Monday, May 6, 2024

2405061. Roh Kebenaran akan bersaksi tentang Aku.

Kalender Liturgi 06 Mei 2024
Senin Paskah VI

Warna Liturgi: Putih
Bacaan I: Kis 16:11-15
Mazmur Tanggapan: Mzm 149:1-2.3-4.5-6a.9b
Bait Pengantar Injil: Yoh 15:26b.27b
Bacaan Injil: Yoh 15:26-16:4a
*


Roh Kebenaran akan bersaksi tentang Aku.
*

Alkisah menurut Kisah Para Rasul, setelah Paulus mendapat pesan dari Surga
supaya menyeberang ke Makedonia, tibalah Paulus dan Silas di Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma. Pada hari Sabat Paulus dan Silas ke luar pintu gerbang kota dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, lalu duduk dan berbicara kepada perempuan-perempuan yang sedang berkumpul di situ. Salah seorang dari perempuan-perempuan yang mendengarkan adalah Lidia. Tuhan membuka hati Lidia, seorang penjual kain ungu (kain yang digunakan orang-orang kaya) dari kota Tiatira, seorang yang beribadah kepada Allah,
sehingga Lidia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus dan Lidia percaya lalu dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya. Bahkan Lidia yang kaya itu mendesak Paulus dan Silas untuk tinggal/ menumpang di rumahnya.
*

Alkisah menurut Injil Suci Yohanes, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya dalam amanat perpisahan-Nya (sesudah Yesus bangkit dan akan ke Sorga), "Jikalau Penghibur (Roh Kebenaran) yang akan Kuutus dari Bapa datang, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi,
karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku. Janganlah kecewa dan menolak Aku, saat kamu dikucilkan. Akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku."
*

Tidak kenal maka tidak sayang, adalah suatu ungkapan bahwa seringkali orang berpikir dan bertindak salah karena ketidaktahuannya. Saya pernah mengalami akibat ketidak tahuan tentang agama katolik maka menjadi salah tafsir (padahal dulu berpikir bahwa saya benar). Untunglah ada kesaksian hidup dari paus Yohanes Paulus II dan ibu Teresa serta para katekis/ pewarta, sehingga menggerakkan hati saya, keluarga dan banyak orang di lingkungan tempat tinggal saya yang menjadi katolik.
*


Ya Tuhan Allahku...
Kunyanyikan lagu baru bagiMu. 
Dalam Gereja aku memujiMu
Aku bersukacita atas Penciptaku.
Aku bersorak-sorai atas penyertaanMu.

Dengan tarian kupuji namaMu.
Dengan rebana dan kecapi kubermazmur kepadaMu.
Sebab Engkau berkenan kepada umatMu.
Engkau memahkotai yang rendah hati dengan keselamatanMu.

Amin.
*

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.