Monday, March 15, 2021

2103151.

Kalender Liturgi 15 Mar 2021
Senin Prapaskah IV

Warna Liturgi: Ungu
Bacaan I: Yes 65:17-21
Mazmur Tanggapan: Mzm 30:2.4.5-6.11-12a.13b
Bait Pengantar Injil: Am 5:14
Bacaan Injil: Yoh 4:43-54


Bacaan I
Yes 65:17-21
Tidak akan terdengar lagi bunyi tangisan dan bunyi erang.

Pembacaan dari Kitab Yesaya:

Beginilah firman Allah,
"Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru!
Hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi,
dan tidak akan timbul lagi dalam hati.

Bergiranglah dan bersorak-sorak untuk selama-lamanya
atas apa yang Kuciptakan.
Sebab sesungguhnya,
Aku menciptakan Yerusalem penuh sorak-sorai,
dan penduduknya penuh kegirangan.
Aku akan bersorak-sorai karena Yerusalem,
dan bergirang karena umat-Ku;
di dalamnya tidak akan kedengaran lagi bunyi tangisan,
dan bunyi erang pun tidak.

Di situ tidak akan ada lagi bayi yang hidup beberapa hari
atau orang tua yang tidak mencapai umur suntuk.
Sebab siapa yang mati pada umur seratus tahun
masih akan dianggap muda,
dan siapa yang tidak mencapai umur seratus tahun
akan dianggap kena kutuk.
Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga;
mereka akan menanami kebun-kebun anggur
dan memakan buahnya juga.

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 30:2.4.5-6.11-12a.13b
R:2a
Aku akan memuji Engkau, ya Tuhan,
sebab Engkau telah menarik aku ke atas.

*Aku akan memuji Engkau, ya Tuhan,
sebab Engkau telah menarik aku ke atas,
dan tidak membiarkan musuh-musuhku bersukacita atas diriku.
Tuhan, Engkau mengangkat aku dari dunia orang mati,
Engkau menghidupkan aku di antara mereka
yang turun ke liang kubur.

*Nyanyikanlah mazmur bagi Tuhan,
hai orang-orang yang dikasihi oleh-Nya,
dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus!
Sebab sesaat saja Ia murka,
tetapi seumur hidup Ia murah hati;
sepanjang malam ada tangisan
menjelang pagi terdengar sorak-sorai.

*Dengarlah, Tuhan, dan kasihanilah aku!
Tuhan, jadilah penolongku!
Aku yang meratap
telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari.
Tuhan, Allahku,
untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.


Bait Pengantar Injil
Am 5:14
Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup;
dengan demikian Allah akan menyertai kamu.



Bacaan Injil
Yoh 4:43-54
Lihat anakmu hidup.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Sekali peristiwa
Yesus berangkat dari Samaria dan pergi ke Galilea.
Sebab Ia sendiri telah bersaksi,
bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri.
Setelah Yesus tiba di Galilea,
orang-orang Galilea pun menyambut Dia,
karena mereka telah melihat segala sesuatu
yang dikerjakan Yesus di Yerusalem pada pesta itu,
sebab mereka sendiri pun turut ke pesta itu.

Maka Yesus kembali lagi ke Kana di Galilea,
di mana Ia membuat air menjadi anggur.
Dan di Kapernaum ada seorang pegawai istana,
yang anaknya sedang sakit.
Ketika pegawai itu mendengar,
bahwa Yesus telah datang dari Yudea ke Galilea,
pergilah ia kepada-Nya,
lalu meminta supaya Yesus datang dan menyembuhkan anaknya,
sebab anaknya itu hampir mati.

Maka kata Yesus kepadanya,
"Jika kamu tidak melihat tanda dan mujizat,
kamu tidak percaya."

Pegawai istana itu berkata kepada-Nya,
"Tuhan, datanglah sebelum anakku mati."
Kata Yesus kepadanya, "Pergilah, anakmu hidup!"
Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi.
Ketika ia masih di tengah jalan
hamba-hambanya telah datang kepadanya dengan kabar,
bahwa anaknya hidup.
Ia bertanya kepada mereka pukul berapa anak itu mulai sembuh.
Jawab mereka, "Kemarin siang pukul satu demamnya hilang."
Maka teringatlah ayah itu,
bahwa pada saat itulah Yesus berkata kepadanya, "Anakmu hidup."
Lalu ia pun percaya, ia dan seluruh keluarganya.
Dan itulah tanda kedua yang dibuat Yesus
ketika Ia pulang dari Yudea ke Galilea.

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

Aku menciptakan langit baru 
Dan bumi yang baru
Takkan diingat hal lalu
Takkan timbul dalam hatiKu
Bergiranglah dan bersorak selalu

#


Pegawai istana itu berkata kepada-Nya,
"Tuhan, datanglah sebelum anakku mati."
Kata Yesus kepadanya, "Pergilah, anakmu hidup!"
Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi.
#

*DI DALAM DOA IBUKU NAMAKU DISEBUT*

Putri Ayu Martha Tilaar, anak dari Arini, petani jagung asal Sumbawa yang menjadi pengagum sosok Martha Tilaar pada saat sedang hamil, Arini pun bertekad menamai anaknya serupa dengan sosok sang idola.

_"Saya berpikir (kasih nama itu) supaya Putri nanti hidupnya berkah. Ya, makanya saya kasih nama Martha Tilaar, iklannya ngetop banget, Sariayu Martha Tilaar. Ya, kita minta sama Tuhan, ya. Hanya saya punya ide, lebih baik saya kasih nama Putri Ayu Martha Tilaar."_

_"Waktu SMP secara kebetulan ada buku biografi Ibu Martha di perpustakaan, ada sejarah Sariayu Martha Tilaar. Saya jadi termotivasi untuk ikut berjuang demi kesuksesan seperti Martha Tilaar. Kita bisa jadi orang kalau kita mau,"_ ungkap Putri.

Dari kekuatan doa di dalam sebuah nama pemberian sang ibunda, Putri Ayu pun mengaku banyak menerima hal ajaib di tahun 2018. Mampu melalui masa sulit di 2017. Putri bisa kuliah di jurusan Pariwisata di Lombok & banyak menerima "hadiah". Putri berhasil  juara 1 Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) di Jakarta dan langsung bertemu dengan Presiden Jokowi serta berbincang hangat di acara makan siang, Rabu (12/12/2018), bersama Ibu Martha yang tak bisa menutupi kegembiraan dan kekagumannya menemukan "cucu" lain darah itu.'

_'Luar biasa ceritanya, ya. Ya, itulah saya bilang kalau kita jealous, iri hati, terus maki-maki orang, merasa kenapa Tuhan kok enggak adil, saya miskin dia kaya, itu jadi kurang baik. Jadi, lebih baik saling menghargai, berdoa, ya semoga bisa jadi lebih baik dan benar,. Kalau mau sukses, harus berani mimpi yang besar. Dimulai dari tindakan yang kecil, tapi harus cepat,"_ kata Ibu Martha pada Putri kala itu.

Sementara Putri Ayu pun mengungkapkan rasa syukurnya atas nama yang diberikan dan doa sang ibunda.


Sementara kisah saya adalah kisah selamat dari berbagai peristiwa kecelakaan dari saya terjatuh dari sepeda motor dan badan saya berada dibawah empat ban truk container bagian kiri belakang pada saat kuliah & truk bisa berhenti sebelum melindas tubuh saya, lalu jatuh dari motor beberapa kali karena ban depan motor masuk kedalam lubang besar di jalan pada saat malam, dan terakhir saat ada perampok masuk ke rumah dan menusuk- nusuk tubuh saya dari betis, paha, batok kepala hingga memerlukan lima puluh jahitan dan perawatan beberapa bulan agar dapat berjalan normal kembali.

Puji Tuhan, saya percaya doa ibu menyelamatkan saya dari berbagai kecelakaan yang terjadi, selain Kasih Tuhan masih memberi saya, kesempatan untuk hidup normal.

#

*DOA:*

Tuhan Aku akan memujiMu
Ke atas Engkau telah menarikku 
Tuhan Engkau mengangkat aku 
Engkau telah menghidupkan aku
 
Dengarlah Tuhan kasihanilah aku
Tuhan jadilah penolong aku 
Kauubah ratapanku menjadi tarianku
Selamanya Tuhan kubersyukur bagi-Mu

Amin.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.