Saturday, January 28, 2012

Mutiara Iman. 28 Januari 2012: RE-TREAT

‎​Pw. St. Thomas dr Aquino, ImPujG

"Diam! Tenanglah!" (Mrk 4:39B)

Lectio:
2 Sam 12:1-7a,10-17; Mzm 51:12-13,14-15,16-17; Mrk 4:35-41

RE-TREAT

Di akhir pekan ini, ada baiknya kita merefleksikan kehidupan kita selama seminggu ini. Apakah ada kesalahan dan dosa yang kita lakukan? Mengapa kita terjatuh dalam dosa tersebut?
Apakah kita sudah sadar pada awalnya bahwa perbuatan yang kita lakukan salah dan kita masih melakukannya?

Adakah suara hati atau orang lain yang menegur atas kesalahan yang kita lakukan tersebut? Memang melakukan kesalahan bisa dilakukan hanya dalam satu tarikan nafas, tetapi rasa bersalah akan menghinggapi sampai beberapa lama.

Dalam bacaan hari ini, Daud yang ditegur Natan, merasa berdosa kepada TUHAN dan ingin TUHAN mengampuni kesalahannya dan mau melakukan hukuman-Nya dengan cara berpuasa. Dalam kejadian di perahu di Galilea, Yesus menegur para murid yang takut dan tidak percaya, padahal Yesus ada bersama mereka dalam perahu tersebut.

Memang kesibukan keseharian kerap kali membuat kita terjatuh dalam dosa baik disengaja atau tidak. Namun teguran yang kita peroleh akan membuat kita ingin kembali kepada Tuhan. Setiap dari kita memang memerlukan suatu Retreat pribadi setiap hari untuk bisa bertemu dengan Tuhan dalam keheningan, dalam kasih-Nya, seperti yang Yesus katakan: "Diam! Tenanglah!".

Oratio:
Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar.. (Mzm 51:3)

Missio:
Saya akan menerima teguran dari sesama atas kesalahanku sebagai awal pertobatanku.

Have a Blessed Saturday!

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.