Sunday, May 21, 2017

Bacaan Liturgi & RenHar. 21 Mei 2017 Minggu Paskah VI.

Jikalau kamu mengasihi Aku,
kamu menuruti segala perintah-Ku.
Bapa akan memberikan kepadamu 

Roh Kebenaran menyertai kamu.


Dunia tidak menerima Dia,
 dunia tidak melihat Dia

 dan tidak mengenal Dia.
Tetapi kamu mengenal Dia


Aku tidak meninggalkan kamu

 sebagai orang yatim piatu.
Aku akan datang kembali kepadamu.
Sesaat dunia tidak melihat Aku. 

 
Saatnya kamu akan tahu
 Aku ada di dalam Bapa-Ku,
 Kamu ada di dalam Aku,
 Aku ada di dalam kamu.

Barangsiapa memegang & melakukan perintah-Ku

 dialah yang mengasihi Aku. 

Dan barangsiapa mengasihi Aku,
ia dikasihi Bapa-Ku dan Aku 

#


Bacaan Liturgi 21 Mei 2017

Minggu Paskah VI


Bacaan Pertama
Kis 8:5-8.14-17
Kedua rasul itu menumpangkan tangan di atas mereka,
lalu mereka menerima Roh Kudus.


Pembacaan dari Kisah Para Rasul:

Waktu terjadi penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem,
Filipus pergi ke suatu kota di Samaria
dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus
dan melihat tanda-tanda yang diadakannya,
mereka semua menerima apa yang diberitakannya itu
dengan bulat hati.
Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat
keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras,
dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.
Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.

Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar
bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah,
mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke sana.
Setibanya di sana kedua rasul itu berdoa,
supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
Sebab Roh Kudus belum turun atas seorang pun di antara mereka,
karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

Kemudian Petrus dan Yohanes menumpangkan tangan
di atas orang-orang yang percaya itu,
dan mereka menerima Roh Kudus.

Demikianlah sabda Tuhan.

Mazmur
Mzm 66:1-3a.4-5.6-7a.16.20
R:1
Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi.


*Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi,
mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya,
muliakanlah Dia dengan puji-pujian!
Katakanlah kepada Allah,
"Betapa dahsyat segala pekerjaan-Mu."

*Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu,
dan bermazmur bagi-Mu,
seluruh bumi memazmurkan nama-Mu."
Pergilah dan lihatlah karya-karya Allah;
Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia.

*Ia mengubah laut menjadi tanah kering,
dan orang berjalan kaki menyeberang sungai.
Oleh sebab itu kita bersukacita karena Dia,
yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya.

*Marilah, dengarlah, hai kamu sekalian yang takwa pada Allah,
aku hendak menceritakan apa yang dilakukan-Nya terhadapku.
Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku,
dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.

Bacaan Kedua
1Ptr 3:15-18
Yesus telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia,
tetapi dibangkitkan menurut Roh.


Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus:

Saudara-saudara terkasih,
kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan!
bersiap sedialah setiap saat
untuk memberi pertanggungjawaban
kepada tiap-tiap orang
yang meminta dari kamu
tentang pengharapan yang ada padamu.
Tetapi semua itu haruslah kamu lakukan
dengan lemah lembut dan hormat,
dan dengan hati nurani yang murni,
supaya, karena hidupmu yang saleh dalam Kristus,
mereka yang memfitnah kamu
menjadi malu karena fitnahan mereka itu.
Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik,
jika hal itu dikehendaki Allah,
daripada menderita karena berbuat jahat.
Sebab Kristus pun telah mati satu kali untuk segala dosa kita.
Ia yang benar telah mati untuk orang-orang yang tidak benar,
supaya Ia membawa kita kepada Allah;
Ia telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia,
tetapi dibangkitkan menurut Roh.

Demikianlah sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil
Yoh 14:23
Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku.
Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.


Bacaan Injil
Yoh 14:15-21
Aku akan minta kepada Bapa,
dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Pada perjamuan malam terakhir
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,
"Jikalau kamu mengasihi Aku,
kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
Aku akan minta kepada Bapa,
dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain,
yaitu Roh Kebenaran,
supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
Dunia tidak dapat menerima Dia,
sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia.
Tetapi kamu mengenal Dia,
sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu.
Aku akan datang kembali kepadamu.
Tinggal sesaat lagi,
dan dunia tidak akan melihat Aku lagi.
Tetapi kamu melihat Aku,
sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.
Pada waktu itulah kamu akan tahu
bahwa Aku ada di dalam Bapa-Ku,
bahwa kamu ada di dalam Aku,
dan Aku ada di dalam kamu.

Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya,
dialah yang mengasihi Aku.
Dan barangsiapa mengasihi Aku,
ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku,
dan Aku pun akan mengasihi dia,
dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 

Demikianlah Injil Tuhan.


#

Mutiara Iman
*ROH KEBENARAN*

21 Mei 2017


_"Yaitu Roh Kebenaran.."_
(Yoh 14:17)


Lectio
Kis 8:5-8, 14-17; Mzm 66:1-3a, 4-5,6-7a, 16,20; 1Ptr 3:15-18; Yoh 14:15-21

Ketika sedang dalam perjalanan, Edi melihat beberapa orang berpakaian merah membagikan makanan kepada para pengemis di jalanan. Kemudian Edi berkata kepada Maria asistennya :
"Saya ingin sekali menjadi bagian dari kelompok seperti mereka yang mengasihi sesamanya. Kalau Pak J selalu percaya bahwa mereka adalah pemalas, oleh karenanya miskin."


"Oh, Pak Edi boleh ikut. Minggu ini PD kami akan melayani ke penjara dan kita akan mengadakan misa, memberikan makanan, pakaian dan sandal." kata Maria.


Maka Edi pun ikut pelayanan di hari Minggu dan ia begitu bersuka cita mengikuti misa bersama, membagi iman dan berkat.

 Di akhir acara Edi berkata kepada Romo Romanus dan Maria :
"Terima kasih Romo dan Maria yang telah mengijinkan saya ikut melayani dan menjadi bagian dalam KASIH KRISTUS."


Lalu Romo menjawab :
"Pak Edi, Roh Kudus lah yang mendorong Bapak mau berbuat kasih, sehingga kita bisa meneladani Kasih yang YESUS telah AJARKAN dan LAKUKAN."

Yesus berkata :
"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran."

Dalam Roh Kebenaran, kita bisa melihat Putera di dalam Bapa dan kita di dalam Putera.

Oratio
Datanglah Ya Roh Kudus, penuhilah hati umat-Mu. Amin. 

Missio
_Marilah kita selalu meminta Roh Kudus hadir di dalam diri kita, sehingga bisa mengasihi Tuhan dan sesama._

*Have a Blessed Sixth Sunday of Easter.*

Mutiara-Iman.org

#


"PENDERITAAN"

Bacaan Liturgi 21 Mei 2017

Minggu Paskah VI

Bacaan Pertama
Kis 8:5-8.14-17 Mazmur 66:1-3a.4-5.6-7a.16.20 1Pet 3:15-18
Yoh 14:15-21.

Petrus berkata: "Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat."

Betapa menghibur, melegakan, menyejukkan hati kata-kata Rasul Petrus ini. Betapa tidak! Kata-kata ini memberi pencerahan bahwa tidak setiap tantangan, kesulitan, pergumulan, penderitaan yang kerap kita alami dalam hidup ini tidak bermakna luhur. Ia menjawab aneka pertanyaan yang kerap muncul dalam hati kita. 


Mengapa ketika kita berusaha menghidupi suatu kebenaran, kita kerap banyak menderita; ketika berlaku jujur, kita kerap dicap sok suci dan disingkirkan; Ketika kita menawarkan madu dan susu kerap disambut dengan racun tuba? 


Petrus berkata:"Sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia" (ay 14), dan lebih baik menderita karena berbuat baik , jika hal itu dikehendaki Allah, dari pada menderita karena berbuat jahat (ay 17). Adakah kita menderita karena berbuat baik, karena Injil, karena iman kita akan Yesus? Bersyukurlah pada Tuhan, sebab Yesus sendiri bersabda: "Berbahagialah kamu jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga." (Mat 5:11-12).

Tuhan Yesus, aku tidak memohon agar Engkau mengelakkan aku dari derita tetapi memohon agar Engkau berkenan memberi aku kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi derita hidup ini. Amin.
Salam Maria 3x.
Met Hari Tuhan.


No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.