Thursday, June 29, 2017

Bacaan Liturgi & RenHar. 29 Juni 2017 HR S. Petrus dan Paulus, Rasul.

*Setia Mewartakan Injil*


KENDATI banyak mengalami penolakan, hambatan dan penganiayaan; Petrus dan Paulus tidak pernah gentar dan lelah mewartakan Injil ke mana pun mereka melangkah.

Kasih Kristus yang mereka alami di dalam hidup mereka, mengubah diri mereka dan membuat mereka bersedia mempersembahkan hidup mereka kepadaNya.

Perayaan pada hari ini, Hari Raya St. Petrus dan St. Paulus, Rasul; mengundang kita semua untuk memiliki semangat yang berkobar-kobar dalam mewartakan Injil.

Jadikan Petrus dan Paulus sebagai inspirator dan motivator bagi kita, agar kita tidak mengenal putus asa dalam melaksanakan tugas perutusan yang telah dipercayakanNya kepada kita.

Mari wartakan kebenaran, taburkan kasih dan kebaikan kepada siapa saja, sehingga lewat kesaksian hidup kita, banyak orang tergerak untuk mengenal Dia.


#


Bacaan Liturgi 29 Juni 2017

HR S. Petrus dan Paulus, Rasul


Bacaan Pertama
Kis 12:1-11
Sekarang benar-benar tahulah aku
bahwa Tuhan telah menyuruh malaikat-Nya

dan menyelamatkan aku dari tangan Herodes.


Pembacaan dari Kisah Para Rasul:

Kis 12:1 Kira-kira pada waktu itu raja Herodes mulai bertindak dengan keras terhadap beberapa orang dari jemaat.

Kis 12:2 Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang.

Kis 12:3 Ketika ia melihat, bahwa hal itu menyenangkan hati orang Yahudi, ia melanjutkan perbuatannya itu dan menyuruh menahan Petrus. Waktu itu hari raya Roti Tidak Beragi.

Kis 12:4 Setelah Petrus ditangkap, Herodes menyuruh memenjarakannya di bawah penjagaan empat regu, masing-masing terdiri dari empat prajurit. Maksudnya ialah, supaya sehabis Paskah ia menghadapkannya ke depan orang banyak.

Kis 12:5 Demikianlah Petrus ditahan di dalam penjara. Tetapi jemaat dengan tekun mendoakannya kepada Allah.

Kis 12:6 Pada malam sebelum Herodes hendak menghadapkannya kepada orang banyak, Petrus tidur di antara dua orang prajurit, terbelenggu dengan dua rantai. Selain itu prajurit-prajurit pengawal sedang berkawal di muka pintu.

Kis 12:7 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. Malaikat itu menepuk Petrus untuk membangunkannya, katanya: "Bangunlah segera!" Maka gugurlah rantai itu dari tangan Petrus.

Kis 12:8 Lalu kata malaikat itu kepadanya: "Ikatlah pinggangmu dan kenakanlah sepatumu!" Iapun berbuat demikian. Lalu malaikat itu berkata kepadanya: "Kenakanlah jubahmu dan ikutlah aku!"

Kis 12:9 Lalu ia mengikuti malaikat itu ke luar dan ia tidak tahu, bahwa apa yang dilakukan malaikat itu sungguh-sungguh terjadi, sangkanya ia melihat suatu penglihatan.

Kis 12:10 Setelah mereka melalui tempat kawal pertama dan tempat kawal kedua, sampailah mereka ke pintu gerbang besi yang menuju ke kota. Pintu itu terbuka dengan sendirinya bagi mereka. Sesudah tiba di luar, mereka berjalan sampai ke ujung jalan, dan tiba-tiba malaikat itu meninggalkan dia.

Kis 12:11 Dan setelah sadar akan dirinya, Petrus berkata: "Sekarang tahulah aku benar-benar bahwa Tuhan telah menyuruh malaikat-Nya dan menyelamatkan aku dari tangan Herodes dan dari segala sesuatu yang diharapkan orang Yahudi."


_Demikianlah Sabda Tuhan_

Mazmur
Mzm 34:2-3.4-5.6-7.8-9
R:5b
Tuhan melepaskan daku dari segala kegentaranku.


*Aku hendak memuji Tuhan pada segala waktu;
puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku.
Karena Tuhan jiwaku bermegah;
biarlah orang-orang yang rendah hati mendengarnya
dan bersukacita.

*Muliakanlah Tuhan bersama-sama dengan daku,
marilah kita bersama-sama memasyhurkan nama-Nya.
Aku telah mencari Tuhan, lalu Ia menjawab aku,
dan melepaskan daku dari segala kegentaranku.

*Tujukkanlah pandanganmu kepada-Nya,
maka mukamu akan berseri-seri,
dan tidak akan malu tersipu-sipu.
Orang yang tertindas ini berseru, dan Tuhan mendengarkan;
Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakannya.

*Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takwa,
lalu meluputkan mereka.
Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan!
Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!

Bacaan Kedua
2Tim 4:6-8.17-18
Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran.


Pembacaan dari Surat Kedua Raul Paulus
kepada Timotius:

2Tim 4:6 Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat.

2Tim 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

2Tim 4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

2Tim 4:17 tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa.

2Tim 4:18 Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.


_Demikianlah Sabda Tuhan_

Bait Pengantar Injil
Mat 16:18
Engkau adalah Petrus,
di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku,
dan alam maut tidak akan menguasainya.


Bacaan Injil
Mat 16:13-19
Engkau adalah Petrus,
dan di atas batu karang ini akan Kudirikan jemaat-Ku.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Mat 16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"

Mat 16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi."

Mat 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"

Mat 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Mat 16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Mat 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."


_Demikianlah Injil Tuhan_


#

Mutiara Iman
*IKATLAH PINGGANGMU DAN KENAKANLAH SEPATUMU*

29 Juni 2017


_"Ikatlah pinggangmu dan kenakanlah sepatumu"_
(Kis 12:8)

Lectio
Kis 12:1-11; Mzm 34:2-3,4-5,6-7,8-9; 2 Tim 4:6-8,17-18; Mat 16:13-19

Viktor adalah seorang pewarta muda. Setelah mewarta hampir selama 2 tahun, Viktor divonis terkena kanker. Awalnya dia sangat terkejut, tetapi seorang suster yang cukup dekat dengannya berkata :
"Tetaplah tegar dan berdoa ya mas Viktor."


Enam bulan kemudian setelah menjalani proses kemo, Viktor pun sembuh. Lalu suster itu kembali datang kepada Viktor :
"Mas Viktor, apa rencana berikutnya?"


Victor menjawab :
"Saya akan terus menjadi pewarta. Saya harus menyelesaikan apa yang telah saya mulai. Tuhan telah memakai saya, terbukti Dia telah menyembuhkan saya. Dan sekarang saya siap!"


Suster itu memeluk Viktor sambil berkata :
"Syukur kepada Allah."

Lalu kata malaikat itu kepadanya :
"Ikatlah pinggangmu dan kenakanlah jubahmu."

Siap sedia dan siaga untuk melayani Tuhan sampai garis akhir adalah MURID Kristus sejati.

Oratio
Malaikat Tuhan berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka. Amin

Missio
_Marilah kita mengikuti teladan Petrus dan Paulus yang setia mengikuti Kristus sampai AKHIR HAYAT._

*Have a Blessed Thursday.*

Mutiara-Iman.org


#


Thursday, 29th JUNE

St Peter and St Paul, Apostles
Matthew 16:13-19

Jesus asked his disciples, "Who do you say that I am?" Simon Peter replied, "You are the Christ, the Son of the living God." And Jesus answered him, "Blessed are you, Simon Bar-Jona! For flesh and blood has not revealed this to you, but my Father who is in heaven. And I tell you, you are Peter, and on this rock I will build my church, and the powers of death shall not prevail against it. I will give you the keys of the kingdom of heaven, and whatever you bind on earth shall be bound in heaven, and whatever you loose on earth shall be loosed in heaven."

"You are Peter, and on this rock I will build my church"; 'I know you well, Peter', Our Lord could say, 'I know you are weak, but you are Peter! I know that you will fail me in the moment when I will need you most; I know that you still argue with the others about who is to be the first and the greatest, but I know as well that you love Me, and I know what you will be able to do for love of Me. I know you well, Peter, but feeble and vain, denying Me and running away, I will still build my Church on you; and I tell you here, in front of all the other Apostles and the entire world so that it may never be forgotten until the end of time, that you are *MY ROCK*, and the gates of hell and the powers of death and the enemies of the Church and the persecutors of My disciples *SHALL NOT PREVAIL!'*

One day St Paul saw Peter misbehaving with some gentiles (Gal 2:11-14). He had to correct St Peter and he did so. St Peter didn't need correction for his teachings (he was the Pope), but he was a man and made mistakes. Nevertheless, St Paul never hesitated to follow the Rock and to go to Jerusalem to see St Peter (Gal 1:18).

That's the power of the Church: she's built on Rock: *"There is nothing more powerful than the Church; give up fighting her, lest she overpower your strength. Wage not war against heaven. If you fight a man, you conquer or are conquered. But if you fight the Church, you cannot conquer. For God is stronger than all... Heaven and earth shall pass away, but My words shall not pass away. What words? You are Peter, and upon this rock I will build My Church, and the gates of hell shall not prevail against it"* (St John Chrysostom).

Holy Mary, Mother of the Church, St Peter and St Paul, pray for us!



Commentary of the day :

Saint Bernard (1091-1153), Cistercian monk and doctor of the Church
3rd sermon for the Feast of the holy apostles Peter and Paul, passim

"I am the least of the apostles,not fit to be called an apostle" (1Co 15,9)

Rightly, my brethren, does the Church apply these words of the Wise Man to the holy apostles, Peter and Paul: "These also were godly men whose virtues have not been forgotten; their wealth remains with their descendants" (Sir 44,10-11). Yes, we might very truly refer to them as godly men since they won mercy for themselves, were full of mercy, and it was in his mercy that God gave them to us.

Now see what mercy it was that they won. If you question Paul about it... he will tell you himself: "I was once a blasphemer and a persecutor and an arrogant man, but I have been mercifully treated by God" (cf. 1Tm 1,13). Indeed, who doesn't know about all the dreadful things he did to the Christians in Jerusalem... and even in the whole of Judea?... As for the blessed Peter, I have something different to tell you, but it is something that is all the more sublime as it is unique. For in fact, if Paul sinned he did so unawares since he was without faith; but Peter's eyes, to the contrary, were wide open at the time of his fall (Mt 26,69f.). Yet "where sin increased, grace overflowed all the more" (Rm 5,20)... If Saint Peter could rise up to such a height of sanctity after so disastrous a fall, who can now despair, however little he, too, desires to forsake his sins? Note what the Gospel says: "He went out and wept bitterly" (v.75)...

You have heard what mercy the apostles obtained, and from now on none of you will be crushed by his past sins more than is necessary... If you sinned, didn't Paul sin even more? If you fell, didn't Peter fall even deeper than you? Now both of them, by repenting, not only gained salvation but became great saints. They even became ministers of salvation and teachers of holiness. Do the same yourself, my brother, because it is for your sake that Scripture calls them "godly men".

Copyright © Confraternity of Christian Doctrine, USCCB

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.