Tuesday, May 7, 2024

2405071. Aku akan mengutus Roh kebenaran yang akan memimpin kamu.

Kalender Liturgi 07 Mei 2024
Selasa Paskah VI

Warna Liturgi: Putih
Bacaan I: Kis 16:22-34
Mazmur Tanggapan: Mzm 138:1-2a.2b-3.7c-8
Bait Pengantar Injil: Yoh 16:7.13
Bacaan Injil: Yoh 16:5-11
*

Aku akan mengutus Roh kebenaran yang akan memimpin kamu.
*


Alkisah menurut Kisah Para Rasul, ketika Paulus dan Silas ada di Kota Filipi ditentang oleh orang-orang Filipi, lalu pembesar-pembesar Filipi
menyuruh mengoyakkan pakaian dari tubuh mereka
dan mendera mereka lalu dilemparkan ke dalam penjara dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat. Tetapi kira-kira tengah malam, Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah, maka terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah dan terbukalah semua pintu serta terlepaslah belenggu mereka semua. Ketika kepala penjara itu terjaga dari tidurnya, ia menghunus pedangnya hendak membunuh diri, karena menyangka orang-orang hukuman itu telah melarikan diri. Tetapi Paulus berseru dengan suara nyaring,
"Jangan celakakan dirimu,
sebab kami semuanya masih ada di sini!" 
Kepala penjara itu berlari masuk dan dengan gemetar tersungkurlah ia di depan Paulus dan Silas. Ia mengantar mereka ke luar, sambil berkata,
"Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat,
supaya aku selamat?"

"Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat,
engkau dan seisi rumahmu." 
Paulus dan Silas memberitakan firman Tuhan kepadanya dan kepada semua orang yang ada di rumahnya, seketika itu juga ia dan keluarganya memberi diri dibaptis karena percaya kepada Allah.
*


Alkisah menurut Injil Suci Yohanes, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya dalam amanat perpisahan-Nya,
"Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku...
Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi...
Jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Penghibur kepadamu... 
Penghibur itu akan menginsafkan dunia
akan dosa, kebenaran dan penghakiman..."



Hati siapa takkan sakit, bila yang ada menghilang. Seringkali kelekatan akan benda/ sesuatu di dunia, membuat orang merasa sakit/ sedih saat benda/ sesuatu itu hilang/ tak ada lagi. Para murid Yesus merasakan amanat Yesus bahwa Yesus akan pergi dan akan mengutus Roh penghibur kepada pengikutNya agar hidup benar. Disatu sisi, sedih/ kehilangan Guru & Tuhan. Disisi lain mendapat janji penghiburan akan Roh Penghibur.
Penyesalan seringkali terlambat.  Saya merasakan perasaan kepala penjara yang merasa gagal menuaikan tanggung jawab sehingga mau bunuh diri, yang seringkali dialami banyak orang. Untunglah Paulus mengingatkan dia sehingga dia merasa tenang, senang dan bahagia apalagi setelah dia percaya kepada pemberitaan & kesaksian hidup Paulus dan Silas lalu menjadi pengikut Tuhan Yesus bahkan dia mengajak semua anggota keluarganya untuk dibaptis. Percaya karena melihat perbuatan dari saksi yang baik dan mendengarkan Firman yang hidup. 
*


Ya Tuhan Allahku...
Tangan kananMu menyelamatkan daku.
Aku bersyukur kepadaMu dengan segenap hatiku.
Engkau mendengarkan kata-kata mulutku.
Aku akan bermazmur bagiMu dan bersujud ke arah bait kudusMu.

Aku memuji namaMu.
Karena kasih-Mu dan kesetiaanMu.
Saat kuberseru dan Engkau pun menjawabku.
Engkau menambahkan kekuatan dalam jiwaku.

Tangan kanan-Mu menyelamatkan daku.
Engkau menyelesaikan segalanya bagiku.
Kekal abadi kasih setiaMu.
Janganlah Kautinggalkan buatan tanganMu.

Utuslah RohMu ya Tuhanku.
Dan jadikanlah baru duniaku.
Amin.
*

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.