Friday, August 28, 2015

Lima Renhar Jumat PW.St.Agustinus Uskup dan Pujangga Gereja  28Agustus15 .

RenHar :

Rm.Antara.KAJ 

Jumat PW.St.Agustinus Uskup dan Pujangga Gereja

 28Agustus15

Silahkan download, pilih salah 1 dari link di bawah ini:

  - Link 1 :  https://drive.bitcasa.com/send/PM4NEFgAlaHTMr44euxnJvyFc9wKs_q6GvXQig6Bwqmp

  - Link 2 :  https://app.box.com/s/pjuljo4poy09d1ito76rsu4od3glevkw

  - Link 3 : http://ptkumala.com/Rm.Antara.KAJ%20Jumat%20PW.St.Agustinus%20Uskup%20dan%20Pujangga%20Gereja%2028Agustus15.amr

- Link 4 :  http://1drv.ms/1hh0XAw

  - Link 5 :  https://drive.google.com/file/d/0B53xUmle8cJDejMtLTRyVXdVYTA/view?usp=docslist_api


***


Mutiara Iman

BERJAGA-JAGALAH!
28 Agustus 2015

"Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya" (Mat 25:13)

Lectio:
1 Tes 4:1-8; Mzm 97:1-2b,5-6,10,11-12; Mat 25:1-13


Di suatu Sabtu sore, Paul sedang mempersiapkan diri untuk pergi ke Gereja ketika Audi, teman kosnya memghampirinya dan berkata : 
"Paul kita jalan-jalan dan ke Disko yuk!" 
Paul menolak dan berkata: 
"Sorry Di, aku harus ngajar di Bina Iman."
"Wah kamu muda-muda sudah aktif. Nikmati hiduplah bro!" kata Audi. 


Malam harinya, ketika sedang makan malam bersama keluarga salah 1 murid Bina Iman'nya, Paul menerima sms bahwa Audi mengalami kecelakaan motor. Lalu Paul pun segera pergi menuju ke Rumah Sakit, menemui Audi yang sedang terbaring dan berkata 
"Paul, kamu benar! Tuhan telah menghukumku dengan musibah ini!"


Tetapi Paul menjawab : 
"Tuhan bukan menghukum kau Di, tetapi memberikan kesempatan padamu supaya kamu mau menjadi murid-Nya."

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya : Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.

Saat yang tepat untuk berjaga-jaga adalah sekarang!

Oratio:
Ya Tuhan, dampingilah selalu kami dengan kasih setia-Mu. Amin

Missio:
Marilah kita menjalani hidup kita dengan pertobatan, kasih dan kesetiaan setiap saat.


Have a Blessed Friday.


!**


SabdaNya Jum'at 27-08-15

1 Tes 4:1-8.      

Mat 25:1-13

Shalom,
10 gadis dg pnh semangat bersiap menantikan kehadiran mempelai laki2. Yg 5 ber jaga2 akan kemungkinan terlambatnya kedatangan mempelai pria shg membawa minyak cadangan, ttp yg 5 lg tdk mau repot, tdk mau dibebanni dg membawa minyak cadangan.Akibatnya ketika mempelai laki2 ternyata dtg terlambat, ke 5 gadis yg tdk membawa minyak cadangan tdk dpt lg mempertahankan nyala pelita yg dibawanya.

Sbg pengikut2 Kristus, kita tahu bhw rmh kita yg sesungguhnya bknlah didunia ini ttp dialam keabadian. Paulus bbrpkali menyebut kehidupan didunia spt org yg sedang ber kemah : menetap sementara untk kmdn pindah lg.
Dg kata lain,kehidupan didunia ini adlh masa untk menantikan Kristus menjemput kita untk  pindah kealam yg lain.Kita tdk pernah tahu kapan saat kedatanganNya, shg kita perlu untk memiliki minyak cadangan yaitu kesetiaan.

Kepd umat di Tesalonika, Paulus mengingatkan agar dlm kehidupan se hari2, mrk hrs tetap menjaga diri untk terus hdp dlm kekudusan,tdk patah oleh godaan kenikmatan tubuh yg sesat n sll menjaga kejujuran /tdk berbuat curang kepd sesama, terutama kepd org2 terdekat kita.
Kesetiaan untk mempraktekkan ajaran n teladan kasih Kristus dlm kehidupan / aktivitas se hari2 inilah minyak cadangan yg hrs terus kita perhatikan krn kesetiaan tdk mgkn dpt diperoleh dlm sekejap wkt saja.

Ke 10 gadis yg awalnya pnh semangat menanti, ketika mempelai yg di nanti2 blm jg hadir, akhirnya terlelap ketika malam tiba n semua menjadi gelap shg tdk dpt bnyk beraktifitas lg.
Didlm kehdpan se hari2 ada saatnya kitapun hrs masuk kedlm kegelapan, kedlm masa2 yg sulit yg tdk menentu dimana tdk bnyk hal yg dpt kita lakukan, selain berharap pertolongan Tuhan. Persoalannya adlh  pertolongan Tuhan tdk selamanya dtg spt yg kita harapkan, baik wkt maupun caranya.
Dlm situasi spt ini kesetiaan n kepercayaan kepd Tuhan menjadi sesuatu yg sngt menentukan. Kesetiaan disaat kita  tdk mengerti kehendakNya, adlh ujian yg menentukan apkh kita layak untk msk kedlm kebahagiaan abadi bersama Kristus,

Kristus mengingatkan kita untk memiliki minyak cadangan dlm menantikan kedatanganNya kembali.
Paulus mengajak kita untk konsisten hdp mengikuti ajaran Kristus dlm sgl aktivitas kehidupan krn hanya dg dmkn kita terus memupuk kepercayaan n kesetiaan kepd Allah.
Smg dg terus bertekun didlm doa n merenungkan Firman,kitapun mendpt kekuatan untk hdp dlm kekudusan n kejujuran, shg dlm situasi kehidupan yg bgmnpun, kita tetap setia kepdNya.
Dlm masyarakat saat ini yg selalu ter gesa2 dlm sgl sesuatu, berdoa n merenungkan Firman srg terasa merepotkan. Ttp mari kita ingat, gadis2 yg mau direpotkan dg membawa minyak cadangan yg akhirnya dpt ikut bergembira dlm perjamuan nikah bersama mempelai pria yg di nanti2kan.


Gbu all n hv a blessed Friday.


***


Jumat, 28 Agustus 2015 

Peringatan Wajib St. Agustinus, Uskup dan Pujangga Gereja 

   "… Allah Bapa dan Putra dan Roh Kudus adalah kesatuan ilahi yang erat, yang adalah satu dan sama esensinya, di dalam kesamaan yang tidak dapat diceraikan, sehingga mereka bukan tiga Tuhan, melainkan satu Tuhan: meskipun Allah Bapa telah melahirkan Putra, dan Putra lahir dari Allah Bapa, Ia yang adalah Putra, bukanlah Bapa, dan Roh Kudus bukanlah Bapa ataupun Putra, namun Roh Bapa dan Roh Putra; dan Ia sama (co-equal) dengan Bapa dan Putra, membentuk kesatuan Tritunggal. " (St. Thomas Aquinas)             

Doa Pagi
Allah Bapa, cahaya kebenaran, baruilah kiranya di dalam Gereja-Mu semangat yang Kaucurahkan dalam diri Santo Agustinus. Semoga kami merindukan Dikau, sumber kebijaksanaan sejati dan mencari Engkau, asal segala cinta ilahi. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
Amin.     


Ziarah Batin 2015,

 Renungan dan Catatan Harian 

1 Tesalonika 4:1-8  
Mzm 97:1.2b.5-6.10.11-12
Matius 25:1-13    

Renungan

Banyak orang berpikir bahwa menjadi kudus itu sulit, atau kekudusan itu milik rohaniwan/rohaniwati saja. Padahal, semua orang dipanggil Tuhan menjadi kudus. Jadi, awam pun dipanggil Tuhan menjadi kudus, sekalipun hidup dalam keluarga dan melakukan pekerjaan duniawi.  

Kita bisa belajar hal ini dari sosok St. Agustinus yang kita rayakan pestanya hari ini. Agustinus dulunya dikenal sebagai anak yang menyusahkan orangtuanya, mengikuti ajaran sesat, hidup moralnya bejat, bergelimang dosa, namun berkat doa dan ketekunan St. Monika, ibunya, Agustinus dijamah Tuhan. Tuhan membelokkan arah hidupnya, menggerakkan hatinya untuk mengenal Allah yang benar,  dan mengantarnya menjadi seorang Uskup terkenal dan kudus.

Dalam bacaan pertama, St. Paulus menasihati kita semua untuk menjadi kudus. Panggilan ini dimulai dengan menjauhi dosa: dosa seksual, hawa nafsu dan tipu-menipu. Dosa bisa dihindari dengan hidup bijaksana.


 Kisah Injil hari ini tentang 5 gadis bijaksana dan 5 gadis bodoh, tidak hanya menyatakan kepada kita bahwa ada orang bijaksana dan bodoh, tetapi sebetulnya menyatakan kebijaksanaan dan kebodohan itu juga ada dalam diri setiap orang. Kita perlu berdoa dan memohon rahmat Tuhan agar kita dapat membeda-bedakan roh, sehingga dapat hidup bijaksana, tahu mana yang benar, mana yang dikehendaki Allah, dan mana yang sempurna. Dengan demikian, kita dapat mempersembahkan tubuh kita utuh kepada Tuhan dengan tak bercacat, tak bernoda, tetapi dalam kekudusan. 

Ya Tuhan, semoga aku hidup bijaksana dan menjauhi hal-hal bodoh yang membuat aku dapat jatuh dalam dosa.
Amin. 


***


Renhar Jumat 28/8
I Tes 4:1-8
Mat 25:1-13.



Injil Matius hari ini mengenai gadis bijaksana dan gadis yang bodoh. Karena itu berjaga-jagalh, sebab kamu tidak tahu kapan waktunya akan tiba.


 Apakah kita termasuk orang yang bijaksana /orang yang bodoh. 


 Seringkali yang menganggap diri BIJAKSANA adalah yang bodoh , sedangkan yang dianggap BODOH  adalah yang bijaksana. 


Di tengah dunia saat ini, dimanakah kita bisa menempatkan diri di posisi yang tepat?


  Aku berkata kepadamu, sesungguhnya aku tidak mengenal kamu. Tuhan Yesus akan menilai , bagaimana RELASI kita dengan Tuhan?


Apakah kita MELAKUKAN apa yang Tuhan katakan?


 Kita harus BERJAGA JAGA , karena manusia sering kelelahan, dan ingin hidup senang dalam kenikmatan . 


Manusia berdosa selalu berusaha mendapatkan keinginannya,  tanpa perlu lelah , sehingga manusia seringkali jatuh dalam kebodohan. 


Apakah pilihan hidup kita , menjadi gadis BIJAKSANA atau gadis yang BODOH ? 


Selamat pagi .. 

Berkah Dalem...

<3 ⌣Jʧܧ♪ΒŁÊ§§♪Ů⌣


***

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.