Thursday, August 8, 2024

2408081. Apa saja yang "kauikat"('kaulepaskan') di dunia ini akan "terikat" ('terlepas') di surga.

Kalender Liturgi 08 Agt 2024
Kamis Pekan Biasa XVIII
PW S. Dominikus, Pendiri Ordo Pengkotbah, Imam
Warna Liturgi: Putih
Bacaan I: Yer 31:31-34
Mazmur Tanggapan: Mzm 51:12-13.14-15.18-19
Bait Pengantar Injil: Mat 16:18
Bacaan Injil: Mat 16:13-23
*

Apa saja yang "kauikat"(/'kaulepaskan') di dunia ini akan "terikat" (/'terlepas') di surga.
*

Pertanyaan yang dijawab dengan baik dan benar, akan membawa kepercayaan dan kekuasaan. Jawaban dari mulut yang jujur keluar dari hati beriman yang tulus dan murni.
*

Alkisah pada suatu ketika beginilah sabda Tuhan kepada nabi Yeremia,
"Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka,
dan menuliskannya dalam hati mereka.
Maka Aku akan menjadi Allah mereka,
dan mereka akan menjadi umat-Ku.
Dan tidak usah lagi
orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya
dengan mengatakan, "Kenallah Tuhan!"
Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku."
*

Alkisah sekali peristiwa Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi.
Yesus bertanya kepada murid-murid-Nya,
"Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
Jawab mereka, "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis; Elia,Yeremia
atau salah seorang dari para nabi."


"Tetapi apa katamu,  Aku ini?"
Maka jawab Simon Petrus,
"Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Kata Yesus kepadanya, "Berbahagialah engkau, Simon anak Yunus,
sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu,
melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
Dan Aku pun berkata kepadamu,
'Engkaulah Petrus,
dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku,
dan alam maut tidak akan menguasainya.
Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga.
Apa saja yang kauikat di dunia ini akan terikat di surga,
dan apa saja yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di surga."


Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya memberitahukan kepada siapa pun,
bahwa Dialah Mesias.
*

Ya Tuhan Allahku ...
Ciptakanlah hati murni dalam diriku.
Baharuilah semangat yang teguh dalam batinku.
Janganlah membuang aku dari hadapanMu.
Janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku.

Berilah aku sukacita karena keselamatanMu.
Teguhkanlah  roh yang rela dalam diriku.
Maka aku akan mengajarkan jalan-Mu.
Agar orang-orang durhaka dan berdosa berbalik kepadaMu.

Kurban sembelihan dan bakaran tidak disukai olehMu 
Jiwa yang hancur kupersembahkan kepadaMu.
Hati yang remuk redam tidak dipandang hina olehMu.
Ciptakanlah hati murni dalam diriku ya Tuhanku.

Amin 
*

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.