Wednesday, October 16, 2013

Renungan Rabu, 16-Okt-2013. Menghakimi.

Shalom,
hidup ini berarti jika dijalani dengan dipenuhi melimpah kasih dari Tuhan kepada umat manusia bahkan semua ciptaanNya, jika tidak demikian nasihatilah, sebab diluar itu sia2,

"Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas. Tetapi ada orang yang tidak sampai pada tujuan itu dan yang sesat dalam omongan yang sia- sia."

1Tim1:5-6,

be love overflow,
blessed u!:)

____________

Shalom,

tersirat dlm
Rm 2 :1-11
n
Luk 11: 42-46
bhw
Paulus dg sngt cerdas memberikan makna yg benar ttg arti suatu hukum.

Sering kita mengartikan hkm sbg alat sah utk menghkm org yg melanggarnya.

Ttp Paulus mengatakan hkm adlh suatu anugerah utk mengarahkan hdp kita kpd kebaikan n kebenaran.

Dmkn jg dg Hkm2 Allah.

Jgn dijadikan alat utk slg menghakimi ttp  sbg anugerah Allah utk mengubah hdp kita, mengarahkan kpd pertobatan shg terhindar dr hal2 yg buruk utk diri sendiri : jika km tdk mau berubah mk kamu akan menumpuk bg dirimu siksa pd hr penghakiman
(Rm 2:5).

Sering kita disesatkan dg pemikiran bhw kl dpt menunjukkan dosa org lain n menghukumnya, kita akan menyenangkan Tuhan n meringankan hukuman yg hrs kita hadapi krn dosa2 kita.

Pandangan keliru semacam ini yg pd umumnya diimani org 2 Farisi n ahli2 Taurat shg Kristus meng kritik mrk dg keras.

Paulus jg mengingatkan,jgn kita merusak citra Tuhan sbg Allah yg Maha Baik, Penyabar n Penuh pengertian.

Jgn mengambil hak Allah utk menghakimi seseorg ttp marilah berperan serta dlm karya penyelamatanNya dg slg mengingatkan, slg menguatkan utk taat n setia pd hukum2 Allah.

Saat kita menghukum org yg bersalah dg kebencian,kita tlh terjebak utk jg masuk dlm kebencian yg merupakan karya sijahat.

Yg pertama hrs kita lakukan bila melihat org berbuat salah adlh dg jujur memeriksa diri, apakah sy tdk melakukan hal yg sama,khususnya kl sy menghadapi situasi n kondisi spt yg dialami org tsb.

Jgnlah kita meletakkan beban (penilaian) yg berat/ sulit utk org lain,sementara kita sendiri tdk mampu,tdk mau melakukannya.

Mari kita disemangati utk mau menjadi teladan kebaikan,ketaatan kpd Allah.

Menghukum org yg bersalah tdk pernah menyenangkan Tuhan, tdk mgkn dpt meringankan akibat dosa yg kita lakukan sendiri.

Mengingatkan sdr, memberi contoh n mengarahkan dg pnh kasih n kesabaran mrk yg sdg tersesat yg dpt menyelamatkan org tsb n diri kita sendiri krn perbuatan kasih yg dpt menutupi bnyk dosa.

______________

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.