"Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini,
dialah yang akan menyerahkan Aku.
Anak Manusia memang akan pergi
sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia,
tetapi celakalah orang
yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan!
Adalah lebih baik bagi orang itu
sekiranya ia tidak dilahirkan."

Yudas, yang hendak menyerahkan Yesus itu menyahut,
"Bukan aku, ya Rabi?"
Kata Yesus kepadanya, "Engkau telah mengatakannya."

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

Tuhan Allah menolong aku
Tiada noda pada diriku
Maka aku meneguhkan hatiku
Seperti teguhnya gunung batu

Karena Tuhan aku tahu 
Aku takkan mendapat malu
Dia yang menyatakan kebenaranku 
Siapa berani berbantah denganku
#

Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata,
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku."
#

PENGHIANATAN

Sejarah mencatat banyak sekali ternyata penghianatan dari teman dekat/ rekan kerja/ anggota keluarga/ kelompok. Di Indonesia, Bung Karno, Gus Dur, termasuk orang yang dihianati. Tokoh pahlawan seperti Pangeran Diponegoro, juga mengalami penghianatan. 

Perdana Menteri Inggris, *Winston Churchill* bercerita: _"Pada suatu hari saya naik taksi ke kantor BBC untuk sebuah wawancara. Ketika saya sampai di sana saya meminta supir taksi untuk menunggu 40 menit. Tetapi ia meminta maaf dan mengatakan bahwa ia tidak bisa menunggu karena ia ingin pulang untuk mendengarkan pidato Winston Churchill. Saya sangat terpesona dan senang ada orang yang ingin mendengarkan pidato saya! Jadi saya berikan kepadanya 20 ponsterling, jumlah yang sangat besar pada waktu itu, tanpa saya menceritakan jati diri saya. Ketika ia menerima uang itu, ia mengatakan: Saya siap menunggu berjam-jam sampai Anda kembali, Tuan. Masa bodoh dengan pidato  Churchill!"_ 

*Prinsip bisa berubah karena uang*
Nasionalisme bisa hilang karena uang
Keluarga dapat terpecah karena uang
Persahabatan dapat retak karena uang
Orang dapat membunuh karena uang
_Orang bisa diperbudak karena uang_

_*Money make everything to be possible & better*_
*But money can not buy everything*
#

*DOA:*

KarenaMu noda meliputi mukaku
Aku menjadi orang luar bagi saudaraku,
Menjadi orang asing bagi anak ibuku
Sebab cinta untuk rumah-Mu
Telah menghanguskan diri aku

Dengan nyanyian kupuji namaNya
Dengan lagu syukur kumengagungkanNya
Yang rendah hati bersukacita
Biarlah hatiku hidup menyala

Sebab Tuhan mendengarkan kita
Orang miskin dan terhina
Tuhanku tidak memandang hina
Dia mendengar setiap doa

Amin.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.