Thursday, September 20, 2012

RENUNGAN KAMIS 20 September 2012.

Mutiara Iman
SEDIKIT KASIH, SEDIKIT DIAMPUNI
20 September 2012

"Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih"
(Luk 7:47)

Lectio:
1 Kor 15:1-11;
Mzm 118:1-2,16ab-17,28;
Luk 7:36-50

Ada seorang Pastor, yang hidupnya banyak melakukan amal kasih, tidak hanya dengan kotbah atau konseling, tetapi juga dengan terjun langsung ke lapangan, seperti mendatangi dan membantu para korban banjir dan bencana alam lainnya, ikut menyuapi orang tua di panti jompo, dan juga memeluk setiap orang setelah misa di penjara. Pastor itu sangat energik.

Suatu saat ada umat yang bertanya mengapa Pastor sedemikian mau untuk melayani umat dengan lebih nyata, kemudian ia menjawab: "Kehidupan lama saya banyak menyakiti hati Allah, dan saya ingin membalasnya dengan kasih yang lebih dari semua. Saya menganggap semua orang yang saya temui adalah Yesus, sehingga saya harus melayaninya dengan segenap kekuatan Allah dalam diri saya".
Dalam Injil hari ini, Yesus mengatakan bahwa Dosa perempuan itu yang banyak telah diampuni, karena ia telah berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.
Orang Farisi menjadi pengamat dan bukan pengamal kasih.
Perbuatan kasih kita digerakkan oleh iman kita akan Tuhan Yesus. Semakin kita ingin mengenal Yesus, semakin tinggi kita dituntut untuk mengamalkan kasih di dunia ini, kepada sesama terutama yang menderita dan berkekurangan.

Missio:
Marilah kita menjadi pelaku kasih dan bukan pengamat kasih.
Oratio:
Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. Amin.
(Mzm 118:1)
Have a Blessed Thursday.
______________

RenHar Kamis, 20/9
1Kor 15:1-11
Luk 7:36-50

Dengan selalu bersyukur, mau bertobat, rendah hati mengandalkan belas kasih-Nya yg diwujudkan dalam hidup se-hari2 & didukung sikap hidup bagai "gelas tidak penuh", menjadikan kita lebih bisa memahami daripada mengadili.
Hidup ini tidak hitam putih & selalu berubah krn kesadaran bahwa Allah selalu menyertai peziarahan hidup kita (dosanya yg banyak telah diampuni krn telah banyak berbuat kasih)..
Selamat pagi ..
Berkah Dalem...
<3
⌣Jʧܧ♪ΒŁÊ§§♪Ů⌣☺
____________

DOSANYA YG BANYAK DIAMPUNI, JIKA SESEORANG BERBUAT BANYAK KASIH.
(Luk 7:36-50).
PW ST. ANDREAS KIM TAEGON,IMAM & PAULUS CHONG HASANG,DKK,MARTIR KOREA

Seorang wanita pendosa datang ke pada Yesus dlm kerendahan hati dan menangisi dosanya. Yesus berkenan mengampuni dosanya yg banyak.
Sebagai ungkapan terima kasihnya, perempuan itu melakukan perbuatan yg lebih dari batas sewajarnya dan paling penting. Ia membasahi kaki Yesus dgn air mata dan menyekanya dgn rambutnya, menciumi kaki Yesus dan kemudian meminyaki kaki Yesus dgn minyak wangi. Perbuatannya itu keluar dari hati yg terdalam sebagai tanda ucapan syukurnya atas pengampunan dosa yg telah ia terima. Kesadarannya membuat ia mengasihi Yesus lebih daripada yg dilakukan orang lain. Dlm pertobatanya justru ia menemukan iman akan Yesus. Imannya telah menyelamatkan dia.
YUK
KITA TANGISI DOSA-DOSA KITA DGN BERTEMU YESUS DI PAGI INI, NYATAKAN PENYESALAN SEJATI UNTUK BEROLEH KESELAMATAN. DAN DLM IMAN KITA MELAKUKAN KARYA PELAYANAN DGN PENUH IMAN DAN PERCAYA,
Gbu.
(C. Siu Tjen)
_____________

GEREJA KATOLIK
----------------------
Renungan Pagi:
"ANAK-KU, DOSAMU TELAH DIAMPUNI"
Kamis, 20 September 2012
Injil: Luk 7:36-50

Salah dan dosa telah membuat hati dan jiwa terpuruk, dan si pendosa merasa tak berarti di hadapan sesama dan terlebih di hadirat Tuhan. Dosa telah membuat jiwamu merana dalam dunia yang tak berujung dan tak bertepi. Akan tetapi, pagi ini, Tuhanmu mendatangi engkau dan membisikkan kepadamu sama seperti Sabda-Nya kepada wanita berdosa di rumah Simon;
"ANAKKU, DOSAMU TELAH DIAMPUNI."
Wow...bukankah ini Suara Bapamu? Kupercaya bahwa setiap telinga yang mendengarkan kata-kata pengampunan seperti ini pasti bergirang dan bersyukur tanpa hentinya. Kata-kata pengampunan-Nya membuatmu merasa bahwa Anda masih mempunyai tempat di ruang Hati Allah Bapamu, tapi lebih dari itu kata-kata pengampunan-Nya memulihkan martabatmu yang telah hancur tercemar oleh dosa-dosamu."
Engkau ingin mengalami apa yang kulukiskan dalam paragraf di atas? Anda ingin mendengarkan Suara Pengampunan Bapamu?
Kutegaskan kepadamu sebagai orang-orang Katolik bahwa hanya ada satu jalan untuk itu, yakni:
"LEWAT DAN DI DALAM KAMAR PENGAMPUNAN."
Tidak percaya?
Pergi dan lakukanlah, dan kemudian datanglah...ceritakanlah suasana hati dan jiwamu kepadaku sebagai saudaramu setelah Anda diampuni.
Menjelaskan tentang makna pengampunan dosa di kamar pengakuan, aku selalu suka mengulangi cerita dari Uskup Amerika yang terkenal itu, Mgr. Fulton Sheen;
"Suatu waktu seorang anak memecahkan gelas papanya...sadar bahwa papanya akan memarahinya karena hal itu, ia mendekati papanya yang sedang duduk membaca koran di sore hari yang indah. Anak itu tersungkur di hadapan papanya dan sambil menangis ia berkata;
"Pa...maafkanlah aku karena telah memecahkan gelas kesayangan papa."
Tanpa sepatah kata pun, papanya meneruskan membaca koran dan tidak menghiraukan anaknya.
Merasa sedih melihat sikap papanya, si anak menangis sambil berlari kepada ibunya yang sedang berada di dapur. Melihat sang anak yang menangis, si ibu bertanya;
"Nak, kenapa engkau menangis?
Dengan sedih sang anak menjawab: "Ma, aku telah memecahkan gelas kesayangan papa...aku telah pergi meminta maaf kepada papa, tapi papa hanya diam tanpa mengatakan sepata kata pun kepadaku sebagai ungkapan penerimaan akan kata maafku."

Para sahabatku, kalau engkau mengerti dan memahami akan cerita uskup Fulton Sheen di atas, maka aku sangat percaya bahwa engkau tidak akan menunda untuk menghampiri kamar pengakuan di hari ini.
Kuyakinkan engkau bahwa
"Allah, Bapamu sedang menantimu dengan senyum kasih-Nya di sana. Ia akan berlari mendapatimu bagaikan sang bapa dalam cerita anak yang hilang. Ia akan mencium dan memelukmu, karena sesungguhnya engkau telah hilang namun ditemukan kembali, engkau telah mati karena dosamu namun sekarang hidup kembali karena pengampunan Bapamu."
Dan sekali lagi, semuanya ini hanya Anda akan alami di dalam kamar pengakuan dosa.

Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabatnya,
***Duc in Altum***
_____________

KATOLIK INDONESIA
----------------------------
Kita telah menerima Sakramen Baptis, masuk dalam pelukan Gereja, serta menerima kehormatan disebut sebagai umat Kristiani. Tetapi, apa gunanya semua itu jika kita hanya Kristen dalam nama dan tidak dalam kenyataan?
~ St. Andreas Kim

Mungkin sudah banyak dari kita yang mendengar kisah para martir dari Jepang. Namun negara tetangganya, yakni Korea, ternyata pernah pula tanahnya disiram oleh darah para martir.
Hari ini, 20 September, Gereja merayakan Pesta Nama St. Andreas Kim Taegon, St. Paulus Chong Hasang, dan para martir Korea.
St. Andreas Kim Taegon adalah seorang imam dan St. Paulus Chong Hasang adalah seorang awam. Keduanya mewakili 113 umat Katolik di Korea yang menerima mahkota kemartiran karena iman mereka. Mereka dinyatakan kudus oleh Paus Beato Yohanes Paulus II pada tahun 1984.
Ajaran Kristen menyebar ke Korea pada abad ke-17 melalui pewartaan kaum awam. Umat yang percaya memilihara iman mereka dengan Sabda Tuhan. Mereka bertumbuh serta berkembang secara diam-diam. Kemudian imam-imam misionaris datang dari Perancis. Umat Korea diperkenalkan kepada Sakramen Gereja. Mereka kemudian mengalami penganiayaan dari pemerintah secara pasang surut sepanjang abad ke-19. Seratus tiga umat Katolik Korea dan 10 anggota Serikat Misi Asing dari Paris, yang terdiri dari tiga uskup dan tujuh imam, wafat sebagai martir antara tahun 1839 hingga tahun 1867.
St. Andreas Kim Taegon dan St. Paulus Chong Hasang mewakili kemuliaan serta keberanian umat Katolik di Korea yang telah membayar mahal cinta mereka kepada Kristus. St. Andreas Kim Taegon adalah imam pribumi pertama Korea. Ia wafat sebagai martir pada tanggal 16 September 1846, hanya satu tahun setelah ditahbiskan. Ayahnya telah mendahuluinya menjadi martir pada tahun 1821. St. Paulus Chong Hasang adalah seorang katekis awam yang pemberani. Ia wafat sebagai martir pada tanggal 22 September 1846. Sekarang Gereja berkembang pesat di Korea. Karunia iman diterima karena korban persembahan nyawa para martir telah menjadi pembuka jalan.
St. Andreas Kim Taegon, St. Paulus Chong Hasang, dan para martir Korea yang jaya, doakanlah kami.
_____________
BUNDA MARIA SANTA PERAWAN SUCI
---------------------------------------
2 Timotius 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Jika banyak orang menekan kehidupan kita untuk mengikuti kemauan jumlah yang lebih besar namun tak memberikan kekuatan dan kasih juga kedamaian.
Kuatkan iman kita, hanya kedamaian dan kasih yang merupakan sifat Allah yang DIA tunjukan oleh orang-orang yang dipilihNya, dan kita harus mampu untuk menunjukanNya kepada mereka, agar mereka percaya bahwa Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang, bukan yang lain. Amin
----------------
MARIO TEGUH
--------------------
Sahabat saya yang baik hatinya, selamat pagi dan salam super!

Dari ribuan kilometer di Italy ini, kami mendoakan agar Tuhan selalu menyertakan Anda di dalam golongan orang yang didahulukan kesehatan dan kebahagiaannya, dan tidak pernah tertinggal dalam pembagian rezeki yang baik dan penuh berkah.

Semoga Tuhan tidak menunda lebih lama lagi perkenalan Anda dengan belahan jiwa Anda, agar Anda dapat mengisi kehidupan ini dengan keindahan cinta dan kesetiaan kepada satu sama lain.

Semoga hari ini Tuhan menyampaikan rezeki yang besar, yang lancar, dan yang harum dengan keberkahan.

Aamiin

Mario Teguh – Loving you all as always
-----------

God Bless All of You.




























































No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.