Wednesday, February 29, 2012

Mutiara Iman. 29 Februari 2012. TANDA KESELAMATAN.

"..haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya" (Yun 3:8B)

Lectio:
Yun 3:1-10; Mzm 51:3-4,12-13,18-19; Luk 11;29-32

TANDA KESELAMATAN

Di suatu daerah di Afrika yang masih menyembah dewa-dewa, ritual penyembahan adalah yang paling diutamakan untuk keselamatan suku tersebut dari bencana alam, musuh, penyakit dsb.


Umumnya ada orang yang 'dituakan' yang memberikan arahan kapan ritual itu harus dilakukan, misalnya apabila dia "melihat" adanya tanda bahaya yang akan mendatangi daerah mereka.


Pernah suatu kali orang yang 'dituakan' meminta penduduk untuk membuat doa ritual tanpa henti selama 40 hari.


Maka penduduk segera menyimpan bahan makanan, yang hanya disiapkan untuk anak-anak mereka saja, sementara semua orang dewasa berpuasa dan berdoa agar mereka semua selamat.


Dalam Injil hari ini, banyak orang meminta 'tanda' kepada Yesus, padahal Ia sudah memberikan banyak mujizat kepada mereka seperti menyembuhkan orang sakit, orang buta bisa melihat, orang lumpuh bisa berjalan dsb. Yesus berharap mereka bisa bertobat dan berubah sikap seperti orang Niniwe yang bertobat setelah melihat tanda dari Yunus. (Bdk Luk 11:32).


Kita semua seringkali lebih banyak menuntut dan meminta 'tanda', padahal begitu banyaknya tanda yang sudah kita lihat dan alami sendiri. Sering mata kita tertutup oleh kedegilan hati dan keegoisan kita, sehingga kita tidak mampu melihat tanda keselamatan di sekitar kita.


Seperti sabda Tuhan mengatakan : "Bertobatlah, Kerajaan Allah sudah dekat!"


Itulah perubahan yang perlu kita lakukan di masa Prapaskah ini, untuk mau berbagi dengan sesama yang menderita. Pada saat itu kita telah melihat tanda tsb.


Oratio:
Ya Tuhan Yesus, terimalah pertobatan kami dan mohon kerahiman-Mu. Amin


Missio:
Marilah kita gunakan masa prapaskah untuk bertobat dan kembali ke jalan Tuhan.

Have a Blessed Wednesday!

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.