Saturday, October 27, 2012

Renungan Sabtu. 27 Oktober 2012. Hikmah dari setiap peristiwa. Labu Kembar. MISTERI KEHIDUPAN KERETA API MALAM. The Miracle of Endorphin.

RenHar Sabtu, 27/10
Ef 4:7-16
Luk 13:1-9

Sabda hari ini Yesus menegaskan, tak benar apabila menilai bencana dikaitkan dengan dosa orang yg menjadi korban & bencana adalah hukuman Tuhan.
Kita diutus mengambil hikmah dari setiap peristiwa & mau bertobat demi hidup makin selaras dengan kehendak-Nya, al berbuat baik kepada sesama.
Pertobatan muncul dari sikap rendah hati yg disertai doa mohon bimbingan Roh Kudus ..

Selamat pagi ..
Selamat berakhir pekan ..
Berkah Dalem...
<3
⌣Jʧܧ♪ΒŁÊ§§♪Ů⌣☺
____________

Alkisah pada masa lampau di China, terdapat 2 orang kakak beradik yang berbeda ibu, ibu si kakak sudah lama meninggal. Kini dia tinggal bersama ayah, ibu tiri dan adik tirinya.
Mereka berdua sangat akrab, sang kakak sangat menyayangi adiknya dan si adik sangat menghormati kakaknya. Ibu mereka juga menyayangi mereka berdua.
Sang kakak menanam pohon labu dan dengan rajin memeliharanya hingga tumbuh besar. Ketika pohon labu berbuah sang kakak menyadari kalau ada buah labu kembar yang berdampingan.

Suatu hari mereka mendengar kabar bahwa raja negeri mereka sedang sakit parah, tabib istana mengatakan bahwa labu kembar dapat menyembuhkan penyakit raja.
Maka diadakanlah sayembara, barangsiapa yang memiliki labu kembar akan mendapatkan satu peti emas.

Sang kakak sangat senang mendengarnya, dia segera memberitahu kepada keluarganya.

Pada hari keberangkatan sang kakak ke ibukota, sang ibu memanggil si adik kedalam dapur. Kemudian sang ibu memberi 2 buah kue kepadanya dan berkata, "Ada 2 buah kue, yang satu polos dan satunya lagi bergambar bunga. Berilah kakakmu kue yang bergambar bunga, sebab ibu telah memberi racun didalamnya."

"Kenapa ibu ingin membunuh kakak? Bukankah ibu juga menyayangi kakak?" tanya si adik keheranan,

"Ibu memang menyayanginya, tetapi kamu adalah anakku dan aku tidak rela bila kakakmu mendapatkan emas itu, maka biarlah dia memakan kue beracun ini"

Kemudian si adik membawa kue itu ke kakaknya. Sang kakak yang dari tadi mencari adiknya senang melihat adiknya, dipeluknya dan kemudian berkata, "Adikku, tunggu kakak ya, kakak berjanji akan segera pulang, kakak akan membeli banyak oleh- oleh untukmu dari kota dan hadiah uang emasnya untuk kita bersama!"

Sang adik terdiam, kemudian berkata kepada kakaknya, "Kakak, ibu memberi kita berdua kue, makanlah...tapi aku ingin makan kue yang bergambar bunga."
Setelah itu si adik dengan lahap memakan kue beracun itu.
Setelah kepergian kakaknya, dia berkata kepada ibunya, "Ibu, kue beracun itu telah kumakan, kakak sangat baik kepadaku, mana mungkin aku tega membunuhnya. Setelah aku mati, sayangilah dia seperti ibu menyayangiku..."

Ibunya yang mendengarnya kemudian memeluknya "Anak bodoh, tidak ada racun sama sekali di kue bergambar bunga itu. Ibu hanya menguji rasa sayangmu kepada kakakmu, ibu kuatir kamu menjadi iri dengan kemujuran kakakmu..."
_____________

 Ketika Hannah berusia 14 tahun, berkendara dengan orangtuanya menjadi pengalaman yang mengubah hidupnya.
Di satu sisi jalan Hannah melihat seorang pria tunawisma dengan tanda meminta makanan, di sisi lain jalan seorang pria kaya mengendarai Mercedes.

Hannah tergerak oleh kesenjangan yang ada dan percaya bahwa keluarganya bisa melakukan sesuatu untuk membuat perbedaan di dunia ini. Keluarga itu sudah aktif dalam berbagai komunitas dan organisasi nirlaba.

Tapi, ketika dia meminta orangtuanya untuk menjual rumah keluarga dan menyumbangkan sebagian uangnya untuk amal, mereka tidak begitu yakin.
Remaja ini bertekad agar keluarganya membagi sebagian kekayaan mereka untuk meningkatkan kehidupan orang lain.

Dia berargumen bahwa 604 meter persegi rumah mereka terlalu besar untuk keluarga mereka yang terdiri atas empat orang. Tahun berikutnya, bersama dengan kakaknya, keluarga mendiskusikan ide Hannah dan ditimbang-timbang pilihan mereka.

Pada akhrnya, keluarga memutuskan untuk menurunkan ukuran. Mereka menjual rumah mereka dan pindah ke rumah yang lebih kecil.

Mereka menyumbangkan setengah uang dari penjualan rumah mereka untuk sebuah organisasi yang membantu desa-desa di negara berkembang menjadi mandiri.
Selama beberapa tahun ke depan, kontribusi amal mereka membantu untuk membangun pabrik dan pusat-pusat infrastruktur untuk sekitar 40 desa.

Bagi Hannah, salah satu bagian terbaik dari upaya kedermawanan keluarganya adalah kesempatan melakukan perjalanan ke beberapa daerah tempat sumbangan mereka dipergunakan.
Ia melihat, orang-orang dari desa-desa terpencil memiliki rumah kecil tetapi sangat bahagia. Ini kontras dengan orang-orang yang lebih makmur yang dia tahu ketika kembali ke rumahnya tampak selalu tidak bahagia.

Rencana Hannah kembali mendapat manfaat tambahan.
Ini membawa keluarga mereka semakin dekat dan membuat mereka menyadari, hal yang paling penting dalam hidup bukanlah 'sesuatu', tetapi cinta, kepercayaan, rasa hormat, dan kebersamaan sebagai bagian dari keluarga.
[Yanti Ng / Jakarta]
Sumber: Smart-life
_____________

== MISTERI KEHIDUPAN KERETA API MALAM ==
Sebuah kereta api melaju di tengah musim salju yg dingin. Saat berhenti sejenak, seorg bapak iseng keluar dr pintu kereta api.
Namun, tanpa disangka ada angin yg meniup topinya sehingga topinya terjatuh jauh dr kereta. Dengan sigap, ia pun berlari mengejar.
Akhirnya, berhasil jg ia memungut topinya.

Namun, tiba2 mesin kereta berbunyi & mulai bergerak. Dgn susah payah, ia berusaha berteriak & berlari. Namun, salju yg tebal membuatnya tdk bisa berlari kencang.
Akhirnya, ia pun ditinggal oleh kereta sendirian.
Dgn mengeluh soal nasibnya yang sial, ia trs memaki bahkan hingga menangis. Meratapi nasibnya yg malang. Ia sdh ditinggal kereta, kopernya jg hilang. Betul-betul kesal, jengkel & marah.

Setelah berjalan berjam-jam, akhirnya ia pun tiba di salah satu rumah penduduk & dia menumpang nginap di sana.

Keesokan harinya, ia mendengar berita sebuah kereta api malam tergelincir ke jurang yg dlm & bersalju, lalu dikabarkan bhw semua penumpang di kereta itu tewas ...
Eh tdk semuanya tewas. Karena ia masih hidup. Ia termasuk yg selamat!

Entah itu termasuk sbg Keajaiban atau Anugrah, terserah bgm anda menilainya.

Kadang Masalah/ Kesulitan atau Petaka bisa terjadi dlm kehidupan kita.
Ada yg sepenuhnya krn kesalahan & keteledoran kita.
Namun, ada yg terjadi krn ada sebuah proses pembelajaran & hikmat yg justru membuat kita memperoleh sesuatu yg berharga setelah melewatinya.

Karena itulah, jgn mudah mengeluh, komplain, marah, kesel & jengkel dahulu dgn apa yg terjadi sebelum kita tahu apa makna di balik masalah & kesulitan itu yg mungkin baru kita pahami setelah melewati waktu yg cukup lama ...

"Ketika CELAKA terjadi dalam hidup ini. Mungkin saja ada MISTERI yang tersembunyi buat saya & anda!"

Jalan kehidupan ini seringkali sulit dimengerti oleh akal kita ...
Tetapi percayalah, semua itu akan indah pada waktunya ...
Amen.
______________

The Miracle of Endorphin
Dalam kehidupan ini,
Kita seringkali akan terluka oleh orang lain,
kadang-kadang sengaja, kadang-kadang tidak sengaja.
Bagaimana kita mengatasi rasa sakit hati, akan menentukan kebahagiaan dalam hidup kita sendiri.
Bila kita memendam rasa sakit hati dalam hidup kita & terus menyimpannya, ini disebut dendam & kebencian.
Jika seseorang menyakiti kita di tahun2 yang lalu & kita masih menyimpan dendam, itu akan meracuni pikiran & mempengaruhi perjalanan hidup kita sendiri.
Untuk kesehatan & kebahagiaan kita sendiri, kita harus belajar untuk memaafkan & melepaskan 'rasa' sakit dan dendam itu.
Jika seseorang sedang marah, panik, cemas, takut, merasa tertekan, maka otaknya mengeluarkan NOR-adrenalin, hormon yg sangat beracun.
Di antara RACUN ALAMI,
hormon ini menempati urutan KEDUA setelah bisa ular.
Racun ini membuat fisik kita sakit-sakitan, cepat tua & cepat mati.
Jika seseorang mampu mengendalikan pikiran & perasaannya sehingga menghadapi segala sesuatu secara positif, maka otak akan mngeluarkan hormon BETA-endorfin.
Hormon kebahagiaan ini berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh,
menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas, meningkatkan semangat, daya tahan tubuh & kreativitas.
Karena itu bersikaplah positif jika ingin hidup bahagia, sehat & berumur panjang. Sikap positif akan terpancar dari senyum kita yg penuh keikhlasan.
Maafkanlah dg tulus ikhlas ucapan & prilaku orang yg menyakiti hati kita krn itu hanyalah masalah 'rasa', yg seharusnya mampu kita kendalikan.
----------------
Dikutip dari :
The miracle
of
Endorphin
~Dr Shigeo Haruyama
_____________

God Bless All of You.





























































No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.