Thursday, April 7, 2022

2204071. Mungkinkah Tuhan Yesus melintas waktu seperti film Quantum Leap? Dan Kisah Kodak.

Kalender Liturgi 07 Apr 2022
Kamis Prapaskah V

PF S. Yohanes Pembaptis de la Salle, Imam
Warna Liturgi: Ungu
Bacaan I: Kej 17:3-9
Mazmur Tanggapan: Mzm 105:4-5.6-7.8-9
Bait Pengantar Injil: Mzm 95:8ab
Bacaan Injil: Yoh 8:51-59

Bacaan I
Kej 17:3-9
Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.

Bacaan dari Kitab Kejadian:


Pada waktu itu, ketika Allah menampakkan diri,
maka Abram bersujud.
Dan Allah berfirman kepadanya,
"Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau:
Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham,
karena engkau telah Kutetapkan
menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak;
engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa,
dan dari padamu akan berasal raja-raja.
Aku akan mengadakan perjanjian
antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun
menjadi perjanjian yang kekal,
supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.
Kepadamu dan kepada keturunanmu akan Kuberikan negeri ini
yang kaudiami sebagai orang asing;
seluruh tanah Kanaan ini akan Kuberikan menjadi milikmu
untuk selama-lamanya;
dan Aku akan menjadi Allah mereka."

Lagi firman Allah kepada Abraham,
"Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku,
engkau dan keturunanmu turun-temurun."

Demikianlah sabda Tuhan.



Mazmur Tanggapan
Mzm 105:4-5.6-7.8-9
R:8a
Selama-lamanya Tuhan ingat akan perjanjian-Nya.

*Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya,
carilah selalu wajah-Nya!
Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukan-Nya,
mujizat dan ketetapan-ketetapan yang diucapkan-Nya,

*Hai anak cucu Abraham, hamba-Nya,
hai anak-anak Yakub, pilihan-Nya!
Dialah Tuhan, Allah kita,
di seluruh bumi berlaku ketetapan-Nya.

*Selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya,
akan firman yang diperintahkan-Nya
kepada seribu angkatan;
akan perjanjian yang diikat-Nya dengan Abraham,
dan akan sumpah-Nya kepada Ishak.


Bait Pengantar Injil
Mzm 95:8ab
Janganlah keraskan hatimu, tetapi dengarkan suara Tuhan.


Bacaan Injil
Yoh 8:51-59
Abraham bapamu bersukacita, bahwa ia akan melihat hari-Ku.

Inilah Injil Suci menurut Yohanes:


Sekali peristiwa Yesus berkata kepada orang-orang Yahudi,
"Aku Berkata kepadamu:
Sungguh, barangsiapa menuruti firman-Ku,
ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya."

Kata orang-orang Yahudi kepada Yesus,
"Sekarang kami tahu, bahwa Engkau kerasukan setan.
Sebab Abraham telah mati dan demikian juga nabi-nabi,
namun Engkau berkata:
Barangsiapa menuruti firman-Ku,
ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.
Adakah Engkau lebih besar daripada bapa kita Abraham,
yang telah mati!
Nabi-nabi pun telah mati!
Dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?"

kamu tidak mengenal Dia.
Sebaliknya, Aku mengenal Dia,
dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia,
maka Aku adalah pendosa, sama seperti kamu.
Tetapi Aku mengenal Dia, dan Aku menuruti firman-Nya.

Jawab Yesus, "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri,
maka kemuliaan-Ku itu sedikit pun tidak ada artinya.
Bapa-Kulah yang memuliakan Aku.
Tentang Dia kamu berkata: Dia adalah Allah kami,
padahal kamu tidak mengenal Dia.
Sebaliknya, Aku mengenal Dia,
dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia,
maka Aku adalah pendosa, sama seperti kamu.
Tetapi Aku mengenal Dia, dan Aku menuruti firman-Nya.
Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku;
ia telah melihatnya dan ia bersukacita."


Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada Yesus,
"Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun
dan Engkau telah melihat Abraham?"

Kata Yesus kepada mereka,
"Aku berkata kepadamu,
sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia;
tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

Demikianlah sabda Tuhan. 
#

Aku akan mengadakan perjanjian
antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun
menjadi perjanjian yang kekal,
supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

#

Kamu tidak mengenal Dia.
.. Aku mengenal Dia,
.. Aku mengenal Dia, dan Aku menuruti firman-Nya.
#

Tuhanku
Kucari Engkau dan kekuatanMu
Kucarilah selalu wajahMu Tuhanku
Kuingat perbuatan ajaib mujizatMu
Dan ketetapan yang diucapkanMua
Amin
#

Mungkinkah Tuhan Yesus bisa melintas waktu seperti dalam  film Quantum Leap? Quantum Leap ditayangkan di televisi NBC Amerika Serikat dari Maret 1989 sampai dengan Mei 1993. Kisah Fiktif ilmiahnya dimulai tahun 1995, Sam Beckett (Scott Bakula), seorang ilmuwan proyek rahasia pemerintah AS, yaitu membuat mesin waktu. Untuk menyelamatkan proyeknya yang dipotong pembiayaannya, Sam menjadi kelinci percobaannya sendiri, memasuki mesin waktunya, dan menghilang di tahun 1995 itu. Dimulailah petualangan Sam Beckett (Scott Bakula) yang meloncat dari satu tubuh ke tubuh yang lain, mengatasi masalah yang dihadapi oleh tokoh tersebut. Perkataannya yang terkenal saat Sam meloncat ke tubuh orang lain di akhir episode, ia berkata, "Oh boy!"

Sam selalu muncul di masa lalu, tanpa ingatan mengenai dirinya sendiri. Temannya dari masa depan (1995), Al Calavicci (Dean Stockwell), hanya dapat dilihat dan didengar Sam sebagai hologram. Hologram Al membantu Sam dalam tugasnya saat itu, membela kebenaran sebelum Sam meloncat ke tubuh orang lain lagi setelah masalahnya selesai.

Mungkinkah kisah Fiksi ilmiah tersebut dapat menjadi kenyataan ? 

Believe It or Not, maybe It will happen someday.

Siapa menyangka keunggulan Kodak sebagai kamera dan pencetak foto bisa berakhir pada saat sekarang ini. Eastman Kodak Company, sebuah perusahaan multinasional di Rochester, New York. Didirikan oleh George Eastman dan Henry Strong pada tahun 1892. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk kamera, fotografi, pencetak, dan lain-lain. Tahun 1888 – "Kodak" dilahirkan sebagai merek Kamera portabel dan menandai kelahiran fotografi snapshot. Kodak dikenal dengan iklannya, "Anda menekan tombol, kita melakukan sisanya." George Eastman menemukan film gulung, berjasa menyebarluaskan fotografi. Film gulung ini merupakan dasar dari penemuan film bergerak yang digunakan oleh pembuat film awal Thomas Alva Edison, Lumière bersaudara dan Georges Méliès. Namun Kodak bangkrut (2012) karena Kodak terlambat membaca peluang bisnis di segmen kamera digital, bahkan tidak menangkap peluang emas dengan kebesaran nama yang dimilikinya untuk meraih pasar yang lebih luas.

#
Mungkinkah Tuhan Yesus melintas waktu seperti film Quantum Leap? Dan Kisah Kodak.
#

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.