Monday, March 18, 2024

2403181. Jangan menghakimi orang bila masih berdosa.

Kalender Liturgi 18 Mar 2024
Senin Prapaskah V
PF S. Sirilus dari Yerusalem, Uskup dan Pujangga Gereja

Warna Liturgi: Ungu
Bacaan I: T.Dan 13:1-9.15-17.19-30.33-62
Mazmur Tanggapan: Mzm 23:1-3a.3b-4.5.6
Bait Pengantar Injil: Yeh 33:11
Bacaan Injil: Yoh 8:1-11



Saya suka lagu Susana sejak remaja, maka dibawah saya buat puisi Susana berdasarkan kitab Daniel. Kisah Susana sangat mempengaruhi cara hidupku untuk selalu berhati-hati walaupun orang yang saya temui nampaknya orang suci.

Susana perempuan cantik sekali.
Yoyakim beruntung menjadi suami.
Isteri taat pada Sang Ilahi.
Orang tuanya mendidiknya jadi perempuan sejati.

Perempuan cantik godaaan menanti.
Dua orang tua bersembunyi.
Di taman tertutup mengintipnya mandi.
Meteka menjadi nafsu birahi.

Membujuk Susana memenuhi birahi.
Susana dijebak siasat keji.
Dihukum rajam bila melayani.
Difitnah bila menolak memenuhi birahi.

Saat ditolaknya terjadilah fitnah keji.
Difitnah bercinta dengan lelaki.
Untunglah Daniel memberikan solusi.
Susana pun bebas dari dusta keji.

Beberapa hari yang lalu, saya menerima video yang berkisah bahwa pelakor bisa masuk Surga. Ternyata ini sesuai dengan bacaan injil. Walau dijebak, Yesus berhasil mengatasi cobaan orang Farisi. Perkataan Yesus kepada mereka,
"Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa,
hendaklah ia yang pertama melemparkan batu
kepada perempuan itu."


Ini menginspirasi saya untuk jangan menghakimi orang bila masih berdosa. Seringkali tanpa sengaja saya lebih mudah menghakimi daripada mengampuni. Dan tetap percaya kepada kasih pengampuan dari Tuhan tapi harus mengingatkan diri akan pesanNya untuk jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang. Tantangan yang tidak mudah bagi saya namun perkataan Paus Fransiskus menguatkan saya untuk berusaha hidup suci dari menit ke menit saja. Bangun lagi bila terjatuh.
*

Tuhan Engkaulah gembalaku. Takkan berkekurangan daku.
Engkau membaringkanku di padang rumput yang hijau.
Engkau membimbingku dan menyegarkanku.

Engkau menuntunku di jalanMu demi kekudusan namaMu.
Aku tidak takut bahaya sebab Engkau besertaku.
Tongkat gembalaMu yang menjagaku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku di hadapan lawanku.
 
Dengan minyak Kauurapi kepalaku.
Kerelaan dan kemurahanMu mengiringiku seumur hidupku.
Aku mau berdiam di dalam rumahMu selalu.
#

Jangan menghakimi orang bila masih berdosa. 
*

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.