Monday, October 24, 2016

RenHar. Senin, 24 Oktober 2016. Lakukanlah dengan Hati.

BERI aku hati yang kokoh
  untuk menanggung bebanku sendiri.

Beri aku hati yang rela
  untuk menanggung beban sesama.

Beri aku hati yang percaya
  untuk mempersembahkan semua beban kepada-Mu, ya Tuhan.

*John Baillie*


*


🌿🌷   ...   ..   .   .

*Sabda Hidup:*
*Senin, 24 Oktober 2016*

By Romo Noegroho Agoeng Sri Widodo Pr

Antonius Maria Claret

warna liturgi Hijau

*Bacaan:*

Ef. 4:32-5:8; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 13:10-17. BcO Keb. 1:16-2:24

Bacaan Injil: _Luk. 13:10-17._

*10* Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. 

*11* Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berfiri lagi dengan tegak. 

*12* Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: _"Hai ibu, penyakitmu telah sembuh."_  

*13* Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah. 

*14* Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat." 

*15* Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: _"Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman? 

*16* Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?"_ 

*17* Dan waktu Ia berkata demikian, semua lawan-Nya merasa malu dan semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan-Nya.

*Renungan:*

DALAM suatu acara Jathilan (kuda lumping) ada pemain yang katanya kerasukan. Gerakannya menjadi tidak beraturan. Suaranyapun menjadi tidak jelas. Setelah sekian lama, pawang di pentas itu pun mengobati dia. Setelah diobati orang tersebut sadar kembali. Suaranya sudah kembali ke aslinya. Badannya tampak lelah. Walau hanya beberapa saat ia sudah tampak lelah sekali.

Perempuan dalam Injil Luk. 13:10-17 dikisahkan delapan belas tahun dirasuki roh jahat. Ia pun sampai bungkuk dan tidak bisa berdiri tegak. Pasti berat beban yang mengikat perempuan tersebut. Melihatnya Yesus tergerak untuk melepaskan ikatan itu. Ia mau melepaskan beban yang telah mengikat perempuan tersebut selama 18 tahun.

Kiranya ada banyak orang yang terikat oleh beban hidup mereka. Ada yang terikat oleh beban kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Mungkin kita sendiri pun mempunyai ikatan beban sendiri. Marilah kita bahu membahu melepaskan ikatan beban tersebut. Kita datang ke hadapan Tuhan dan memohon kepadaNya untuk melepaskannya. Tuhan tidak akan tinggal diam.

*Kontemplasi:*

Bayangkan beban yang kaumiliki dan masih mengikat dirimu. Hadirlah di hadapan Tuhan dan mohon kepada-Nya untuk melepasnya.

*Refleksi:*

Apa yang perlu kita lakukan untuk melepas ikatan beban hidup kita?

*Doa:*

Tuhan sudilah Engkau melepaskanku dari ikatan-ikatan beban hidupku. Semoga aku pun sanggup mengurai beban hidup sesamaku. Amin.

*Perutusan:*

Aku akan datang kepada Tuhan untuk mengurai ikatan-ikatan beban hidupku.  ~  -nasp-

*

🌿🌷   ...   ..   .   .

*Fresh Juice Senin 24 Oktober 2016*
Renungan Harian Audio Katolik


Luk. 13: 10-17.
Tema : Memberi perhatian dan peka terhadap sesama
Pembawa Renungan : Tina Bone Herman
Denpasar - Bali


Untuk mendengarkan file MP3 hari ini bisa di dengarkan / di download di :

http://bit.ly/FJ241016

_Salam Fresh Juice_

*

🌿🌷   ...   ..   .   .

*Mutiara Iman*

*BERDIRI DAN MEMULIAKAN ALLAH*

*24 Oktober 2016*

_"Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah"_ 

(Luk 13:13)

*Lectio:*
Ef 4:42-5:8; Mzm 1:1-2,3,4,6; Luk 13:10-17.

Awalnya Cindy hanya mengantar Lanny temannya untuk mengikuti retreat. Karena perjalanan ke puncak sangat macet, akhirnya Cindy pun ikut sambil berkata :
"Gua diam aja ya, sebab gua tidak "in" dengan yang seperti beginian." 


Pada malam hari di hari pertama, Cindy sakit perutnya, lalu seorang Pastor berkata :
"Coba Lanny tumpangkan tanganmu di perut Cindy dan berdoalah bagi temanmu yang sedang kesakitan itu dan percayalah!" 


Melihat Cindy kesakitan, maka Lanny pun mengikuti apa yang dikatakan Pastor itu, sambil menundukkan wajahnya dengan menangis ia berkata :
"Tuhan Yesus sembuhkanlah Cindy! Ia ingin mengalami Engkau." 


Beberapa menit kemudian, Cindy bangun, memeluk Lanny dan berkata :
"Terima kasih Yesus, Engkau telah menyembuhkanku lewat Lanny, sahabatku!" 


Sejak saat itu, Cindy menjadi aktif melayani OMK di parokinya.

Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.

*Ketika mukjizat terjadi, bangkit dan muliakanlah Allah!*

*Oratio*
Ya Tuhanku dan Allahku. Amin.

*Missio*
Marilah kita melakukan karya kerahiman dengan selalu memuji Allah karena segala berkat dan anugerah-Nya setiap saat.


_Have a Blessed Monday._

*

"PELAYANAN."

Senin 24 Okt. Dalam Pekan Biasa XXX. Injil Lukas  13:12b, menulis.

Yesus berkata: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh."

Satu minggu ada tujuh hari. Bagi umat Kristiani, hari minggu dipilih untuk memuliakam Tuhan. Jika hari Minggu ada acara yang tidak bisa ditinggalkan, Gereja memberi kesempatan umat untuk ikut Perayaan Ekaristi hari sabtu sore. Begitu luwesnya Gereja menanggapi perkembangan zaman.  


Injil hari ini membuka mata kita semua bahwa yang namanya pelayanan ternyata tidak mengenal hari libur. Sebagai murid Yesus kitapun akan meneladaniNya. Jika kita sudah komitmen jadi pelayanNya, maka kita tidak akan mengelak menerima tugas-tugas pelayanan yang sudah menjadi tanggung jawab kita.

Tuhan Yesus, pelayan umat yang setia. BagiMu tiada  hari libur untuk melayani umatMu. Umat yang datang selalu Engkau layani sepenuh hati. Ajarilah aku agar bisa meniru pelayananMu. Amin.


Met Hari Senin.

Bacaan: Ef 4:32-5:8. Mzm1:1-6. Lukas 13:10-17.

*


Monday, 24th OCTOBER.
St Anthony Mary Claret.

Luke 13:10-17

Now he was teaching in one of the synagogues on the sabbath. And there was a woman who had had a spirit of infirmity for eighteen years; she was bent over and could not fully straighten herself. 


And when Jesus saw her, he called her and said to her, "Woman, you are freed from your infirmity." And he laid his hands upon her, and immediately she was made straight.

For eighteen years that lady couldn't fully straighten herself; she couldn't look up to Heaven or the beauty of the landscape; she could only see the ground and her own feet. She couldn't look at people's faces... only at their feet. Eighteen years of misery. Until Jesus laid His Hands upon her and changed her life. 


How many people walk around the world like that: just looking down at the earth and never up to Heaven. That is what sin does. If we don't go to confession we have to carry our sins on our shoulders. And sin weighs us down like a heavy burden bending our back over and preventing us from looking up.

The sacrament of confession frees us from that burden and allows us to look up, filling us with real joy. 

What joy the lady in today's Gospel experienced when she found herself released from suffering after 18 years! 

A simple touch of Jesus made the change. 

A simple absolution from the priest is enough to make that change no matter how long the problem has been going on. 

What a joy to be forgiven! 

And how that joy attracts other souls to go to confession!

A lady once went into the confessional and started making her confession when, after a few minutes, she realised... that there was no priest on the other side of the grille! When she saw that she was talking alone, she had a fit of laughter and left the confessional planning to come another time. When the following day she went back to the church, another lady stopped her and said: -'I need to thank you. Today I went to confession for the first time in a long time. I couldn't bring myself to do it... but yesterday I saw you coming out of the confessional so happy, so cheerful that I decided to come to confession as well!' Luckily she didn't know the whole story.

Holy Mary, Mother of Mercy, with your intercession, may many sinners be able to experience the joy of God's Mercy.


*


No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.