Sunday, December 16, 2012

REN" Minggu. 16 Desember 2012. Diutus Tuhan. ‎​

Bacaan Hari Minggu Adven III
(Gaudete)
Zef.3:14-18a ;
Yes.12:2-6 ;
Flp.4:4-7 ;
Luk.3:10-18.‎​
_____________

Kencan Dengan Tuhan
Minggu, 16 Desember 2012
Bacaan: 1 Petrus 4:7b
"Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa."

Renungan:
Tiga hari sebelum saya berbagi nasi kotak semalam, saya berusaha menghubungi beberapa mantan murid yang mempunyai kendaraan untuk membantu membagikan nasi kotak. Tetapi semua yang saya hubungi sampai hari Jumat siang tidak ada yang bisa.

Di tengah kecemasan itu saya berusaha tenang dan berdoa, "Tuhan, tolong kirim seseorang yang mempunyai kendaraan untuk membantu saya membawa dan membagikan 60 nasi kotak pada hari Sabtu." Lalu saya diam, dan suara hati saya berkata, "Jangan cemas, kegiatan ini bukan kegiatanmu tetapi kegiatanKu. Aku yang akan mengatur segala sesuatunya." Saat itu hati saya tenang kembali.


Jumat sore sekitar jam setengah enam tiba-tiba seorang mantan murid yang sudah hampir setengah tahun tidak berhubungan, bbm saya dan menanyakan tentang kegiatan nasi kotak dan bersedia membantu. Lalu dia menelepon saya, dan kalimat pertama yang saya ucapkan adalah, "Wil, kamu diutus Tuhan untuk menolong saya."

Saudara, pernahkah anda merasa cemas dan khawatir karena satu permasalahan yang sedang dihadapi?

Cobalah di saat hal seperti itu terjadi, berusahalah untuk tetap tenang dan kemudian mengambil waktu untuk berdoa. Saat itu anda tidak sendirian, karena ada satu pribadi yang setia untuk membantu. Dia adalah Yesus. Yesus hanya membutuhkan ketenangan, doa dan iman kita. Dia senantiasa ada untuk kita yang percaya padaNya. Apakah anda percaya? Tuhan memberkati.

Doa:
Yesus, berikanlah aku Roh ketenangan disaat hatiku cemas dan gelisah karena pergumulan dan permasalah yang terjadi dalam hidupku. Ingatkan aku bahwa Engkau adalah sahabatku yang senantiasa ada untuk menolong aku.
Jangan biarkan pergumulan dan permasalahan hidupku membutakan mata hatiku untuk melihat kuasaMu, tapi yakinkan aku bahwa selalu ada jalan keluar disaat aku tenang dan berdoa padaMu. Yesus, Engkaulah andalanku. Amin
(Dod)
______________

Inilah Injil Yesus Kristus menurut St. Lukas.
= Luk.3:10-18 =

Orang banyak bertanya kepadanya (Yohanes Pembaptis):
"Jika demikian,
apakah yang harus kami perbuat?"
Jawabnya (Yohanes Pembaptis)::
"Barangsiapa mempunyai dua helai baju,
hendaklah ia membaginya dengan yang tidak punya,
dan barangsiapa mempunyai makanan,
hendaklah ia berbuat juga demikian."

Ada datang juga pemungut-pemungut cukai untuk dibaptis dan mereka bertanya kepadanya:
"Guru, apakah yang harus kami perbuat?"
Jawabnya:
"Jangan menagih lebih banyak dari pada yang telah ditentukan bagimu."

Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya:
"Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?"
Jawab Yohanes kepada mereka:
"Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu."

Tetapi karena orang banyak sedang menanti dan berharap,
dan semuanya bertanya dalam hatinya tentang Yohanes,
kalau-kalau ia adalah Mesias,
Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu:
"Aku membaptis kamu dengan air,
tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak.
Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
Alat penampi sudah di tangan-Nya untuk membersihkan tempat pengirikan-Nya dan untuk mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung-Nya,
tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."

Dengan banyak nasihat lain Yohanes memberitakan Injil kepada orang banyak.
_____________

Yohanes itu suara, ttp Tuhan dari permulaan adalah Sabda"

-Buah dr bertobat...
bertny kpd diri sendiri : "Apakah yg hrs kami lakukan ?"
Yg hrs kita lakukan :
"Biarlah Yesus lahir di Hati kita setiap saat !!"
(spy kita jauh dr Dosa sekecil apapun)

-Bertobat : menyesali n tidak berbuat lg...

-Bersihkan goa n kandang Hati kita (krn tubuh kita bisa jd bait NYA)

-Berdoa dlm Keheningan : itulah jalur utk smp ke gua hati kita.

-Bermurah hati dlm Kerendahan Hati, krn rendah hati itu jauh dr kesombongan, krn kesombongan itu akar segala kejahatan !

-BerBagi = KeMurahan Hati bukan soal Materi (yg hny bisa dilakukan org kaya), ttp justru itu soal Hati...
Akan lbh besar di Nilai NYA, jika org melakukan segala sesuatu ber akar dr Hati...
Jadi, Hargailah jasa sesama sekecil apapun itu yg penting keTulusannya !

Di Korona Adven dinyalakan lilin ke 3 hr ini,
Suatu pengharapan yg semakin Cerah dlm nada Sukacita n Syukur atas Pemenuhan janji Tuhan yg MahaKuasa n SangPencipta Semesta n JuruSelamat kita.

Semoga dgn persiapan yg baik, maka Rahmat KasihNYA, Sang Imanuel sungguh lahir di hati kita masing2.
Semper Gaude frenz...
_____________


God Bless All of You.





























No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.