Saturday, May 13, 2017

Bacaan Liturgi & RenHar. 13 Mei 2017 Sabtu Pekan Paskah IV.

Tuhan Yesus berkata,

...Tidak percayakah engkau, 
bahwa Aku di dalam Bapa 

dan Bapa di dalam Aku...


Percayakah saya ?

Percaya Anda ?

Berbahagialah mereka yang percaya

Walau tidak melihatnya.

#


Bacaan Liturgi 13 Mei 2017

Sabtu Pekan Paskah IV


Bacaan Pertama
Kis 13:44-52
Paulus dan Barnabas berpaling kepada bangsa-bangsa lain.


Pembacaan dari Kisah Para Rasul:

Waktu Paulus berada di Antiokhia di Pisidia
pada hari Sabat datanglah hampir seluruh warga kota,
berkumpul di rumah ibadat Yahudi
untuk mendengar firman Allah.
Akan tetapi, ketika orang Yahudi melihat orang banyak itu,
penuhlah mereka dengan iri hati,
dan sambil menghujat
mereka membantah apa yang dikatakan oleh Paulus.

Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata,
"Memang kepada kamulah
firman Allah harus diberitakan lebih dahulu!
Tetapi kamu menolaknya,
dan menganggap dirimu
tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal.
Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami:
Aku telah menentukan engkau
menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah,
supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi."

Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah,
dan mereka memuliakan firman Tuhan.
Dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal,
menjadi percaya.
Lalu firman Tuhan disiarkan di seluruh daerah itu.

Tetapi orang-orang Yahudi menghasut perempuan-perempuan terkemuka yang takut akan Allah,
dan pembesar-pembesar di kota Antiokhia itu.
Begitulah mereka menimbulkan penganiayaan
atas Paulus dan Barnabas,
dan mengusir mereka dari daerah itu.
Akan tetapi Paulus dan Barnabas mengebaskan debu kaki mereka
sebagai peringatan bagi orang-orang itu,
lalu pergi ke Ikonium.
Dan murid-murid di Antiokhia
penuh dengan sukacita dan dengan Roh Kudus.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur
Mzm 98:1.2-3b.3c-4
R:3cd
Segala ujung bumi telah melihat keselamatan
yang datang dari Allah kita.


*Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan,
sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib;
keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya,
oleh lengan-Nya yang kudus.

*Tuhan telah memperkenalkan keselamatan
yang datang dari pada-Nya,
Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa.
Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.

*Segala ujung bumi telah melihat keselamatan
yang datang dari Allah kita.
Bersorak-soraklah bagi Tuhan, hai seluruh bumi,
bergembiralah, dan bermazmurlah!

Bait Pengantar Injil
Yoh 8:31b-32
Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku,
kamu benar-benar murid-Ku,
dan kamu akan mengetahui kebenaran, sabda Tuhan.


Bacaan Injil
Yoh 14:7-14
Barangsiapa melihat Aku, melihat Bapa.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dalam amanat perpisahan-Nya
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
"Sekiranya kamu mengenal Aku,
pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku.
Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."

Kata Filipus kepada-Nya,
"Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami,
dan itu sudah cukup bagi kami."

Kata Yesus kepadanya,
"Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus,
namun engkau tidak mengenal Aku?
Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa;
bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
Tidak percayakah engkau,
bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?
Apa yang Aku katakan kepadamu,
tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri,
tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku,
Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
Percayalah kepada-Ku,
bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku;
atau setidak-tidaknya,
percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu;
Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku,
ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan,
bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.
Sebab Aku pergi kepada Bapa;
dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku,
Aku akan melakukannya,
supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku,
Aku akan melakukannya."

Demikianlah Injil Tuhan.

#


Mutiara Iman

*BERGEMBIRALAH*

13 Mei 2017


_"Mendengar itu bergembiralah semua orang"_
(Kis 13:48)

Lectio
Kis 13:44-52; Mzm 98:1,2-3ab, 3cd-4; Yoh 14:7-14

Seorang pemuda bernama Sony, mendatangi pemilik toko untuk menjual produknya.
Melihat Sony mengenakan kalung Salib, pemilik toko itu bertanya :
"Mengapa kamu masih menggunakan Salib, padahal hidupmu susah sehingga harus menjual barang dari pintu ke pintu."
Sony menjawab :
"Saya sangat senang melakukan ini. Walaupun harus menjual produk ini dari pagi sampai sore, saya selalu semangat dan penuh sukacita. Mengapa? Karena Salib ini lah! Saya percaya setiap hari berjalan bersama Yesus sehingga beban saya menjadi ringan."
Mendengar itu, dengan penasaran pemilik toko bertanya :
"Bagaimana Salib itu bisa membuatmu bahagia? Saya mau tahu. Nanti saya beli produk-mu."
Lalu Sony menceritakan bagaimana Yesus benar-benar menyelamatkan hidupnya. 


Setelah selesai, pemilik toko itu berkata :
"Nanti seminggu sekali kamu datang ke sini, jual produkmu 5 menit, lalu ceritakan Sabda Tuhan 1 jam ya. Saya senang sekali!"

Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan Firman Allah dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Sukacita akan diperoleh ketika kita menerima Firman Allah.

Oratio
Ya Tuhan, Sabda-Mu adalah Jalan, Kebenaran dan Kehidupan. Amin


Missio
_Marilah  wartakan Firman Allah supaya setiap orang yang menerima mendapatkan SUKACITA._

*Have a Blessed Saturday.*

Mutiara-Iman.org

#


Saturday, 13th MAY
*100th Anniversary of the apparition of Our Lady in Fatima*
John 14:7-14

If you had known me, you would have known my Father also; henceforth you know him and have seen him." Philip said to him, "Lord, show us the Father, and we shall be satisfied." Jesus said to him, "Have I been with you so long, and yet you do not know me, Philip?"

It sounds like a reproach, doesn't it? I have been with you all this time, "and yet you do not know me". How often this happens with Our Lord! St John Mary Vianney told the story of St Alexis, the only son of a rich Roman senator, who left everything to follow God and, in disguise, he travelled to Syria in the East and lived in great poverty near a Church of Our Lady. After seventeen years, he became a famous holy man there, which was the last thing he wanted, so he ran away and ended up, one day, begging at his parents' home. His parents used to do great works of mercy for the poor, and assisted him as well, together with hundreds of other poor people; but they did not recognise him. They let him stay in a corner under the stairs, where Alexis lived for seventeen more years, until he died. On the day he died, his own mother was taking care of his dead body when she recognised that it was her son who had lived for years under the stairs in her own palace. Tradition says that she exclaimed in tears: "O my son! Too late have I known thee!"

Commenting on the story, St John Mary Vianney said: "The soul leaving this life will at last see Him, whom she possessed in the Eucharist so many times, and at the sight of the consolations, beauties and riches that she had ignored, she will likewise cry out: "O Jesus! O my Life! O my Treasure! O my Love! Too late have I known Thee!"

Saints could recognise Jesus in the Eucharist from the very beginning of the history of Christianity: *'I hunger for the bread of God, the flesh of Jesus Christ ...; I long to drink of his blood, the gift of unending love,'* said St Ignatius of Antioch who lived in the first century of our era. Let's adore Him with the Angels who stand in His presence, constantly glorifying Him: Before the Divine Host there is always an angelic host in adoration.

Mary, my Mother, Jesus received His Body from you. Help me to recognise Him in every tabernacle of the world.

#


No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.