Wednesday, April 19, 2017

Peran Malaikat dalam kehidupan manusia.

Kasih Allah begitu besar sehingga Allah menyuruh Malaikat2Nya berjalan di depan, mengiringi, menjaga (memberi kekuatan kepada) manusia agar manusia bisa melakukan/ menentukan hal yang baik dan adil. 


Malaikat Allah telah membantu manusia dari zaman dahulu, Abraham, Musa, Daud, para Hakim & Nabi Israel, Tobia, hingga ke zaman sekarang, Zakharia, Yusuf, Maria, Yesus, Maria MagdalenaPetrus, Yohanes, para rasul, Kornelius dan orang2 yang dikasihi Allah.


Peran Malaikat dalam kehidupan manusia sangat berarti jika manusia bekerjasama dengan Malaikat untuk menciptakan kehidupan yang makin adil dan beradab.

**

Sekilas bbrp ayat dimana Malaikat berperan dalam penting dalam kehidupan manusia & dalam menentukan sikap hidupnya.

**

Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepadaNya, supaya ditunjukkanNya kepada hamba-hambaNya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikatNya yang diutusNya, Ia telah menyatakannya kepada hambaNya Yohanes.  (Why 1:1)

*

Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan dekat Petrus dan cahaya bersinar dalam ruang itu. Malaikat itu menepuk Petrus untuk membangunkannya, katanya: ... Lalu ia mengikuti malaikat itu ke luar dan ia tidak tahu, bahwa apa yang dilakukan malaikat itu sungguh-sungguh terjadi, sangkanya ia melihat suatu penglihatan. Dan setelah sadar akan dirinya, Petrus berkata: "Sekarang tahulah aku benar-benar bahwa Tuhan telah menyuruh malaikatNya dan menyelamatkan aku ..."  (Kis 12:7-9,11)

*

Dalam suatu penglihatan ... jelas tampak kepadanya seorang malaikat Allah masuk ke rumahnya dan berkata kepadanya: "Kornelius!" Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: "Ada apa, Tuhan?" Jawab malaikat itu: "Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau... malaikat yang berbicara kepadanya itu meninggalkan dia...  (Kis 10:3-4,7)

*

Kemudian berkatalah seorang malaikat Tuhan kepada Filipus, katanya: "Bangunlah dan berangkatlah ke sebelah selatan, ...  (Kis 8:26)

*

dan tampaklah olehnya (Maria Magdalena) dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: ... (Yoh 20:12-13)

*

Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepadaNya (Yesus) untuk memberi kekuatan kepadaNya.  (Luk 22:43)

*

Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, ... Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah... Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil."  (Luk 1:26,28,30,35,37)

*

Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes. ...Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.  (Luk 1:13,18-19)

*

...jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena ...Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah BapaKu yang di sorga.  (Mat 18:10)

*

Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi ... Setelah Herodes mati, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi di Mesir...  (Mat 2:13,19-20)

*

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, ... Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,  (Mat 1:20,24)

*

Maka berkatalah malaikat itu kepadanya (Tobia): "...saudara, dengarkanlah aku! Jangan ambil pusing tentang setan itu; ... malam ini juga gadis itu diberikan kepada saudara sebagai isteri.  (Tob 6:16)

*

Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?"  (Za 3:2)

*

sebab malaikat-malaikatNya akan diperintahkanNya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.  (Mzm 91:11)

*

Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.  (Mzm 34:8)

*

Jikalau di sampingnya ada malaikat, penengah, satu di antara seribu, untuk menyatakan jalan yang benar kepada manusia,  (Ayb 33:23)

*

...perkataan tuanku raja tentulah akan menenangkan hati, sebab seperti malaikat Allah, demikianlah tuanku raja, yang dapat membeda-bedakan apa yang baik dan jahat. ... Tetapi tuanku bijaksana sama seperti malaikat Allah, sehingga mengetahui semua yang terjadi di bumi."  (2Sam 14:17,20)

*

Aku akan mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu ... (Kel 33:2)

*

... akan berjalan malaikatKu di depanmu, ...  (Kel 32:34)

*

Sebab malaikatKu akan berjalan di depanmu ...  (Kel 23:23)

*

"Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.  (Kel 23:20)

*

dan sebagai Malaikat yang telah melepaskan aku dari segala bahaya, Dialah kiranya yang memberkati orang-orang muda ini, ...  (Kej 48:16)

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.