Friday, April 6, 2012

Mutiara Iman. 6 April 2012. KETAATAN.

HARI JUMAT AGUNG
"Sudah selesai"
(Yoh 19:30)

Lectio:
Yes 52:13-53:12; Mzm 31:2,6,12-13,15-16,17,25; Ibr 4:14-16,5:7-9; Yoh 18:1-19:42


KETAATAN

Wajah-wajah Yudas, Petrus, Pilatus, Hanas, Kayafas, prajurit, Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi adalah wajah-wajah kita dalam hidup keseharian yang juga suka menyangkal Yesus, berkhianat, 'mencuci tangan' melepaskan tanggung-jawab, berkuasa untuk menindas yang lemah dan menyalahgunakan wewenang, yang menuruti segala perintah walaupun itu salah, yang merasa terusik dan tersaingi.

Namun ada wajah-wajah lain seperti Maria Bunda Yesus, Yohanes, Maria Isteri Kleopas, Maria Magdalena, Yusuf dari Arimatea dan Nikodemus yang setia mengikuti Jalan Salib Yesus sampai wafat.

Juga ada wajah Yesus yang taat dan mau menimun cawan yang diberikan Bapa kepada-Nya (Yoh 18:11), dan yang turut merasakan kelemahan-kelemahan kita (Ibr 4:15).

Dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, Ia menjadi pokok keselamatan yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya (Ibr 5:9).

Pada peringatan Jumat Agung ini, marilah kita merefleksikan seberapa jauh kita telah mengikuti wajah Yesus dan wajah Maria, Yohanes dan lainnya yang setia ikut Yesus?

Semoga ketaatan Yesus menjadi teladan bagi kita untuk tetap taat dan setia pada Jalan Salib-Nya.


Oratio:
Ya Tuhan Yesus, Engkau wafat untuk menebus dosa-dosa kita. Ampunilah kesalahan kami, dan kuatkan kami untuk mampu dan taat mengikuti-Mu. Amin

Missio:
Marilah kita menjadi taat kepada Yesus, karena Yesus sudah taat kepada Allah untuk keselamatan kita.

Have a Blessed Good Friday..

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.