Friday, September 29, 2017

Rehar : Jum'at ; 290917. Pesta para Malaikat Agung. Michael,Gabriel, dan Rafael.

Rehar : Jum'at ; 290917.
Dan 7:9-10,13-14 atau Why12:
7-12a. Mzm.138:1-2a,2bc-3,
4-5;  Yoh.1:47-51.

Hari ini gereja memperingati Pesta para Malaikat Agung(P). Michael,Gabriel, dan Rafael.


Dalam injil hari ini dikisahkan: 

"Pada waktu itu Natanael datang kepada Yesus atas ajakan Philipus. taklala melihat Natanael datang. 

Yesus berkata tentang dia.
"Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan didalamnya. 

Kata Natanael kepada Yesus:Bagaimana Engkau mengenal  Aku ?


Jawab Yesus kepadanya." sebelum Filipus  memanggil engkau. Aku telah melihat engkau  dibawah pohon Ara"

Kata natanael kepadaNya:  "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel".

Yesus menjawab,kataNya: Karena Aku  berkata kepadamu:" Aku melihat Engkau di bawah pohon ara, maka Engkau percaya?
Hal hal yang lebih besar dari pada itu akan kaulihat. 


Lalu kata Yesus kepadanya:" Aku berkata kepadamu,Sesungguhnya engkau akan melihat langi terbuka, dan malaikat malaikat  Allah  turun naik kepada Anak Manusia". ( Yoh 1:47-51).

Perkataan Yesus tentang siapa Natanael
menjadikan Natanael kagum dan tersan jung." Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan dindalamnnya.(Yoh 1:48). Peristiwa ini memunculkan iman dari Natanael kepada Yesus. " Rabi, Engkaulah Anak Allah, Engkau raja orang Israel".(Yoh 1:49). 


Karena pengakuan iman inilah  Yesus menjanjikan  bahwa Ia akan melihat yg lebih besar lagi." Langit akan terbuka dan malaikat malaikat Allah akan turun naik kepada Anak Manusia." ( Yoh 1:51).


Pertemuan dengan Yesus dengan sikap merendah seperti sikap seorang anak membuahkan Iman Natanael   kepada Yesus.
Kitapun dapat mengalami peristiwa seperti itu bila kita datang kepada Yesus dengan hati yang merendah dan berserah dalam Iman. 


Saat menunggu sampai kedatangan kembali Kristus pertolongan Malaikat Allah yang penuh rahasia sangatlah berguna bagi  seluruh kehidupan gereja. dengan bersama para malaikat memuji, menyembah dan memuliakan.
Bagaimana dengan anda ?

Masuklah dalam keheningan.
Mari kita mohon penyertaan dan perlindungan Malaikat  agung Michael, Gabriel dan Rafael.
H   e    n    i     n    g.

Marilah berdoa:
Tuhan Yesus, Engkau Allah yg Maharahim
Terimakasih Tuhan Engkau telah mengutus malaikat AgungMu membantu kami dalam menghadapi berbagai gangguan dari setan setan yang menyesatkan. Penuhilah kami dengan Roh KudusMu ya Tuhan dan jadikan aku saluran berkatMu bagi sesama seperti yang Engkau kehendaki. sb Engkaulah Tuhan dan penyelamat kami.

 Bapa kami...

 Kemuliaan...

Amin(ht).

#


*Jumat, 29 September 2017*
*Pekan Biasa XXV*
*Pesta Malaikat Agung*
*St. Mikael, Gabriel dan Rafael*

¤ Dan 7:9-10,13-14
¤ Mzm 138:1-2a,2b-3,4-5
¤ Yoh 1:47-51
*"Archangelus"*
~ Malaikat Agung ~


   Pada hari ini seluruh Gereja Katolik merayakan Pesta para Malaikat Agung yaitu *St. Mikhael, Rafael* dan *Gabriel.*
Mereka disebut _Malaikat Agung_ karena _peran penting_ mereka dalam rencana Allah.

   Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Yesus berdialog dengan murid perdana yakni _Natanael_ (Anugerah Allah). Imannya mulai bertumbuh dan mengakuiNya: _"Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!"_ Dan Yesus mengatakan kepadanya: _"Sesungguhnya engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar bahkan langit terbuka dan *malaikat-malaikat Allah turun naik* kepada Anak Manusia_".

Ini menggambarkan bagaimana para Malaikat Agung selain melayani dan mengabdi Allah di surga dan melaksanakan perintahNya di dunia, juga melayani, melindungi dan menyampaikan permohonan kita kepada Allah.

   Menurut *Katekismus Gereja Katolik*, malaikat adalah makhluk rohani tanpa tubuh (KGK, 328). Mereka adalah makhluk rohani yang memuliakan Allah tanpa henti-hentinya dan melayani rencana keselamatanNya untuk makhluk lain.
Mereka melayani Allah terutama dalam pelaksanaan perutusan keselamatan-Nya untuk manusia.
  
   Adapun arti nama dan tugas para Malaikat Agung ini, antara lain:
   *St. Mikhael* berarti, _"siapa yang seperti Allah"_.
Ia adalah panglima perang yang memimpin bala tentara malaikat mencampakkan setan dan para malaikat yang memberontak ke dalam neraka; pada akhir zaman, ia akan menghunus pedang keadilan guna memisahkan yang baik dari yang jahat.
Ia pembela kita dalam menghadapi roh jahat dan Gereja mengakuinya sebagai pelindung dan pembela Gereja dalam penganiayaan, godaan dan perpecahan.

Disini kita diajak untuk selalu mengandalkan Tuhan, jangan sombong.

   *St. Gabriel* berarti, _"kekuatan Allah"_.
Ia adalah pelayan dan utusan Allah yang membantu kita untuk mengerti misteri dan kehendak Allah.
Secara khusus, ia diutus untuk membawa kabar gembira kepada Maria, bahwa ia telah dipilih menjadi Bunda Sang Juruselamat.

Gabriel adalah pembawa warta keselamatan sekaligus memberikan penerangan ilahi, sehingga terbukalah budi dan hati manusia untuk memahami dan meyakini kehendak Allah.

Disini kita diajak untuk menjadi utusan Allah sebagai pembawa kabar baik kepada sesama.

   *St. Rafael* berarti _"kesembuhan dari Allah"_. Ia adalah penyembuh dan teman perjalanan. Gereja menghormatinya sebagai teman perjalanan hidup, sekaligus tabib Allah yang diutus untuk menyembuhkan dan membebaskan manusia dari perhambatan setan.

Disini kita diajak untuk menjadi orang yang membawa kesembuhan bagi sesama, baik secara jasmani maupun rohani.

   Kita patut bersyukur kepada Allah untuk Malaikat Agung ini, karena kita diingatkan akan sikap yang harus kita ambil untuk menyenangkan hati Allah.

   Saudaraku, semoga kita juga selalu berupaya menjadi 'berkat' bagi orang lain dengan sikap, ucapan dan tindakan kita yang kudus dan tulus setiap harinya.
  
Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga.

Amin.

#


"UTUSAN ALLAH"

Bacaan Liturgi 29 September 2017

Pesta S. Mikael, Gabriel. Rafael, Malaikat Agung

Bacaan Pertama Dan 7:9-10.13-14

Mazmur 138:1-2a.2b-3.4-5 

Bacaan Injil Yoh 1:47-51.

Injil Yohanes 1:51, menulis.
Yesus berkata: ".....sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaekat-malaekat Allah turun-naik kepada anak manusia."

Kita mengetahui dan yakin, bahwa para Malaekat merupakan utusan Allah. Mereka mengabdi Allah di surga dan melaksanakan perintahnya di dunia. Tugas utama para Malaekat ialah menyatakan rencana Allah kepada manusia. 


Malaekat Michael membela dan melindungi umat Israel; dan dengan kuat perkasa memimpin bala tentara surgawi dan melawan setan. 


Malaekat Gabriel menyatakan rencana Allah kepada umat Israel, mewartakan kelahiran Yohanes Pembaptis,  di utus Tuhan kepada Maria agar Maria menerima rencana Ilahi untuk melahirkan Yesus, Sang Penebus.; 


Malaekat Rafael diutus Tuhan untuk menyembuhkan Tobias dari penyakitnya, membebaskan Sara, Putera Raguel dari genggaman roh jahat. 


Pada pesta Malaekat ini marilah kita memuji Allah dan mengucap syukur kepadaNya, karena Dia telah mengutus Malaekatnya kepada kita, ketika Malaekat itu selalu memuji Allah di surga dan mewartakan keagungan Tuhan di dunia.

Para Malaekat Allah, teristimewa Malaekat pelindungku, semoga aku selalu mengikuti bimbinganmu dan mampu melakukan hal-hal yang baik, dan bersama engkau perkenankanlah aku selalu memuji Allah di surga. Amin.


Met Hari Jumat.

#


God Protects Us through The Archangels


Friday, September 29, 2017
Feast of Saint Michael, Saint Gabriel and Saint Raphael, Archangels

My daily reflection in prayer based on John 1: 47-51

Jesus saw Nathanael coming toward him and said of him, "Here is a true Israelite. There is no duplicity in him." Nathanael said to him, "How do you know me?" Jesus answered and said to him, "Before Philip called you, I saw you under the fig tree." Nathanael answered him, "Rabbi, you are the Son of God; you are the King of Israel." Jesus answered and said to him, "Do you believe because I told you that I saw you under the fig tree? You will see greater things than this." And he said to him, "Amen, amen, I say to you, you will see the sky opened and the angels of God ascending and descending on the Son of Man."

Dear Lord Jesus Christ, the Church venerates today the holy service of three of the archangels: Saint Michael, Gabriel and Raphael. They stand out for their honest love for God's most holy will. St. Gabriel faithfully delivered the most important messages of human history to Zacharias and Mary. St. Michael wrestled with Lucifer and cast him out of heaven. St. Raphael came to the aid of Tobias and protected him from evil. 

Thank you for the example of these three archangels. They aid me on my journey towards you. 

I believe that you have called me to be faithful and loving in your service. I will humbly try to reflect your greatness to all I meet today by honestly fulfilling my service. Help me be an instrument of your peace and love now and forever. Amen.

CampusMinistry Unika Soegijapranata, 28/9/2017

🇻🇦🎷🇲🇨

Allah Menjaga Kita Melalui Para Malaikat Agung

Jumat, 29 September 2017

Pesta S. Mikael, Gabriel. Rafael, Malaikat Agung
Refleksi harianku dalam doa berdasarkan Yoh 1:47-51

Lalu kata Yesus kepadanya, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Tuhan Yesus Kristus terkasih, hari ini Gereja merayakan pelayanan kudus para malaikat agung: Santo Mikael, Gabriel dan Raphael. Mereka bertahan dalam kasih murni mereka bagi kehendak Allah yang Mahakudus. St. Gabriel dengan setia mewartakan kabar penting sejarah kemanusiaan kepada Zakharia dan Maria. St. Mikael bergumul dan mencampakkan Lucifer dari sorga. St. Rafael datang memberi bantuan Tobias dan melindunginya dari kejahatan.

Terima kasih atas contoh ketiga malaikat ini. Mereka membantuku di jalanku menuju padaMu.

Aku percaya bahwa Engkau memanggilku untuk setia dan penuh kasih dalam pelayananMu. Aku ingin dengan rendah hati merenungkan keagunganMu atas semua yang kujumpai hari ini dengan tulus menjalankan pelayananku. Bantulah aku menjadi alat perdamaian dan kasihMu kini dan selamanya. Amin.

CampusMinistry Unika Soegijapranata, 28/9/2017

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

#


Friday, 29th SEPTEMBER
Sts Michael, Gabriel and Raphael, Archangels

John 1:47-51

Jesus said to Nathanael, "Because I said to you, I saw you under the fig tree, do you believe? You shall see greater things than these." And he said to him, "Truly, truly, I say to you, you will see heaven opened, and the angels of God ascending and descending upon the Son of man."

Today we celebrate the feast of the three Archangels whose names we know. 


St Michael was the Archangel who fought against Satan and all his evil angels, defending all the friends of God. He is a really powerful protector from the snares of the devil. 


St Gabriel announced to Zachariah the forthcoming birth of St John the Baptist, and to Our Lady, the birth of Jesus. We are very familiar with his greeting to Mary, "Hail, full of grace," and repeat it thousands of times. 


St Raphael took care of Tobias on his journey and especially protects young people who entrust themselves to him.

Many people have no experience of the power of the Angels and Archangels. If we knew how mighty they are and how willing to help us, we would ask them for their intercession many times during the day. 


Ask St Michael for his protection at the start of each day. The devil fears him. The devil himself told St John Marie Vianney that St Michael was protecting him at the door of his church. Rather than assault him, all the devil could do was to yell and insult him. St Padre Pio also recommended devotion to him. He said "You will need the help of St. Michael, living in this world." 


May we ask for protection from this powerful Archangel very often; may St Michael protect all Christians and fight with us in this battle against the enemy and so help us to get to Heaven.

Pope Leo XIII recommended Christians to pray this prayer every day: St. Michael the Archangel, defend us in battle: be our defence against the wickedness and snares of the devil. May God rebuke him, we humbly pray. And do you, O prince of the heavenly host, by the power of God thrust into hell Satan and all the evil spirits who prowl about the world for the ruin of souls. Amen. 


Mary, Queen of Angels, remind me to have recourse to these three powerful Archangels, Michael, Gabriel and Raphael.

#



No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.