Monday, November 15, 2021

2111151. Belajar dari Santo Albertus Agung.

Kalender Liturgi 15 Nov 2021
Senin Pekan Biasa XXXIII

PF S. Albertus Agung, Uskup dan Pujangga Gereja
Warna Liturgi: Hijau
Bacaan I: 1Mak 1:10-15.41-43.54-57.62-64
Mazmur Tanggapan: Mzm 119:53.61.134.150.155.158
Bait Pengantar Injil: Yoh 8:12
Bacaan Injil: Luk 18:35-43


Bacaan I
1Mak 1:10-15.41-43.54-57.62-64
Kemurkaan hebat menimpa umat.

Pembacaan dari Kitab Pertama Makabe:


Pada masa itu tampillah di Israel seorang raja yang berdosa,
yaitu Antiokhus Epifanes, putera raja Antiokhus.
Ia pernah menjadi sandera di Roma.
Antiokhus Epifanes itu menjadi raja
dalam tahun seratus tiga puluh tujuh di zaman pemerintahan Yunani.
Pada masa itu tampillah dari Israel beberapa orang jahat
yang meyakinkan banyak orang dengan berkata,
"Marilah kita mengadakan perjanjian
dengan bangsa-bangsa sekeliling kita.
Sebab sejak kita menyendiri, maka kita ditimpa banyak malapetaka."

Usul itu diterima baik.
Mereka diberi hak oleh raja
untuk menuruti adat istiadat bangsa-bangsa lain.
Kemudian mereka itu membangun sebuah gelanggang olah raga di Yerusalem
menurut adat-istiadat bangsa-bangsa lain.
Merekapun memulihkan kulup mereka
dan murtadlah mereka dari perjanjian kudus.
Mereka bergabung dengan bangsa-bangsa lain
dan menjual dirinya untuk berbuat jahat.

Beberapa waktu kemudian
Raja Antiokhus Epifanes menulis sepucuk surat perintah
untuk seluruh kerajaan,
bahwasanya semua orang harus menjadi satu bangsa.
Masing-masing harus melepaskan adatnya sendiri.
Maka semua bangsa menyesuaikan diri dengan titah raja itu.
Juga dari Israel ada banyak orang yang menyetujui pemujaan raja.
Dipersembahkanlah oleh mereka kurban kepada berhala
dan hari Sabat dicemarkan.

Pada tanggal limabelas bulan Kislew dalam tahun seratus empat puluh lima
raja menegakkan patung berhala keji
di atas mezbah kurban bakaran di bait Allah.
Dan di semua kota di seluruh Yehuda
mereka dirikan pula mezbah pemujaan berhala.
Pada pintu-pintu rumah dan di lapangan-lapangan dibakar kurban.
Kitab-kitab Taurat yang ditemukan disobek-sobek
dan dibakar habis.
Jika pada salah seorang terdapat Kitab Perjanjian
atau jika seseorang berpaut pada hukum Taurat,
ia dihukum mati oleh pengadilan raja.

Namun demikian ada banyak orang Israel yang tetap teguh hatinya
dan bertekad untuk tidak makan sesuatu yang haram.
Mereka lebih suka mati
daripada menodai diri dengan makanan semacam itu
dan dengan demikian mencemarkan perjanjian kudus.
Dan mereka mati juga.
Kemurkaan yang hebat sekali menimpa Israel.

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur Tanggapan
Mzm 119:53.61.134.150.155.158
R:88
Hidupkanlah aku, ya Tuhan,
supaya aku berpegang pada perintah-Mu.


*Aku menjadi gusar terhadap orang-orang fasik,
yang meninggalkan Taurat-Mu.

*Tali-tali orang-orang fasik membelit aku,
tetapi Taurat-Mu tidak kulupakan.

*Bebaskanlah aku dari pada pemerasan manusia,
supaya aku berpegang pada titah-titah-Mu.

*Orang-orang yang mengejar aku dengan maksud jahat
sudah mendekat,
mereka menjauh dari hukum-Mu.

*Keselamatan menjauh dari orang-orang fasik,
sebab mereka tidak mencari ketetapan-ketetapan-Mu.

*Melihat para pengkhianat aku merasa muak,
karena mereka tidak berpegang pada janji-Mu.


Bait Pengantar Injil
Yoh 8:12
Akulah terang dunia.
Barangsiapa mengikuti Aku, ia kan mempunyai terang hidup.


Bacaan Injil
Luk 18:35-43
Apa yang kau inginkan Kuperbuat bagimu?
Tuhan, semoga aku melihat.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:


Ketika Yesus hampir tiba di Yerikho,
ada seorang buta duduk di pinggir jalan dan mengemis.
Karena mendengar orang banyak lewat, ia bertanya,
"Ada apa itu?"
Kata orang kepadanya, "Yesus, orang Nazaret, sedang lewat."

Maka si buta itu berseru, "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"
Orang-orang yang berjalan di depan menyuruh dia diam.
Tetapi semakin kuat ia berseru,
"Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"

Maka Yesus pun berhenti
dan menyuruh orang mengantar dia kepada-Nya.
Ketika si buta itu sudah dekat, Yesus bertanya kepadanya,
"Apa yang kauinginkan Kuperbuat bagimu?"
Jawab orang itu, "Tuhan, semoga aku melihat!"

Maka Yesus berkata,
"Melihatlah, imanmu telah menyelamatkan dikau!"
Pada saat itu juga ia melihat,
lalu mengikuti Yesus sambil memuliakan Allah.
Seluruh rakyat menyaksikan peristiwa itu dan memuji-muji Allah.

Demikianlah Injil Tuhan. 
#

..jika seseorang berpaut pada hukum Taurat,
ia dihukum mati oleh pengadilan raja.

#

_"Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"_
*_"Apa yang kauinginkan Kuperbuat bagimu?"_*
_"Tuhan, semoga aku melihat!"_
*_"Melihatlah, imanmu telah menyelamatkan dikau!"_*
#

Banyak orang berpikir bahwa dirinya sudah baik dan mendekati sempurna. Saya kagum dengan mereka karena saya masih dalam proses belajar. Walau sejak kecil mengikuti sekolah minggu hingga saat dewasa pernah menjadi guru sekolah minggu selama beberapa tahun, tapi saya masih merasa banyak kekurangan dan masih terus belajar khususnya mengenal Kasih Tuhan yang luar biasa. Mengampuni orang yang menganiayaNya dan menyembuhkan semua orang yang beriman kepadaNya. 
   Kabar baiknya, saat ini puluhan orang percaya kepada saya sebagai prodiakon yang mau melayani orang sakit dan membantu orang meninggal, tetapi saya merasa masih perlu belajar kepada Yesus dan ajaranNya melalui gereja katolik agar dapat seperti *Santo Albertus Agung / Albert dari Köln /Albertus Magnus OP* _(Tahun 1200 – 15 November 1280),_ seorang biarawan Ordo Dominikan yang terkenal karena pengetahuan universalnya dan advokasi keberadaan damai antara ilmiah dan agama. Salah satu filsuf Jerman terbesar dan teolog dari Abad Pertengahan. Pelajar pertama Abad Pertengahan yang menggunakan filosofi Aristoteles ke dalam pemikiran Gereja pada masa itu. Doktor Gereja, satu di antara 36 orang dengan gelar tersebut.
  Semoga suatu saat nanti bila kesempatan masih ada, saya dapat terus melayani dan membantu orang dengan pengetahuan dan sikap yang lebih baik _(memiliki buah-buah Roh Kudus)_ seperti *Santo Albertus Agung.*
#

*DOA:*

YA Tuhan Hidupkanlah aku
Supaya kuberpegang pada perintah-Mu

Jangan biarkan kutinggalkan Taurat-Mu
Jangan kulupakan titahMu TauratMu

Santo Albertus Agung
doakanlah saya.
_Amin._
#

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.