Friday, March 26, 2021

2103261. Aku melakukan pekerjaan Bapa-Ku.

Kalender Liturgi 26 Mar 2021
Jumat Prapaskah V

Warna Liturgi: Ungu
Bacaan I: Yer 20:10-13
Mazmur Tanggapan: Mzm 18:2-3a.3bc-4.5-6.7
Bait Pengantar Injil: Yoh 6:64b.69b
Bacaan Injil: Yoh 10:31-42


Bacaan I
Yer 20:10-13
Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah.

Pembacaan dari Kitab Yeremia:

Aku telah mendengar bisikan banyak orang,
"Kegentaran datang dari segala jurusan!
Adukanlah dia! Mari kita mengadukan dia!"

Semua sahabat karibku mengintai apakah aku tersandung jatuh.
Kata mereka, "Barangkali ia membiarkan dirinya dibujuk,
sehingga kita dapat mengalahkan dia
dan dapat melakukan pembalasan kita terhadap dia!"


Tetapi Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah,
sebab itu orang-orang yang mengejar aku akan tersandung jatuh,
dan mereka tidak dapat berbuat apa-apa.
Mereka akan menjadi malu sekali,
sebab mereka tidak berhasil;
suatu noda yang selama-lamanya tidak akan terlupakan!
Ya Tuhan semesta alam, yang menguji orang benar,
yang melihat batin dan hati,
biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka,
sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku.

Menyanyilah untuk Tuhan, pujilah Dia!
Sebab Ia telah melepaskan nyawa orang miskin
dari tangan orang-orang yang berbuat jahat.

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 18:2-3a.3bc-4.5-6.7
R:7
Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada Tuhan,
dan Ia mendengar suaraku.


*Aku mengasihi Engkau, ya Tuhan, kekuatanku!
Ya Tuhan, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku.

*Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung,
perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku!
Terpujilah Tuhan, seruku;
maka aku pun selamat daripada musuhku.

*Tali-tali maut telah meliliti aku,
dan banjir-banjir jahanam telah menimpa aku,
tali-tali dunia orang mati telah membelit aku,
perangkap-perangkap maut terpasang di depanku.

*Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada Tuhan,
kepada Allahku aku berteriak minta tolong.
Ia mendengar suaraku dari bait-Nya,
teriakku minta tolong kepada-Nya sampai ke telinga-Nya.


Bait Pengantar Injil
Yoh 6:64b.69b
Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan.
Engkau mempunyai sabda kehidupan kekal.



Bacaan Injil
Yoh 10:31-42
Orang-orang Yahudi mencoba menangkap Yesus,
tetapi Ia luput dari tangan mereka
.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yonahes:

Sekali peristiwa
orang-orang Yahudi mau melempari Yesus dengan batu.
Tetapi kata Yesus kepada mereka,
"Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku
Kuperlihatkan kepadamu;
manakah di antaranya
yang menyebabkan kamu mau melempari Aku dengan batu?

Jawab orang-orang Yahudi itu,
"Bukan karena suatu pekerjaan baik
maka kami mau melempari Engkau,
melainkan karena Engkau menghujat Allah,
dan karena Engkau menyamakan diri-Mu dengan Allah,
meskipun Engkau hanya seorang manusia."


Kata Yesus kepada mereka,
"Tidakkah ada tertulis dalam kitab Tauratmu
'Aku telah berfirman: Kamu adalah allah?'
Padahal Kitab Suci tidak dapat dibatalkan!
Maka, Jikalau mereka, kepada siapa firman itu disampaikan,
disebut allah,
masihkah kamu berkata kepada Dia yang dikuduskan oleh Bapa
dan yang telah diutus-Nya ke dalam dunia
'Engkau menghujat Allah!'
Karena Aku telah berkata: Aku Anak Allah?
Jikalau Aku tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan Bapa-Ku,
janganlah kamu percaya kepada-Ku.
Tetapi jikalau Aku melakukannya
dan kamu tidak mau percaya kepada-Ku,
percayalah akan pekerjaan-pekerjaan itu,
supaya kamu boleh mengetahui dan mengerti,
bahwa Bapa ada dalam Aku dan Aku di dalam Bapa."

Sekali lagi mereka mencoba menangkap Yesus,
tetapi Ia luput dari tangan mereka.
Kemudian Yesus pergi lagi ke seberang Yordan,
ke tempat Yohanes dulu membaptis orang,
lalu Ia tinggal di situ.

Banyak orang datang kepada-Nya dan berkata,
"Yohanes memang tidak membuat satu tanda pun,
tetapi semua yang pernah dikatakan Yohanes tentang orang ini adalah benar."

Dan banyak orang di situ percaya kepada-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

_Pahlawan yang gagah menyertaiku_
Tersandung jatuhlah para pengejarku
Tuhan semesta alam menyertaiku
Biarlah aku melihat pembalasan-Mu 
Sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku
#

_Aku melakukan pekerjaan Bapa-Ku_
Jadi percayalah kamu kepada-Ku
Ketahuilah dan mengertilah kamu
Bapa ada dalam Aku 
Dan Aku di dalam BapaKu
#

  *John Barxton* akhirnya mengemis pada Bill Gates dan memohon diberikan pekerjaan bagi anaknya. Padahal Bill Gates adalah orang yang ia pecat beberapa tahun sebelumnya saat Bill Gates tak sengaja menyenggol mobil dinasnya dengan tongkat. Bill Gates saat itu memang memakai tongkat untuk berjalan. Pastinya Barxton tidak pernah menyangka bahwa kelak di kemudian hari Bill Gates akan menjadi orang terkaya di dunia. 

   *Seorang kaya* merasa senang dengan semua harta kekayaannya tapi dia pelit kepada setiap orang termasuk kepada anak kecil yang sering  datang meminta saat bertemu didepan rumahnya yang mewah. Namun orang kaya ini merasa hidupnya belum damai dan tak merasa nyaman saat tidur di ranjang besarnya. Suatu ketika dia pergi berjalan-jalan ke tepi pantai yang cukup jauh dari rumah mewahnya. Suasana pagi dan bunyi ombak saat menyentuh karang, membuat dirinya merasa terhibur. Dan hatinya tersentuh saat melihat seorang anak kecil yang memberikan sepotong roti kecil kepada adiknya. Senyum kebahagiaan mereka untuk bisa makan pagi dengan roti sederhana, sungguh menyentuh hati orang kaya ini. Dan diapun teringat bahwa itu adalah anak kecil yang sering minta-minta di depan rumahnya. Dia merasa sentuhan untuk berbagi maka diajaknya kedua anak yatim piatu itu untuk tinggal di rumahnya. Senyum senang dan kebahagiaan anak-anak kecil ini, sungguh membuat perasaan orang kaya ini menjadi damai dan ternyata tidurnya pun menjadi nyaman setelah itu. Hatinya selalu terasa hangat saat dia memberi sebagian hartanya untuk menolong orang lain termasuk tetangganya.

  Ada ungkapan, _hidup di dunia fana ini, segala sesuatu bisa berubah._ Tidak ada yang abadi. Semuanya dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Orang yang dahulu kaya raya suatu saat pasti digantikan oleh orang baru yang lebih kaya. Sungguh tiada satu hal pun di dunia ini yang bisa dibanggakan oleh manusia. Kalau hari ini kita masih diizinkan Tuhan memiliki harta kekayaan, itu semua karena berkat Tuhan dan masih diberi kesempatan.

_(Sumber: Alkitab, Renungan Kencan Dengan Tuhan Senin, 22 Maret 2021 dan sumber lainnya)_
#

*DOA:*

_Tali maut telah melilitiku_
Perangkap maut terpasang di depanku
_Dalam kesesakan aku berseru_
_*Dan Tuhan mendengar suaraku*_

_Dalam kesesakan aku berseru_
_*Dan Tuhan mendengar suaraku*_
Dari bait-Nya didengarNya suaraku 
Sampai ke telinga-Nya permintaan tolongku

_Dalam kesesakan aku berseru_
_*Dan Tuhan mendengar suaraku*_
Aku mengasihiMu Tuhanlah kekuatanku
Bukit batuku Pertahananku Penyelamatku

_Allahku Engkaulah tempat perlindunganku_
Perisaiku Keselamatanku kota bentengku
Terpujilah Tuhan dalam seruanku
Akupun selamat daripada musuhku

Amin.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.