Saturday, May 4, 2024

2405041. Bukan kamu yang memilih Aku tetapi Akulah yang memilih kamu.

Kalender Liturgi 04 Mei 2024
Sabtu Paskah V

Warna Liturgi: Putih
Bacaan I: Kis 16:1-10
Mazmur Tanggapan: Mzm 100:1-2.3.5
Bait Pengantar Injil: Kol 3:1
Bacaan Injil: Yoh 15:18-21
*


Bacaan I
Kis 16:1-10
Menyeberanglah ke Makedonia, dan tolonglah kami.

Alkisah, menurut Kisah Para Rasul, ada seorang murid yang terkenal baik di Listra dan di Ikonium. Dia bernama Timotius (Ibunya, seorang Yahudi pengikut Yesus dan ayahnya, seorang Yunani). Pada suatu kesempatan, Paulus mengajak Timotius dalam perjalanannya mewartakan injil. Kemudian hari, Paulus berulang kali menulis surat kepada Timotius  (dianggapnya anak dalam iman) yang dimintanya tinggal di Efesus. Pada suatu malam, Paulus mendapat suatu penglihatan, ada seorang Makedonia yang berdiri
dan berseru kepadanya,
"Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!"
Setelah Paulus segera mencari kesempatan
untuk berangkat ke Makedonia. Petrus dan Silas yang mendampinginya berkesimpulan, bahwa Allah telah memanggil mereka untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di Makedonia.
*

Alkisah menurut Injil Suci Yohanes, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya dalam amanat perpisahan-Nya, 
"Jikalau dunia membenci kamu,
ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku... kamu bukan dari dunia,
sebab Aku telah memilih kamu dari dunia,
maka dunia membenci kamu...
Jikalau mereka telah menganiaya Aku,
mereka juga akan menganiaya kamu;

(Jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu)...
sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku."
*

Saya jadi teringat kotbah Yesus di bukit, berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Paulus dan banyak para kudus yang menjadi martir Yesus karena percaya kebenaran akan janji keselamatanNya menguatkan saya untuk berani berbicara dan menulis tentang Yesus, Sang Juruselamat dunia yang benar" mengasihi manusia (bahkan yang memusuhiNya) tidak hanya dalam perkataan tetapi dibuktikan dengan perbuatan hingga rela disalibkan sehingga Allah membangkitkan Yesus untuk membuktikan bahwa Yesus adalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Yesus. Saya sungguh beruntung bila dapat tetap hidup dalam kasihNya dengan disertai Roh Kudus agar tetap berjalan dalam rencanaNya.
*

Ya Tuhan Allahku...
Seluruh bumi bersorak-sorak bagiMu. 
Dengan sukacita aku beribadah kepadaMu.
Dengan sorak-sorai aku datang ke hadapanMu.
Karena Engkau adalah Tuhan Allahku.

Engkau yang menjadikanku
dan punya Engkaulah daku.

Aku ini umatMu dan kawanan domba gembalaanMu.
Engkau baik dan untuk selama-lamanya kasih setiaMu.
Turun-temurun tetaplah kesetiaanMu.

Amin.
*

Bukan kamu yang memilih Aku tetapi Akulah yang memilih kamu.

*

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.