Friday, July 1, 2022

2207011. Presiden RI, Jokowi (Joko Widodo) sedang melaksanakan sabda Tuhan.

Kalender Liturgi 01 Jul 2022
Jumat Pekan Biasa XIII

Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: Am  8:4-6.9-12
Mazmur Tanggapan: Mzm  119:2.10.20.30.40.131
Bait Pengantar Injil: Mat 11: 28
Bacaan Injil: Mat  9:9-13


Bacaan I
Am  8:4-6.9-12
Aku akan mengirimkan kelaparan, bukan kelaparan akan makanan,
melainkan kelaparan akan sabda Tuhan


Bacaan dari Nubuat Amos:


Dengarkanlah ini, kalian yang menginjak-injak orang miskin,
dan yang membinasakan orang sengsara di negeri ini;
kalian yang berpikir,
"Kapan pesta bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum?
Kapan hari Sabat berlalu, supaya kita boleh berdagang terigu?
Kita akan memperkecil takaran,
menaikkan harga dan menipu dengan neraca palsu.
Kita akan membeli orang papa dengan uang
dan membeli orang miskin karena sepasang kasut.
Kita akan menjual terigu tua."


"Pada hari itu akan terjadi," demikianlah firman Tuhan Allah,
"Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari
dan membuat bumi gelap pada hari cerah.
Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan,
dan segala nyanyianmu menjadi ratapan.
Aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang
dan menjadikan gundul setiap kepala.
Kalian akan berkabung seperti atas kematian anak tunggal,
sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih."

"Sesungguhnya, waktu akan datang,"

demikianlah firman Tuhan Allah,
"Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini,
bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air,
melainkan akan mendengarkan sabda Tuhan.
Mereka akan mengembara dari laut ke laut
dan menjelajah dari utara ke timur
untuk mencari sabda Tuhan,
tetapi tidak menemukannya."

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm  119:2.10.20.30.40.131
R:Mat 4:4
Manusia hidup bukan dari roti
tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.


*Berbahagialah orang yang hidupnya tidak bercela,
yang hidup menurut sabda Tuhan.

*Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau,
jangan biarkan aku menyimpang dari perintah-Mu.

*Hancurlah jiwaku karena rindu
kepada hukum-hukum-Mu setiap waktu.

*Aku telah memilih jalan kebenaran,
dan telah menempatkan hukum-hukum-Mu di hadapanku.

*Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu,
hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu!

*Mulutku kungangakan dan megap-megap,
sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu.


Bait Pengantar Injil
Mat 11: 28
Datanglah pada-Ku, kalian yang letih dan berbeban berat,
maka Aku akan membuat kalian lega.



Bacaan Injil
Mat  9:9-13
Bukan orang sehat yang memerlukan dokter;
Aku menginginkan kasih sayang, bukan persembahan.

Inilah Injil Suci menurut Matius:


Pada suatu hari Yesus melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai.
Yesus berkata kepadanya, "Ikutlah Aku."
Matius segera berdiri dan mengikut Yesus.

Kemudian, ketika Yesus makan di rumah Matius,
datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa,
makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.
Melihat itu orang-orang Farisi berkata kepada murid-murid Yesus,
"Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"

Yesus mendengarnya dan berkata,
"Bukan orang sehat yang memerlukan tabib,
tetapi orang sakit.
Maka pelajarilah arti sabda ini,
'Aku menginginkan belas kasihan, bukan persembahan.'
Aku datang bukannya untuk memanggil orang benar,
melainkan orang berdosa."

Demikianlah sabda Tuhan. 
#

Aku akan mengirimkan kelaparan, bukan kelaparan akan makanan,
melainkan kelaparan akan sabda Tuhan

#

Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?
#

Rusia berperang dengan Ukraina
Kehancuran fasilitas terjadi di Ukraina
Kelaparan terluka meninggal melanda
Perang terjadi salah siapa

Jokowi berusaha mendamaikan mereka
Jokowi mendatangi presiden Ukraina
Ada ketenangan sesaat disana
Rusia berhenti menyerang Ukraina
#

Sangat menarik firman Tuhan Allah, Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air,
melainkan akan mendengarkan sabda Tuhan.

Firman Tuhan ini sesuai dengan perkataan Yesus saat makan di rumah Matius, pemungut cukai yang baru menjadi pengikutNya. "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib,
tetapi orang sakit.
Maka pelajarilah arti sabda ini,
'Aku menginginkan belas kasihan, bukan persembahan.'
Aku datang bukannya untuk memanggil orang benar,
melainkan orang berdosa."

Saya merasa bapak presiden Indonesia, Jokowi (Joko Widodo) sedang melaksanakan sabda Tuhan hari ini. Melakukan dengan memberi perhatian, bantuan, kehadiran di saat teman/ kenalannya sedang menghadapi kesulitan adalah suatu tindakan setelah sebelumnya Jokowi berusaha berbicara melalui video call jarak jauh dengan mereka. Semoga kedua presiden yang sedang berperang akan melakukan tindakan damai dengan mengambil keputusan yang bijak untuk kepentingan bersama dengan penuh kasih persahabatan dan saling menyembuhkan luka dan kekhawatiran bersama.
#

Manusia hidup dari firmanMu
Berbahagialah hidup menurut sabdaMu
Dengan segenap hati kumencariMu 
Jiwaku rindu kepada hukum-Mu 

Manusia hidup dari firmanMu
Aku menempatkan hukumMu di hadapanku
Aku rindu kepada titah-Mu
Hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu

Manusia hidup dari firmanMu
Kuingin hidup menurut sabdaMu
Tuhan Yesus Engkaulah andalanku
Aku mau mengikuti panggilanMu

Amin.
#


No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.