Monday, October 8, 2018

1810083. RenPri.KH. Senin, 8 Oktober 2018. "Setengah mati"

*RenPri.KH. Senin, 8 Oktober 2018*


_Luk 10:25 Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, ..._
_Luk 10:29 Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: "Dan siapakah sesamaku manusia?"_



Saya, seorang aktifis KS sudah beberapa tahun yang kadangkala bersikap seperti ahli Taurat, merasa diri sendiri benar. _(sebenarnya: membenarkan pendapat sendiri agar tampak paham KS)_ Perbincangan ini sungguh menyadarkan saya untuk berani/ mendengarkan & memahami pendapat orang lain & pakar serta tidak perlu berdebat dalam isi  kitab suci tersebut dengan siapapun, dalam agama apapun.


_Luk 10:30 Jawab Yesus: "Adalah seorang yang ... jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati._

Saya tahu kata arti *"setengah mati"* karena saya pernah mengalami pendarahan yang cukup parah dari kepala sampai dengan kaki, saat rumah kemasukan maling bermodalkan pisau membongkar jendela dan menusuk kebeberapa bagian tubuh saya saat saya melihatnya beraksi di tengah malam menjelang akhir tahun.  Saya beruntung, maling tersebut berlari/ kabur, mau meninggalkan tempat setelah pisaunya berhasil saya rebut. (Kalau si Maling terus bertahan dan melawan, saya bisa langsung 'out _from the life in this world_').

Saat saya bermandi darah, nafas tersengal2, saya mendengar saat seorang kenalan berkata dengan penuh kuasa, "Jangan dipindahkan dia  dari posisinya, tunggu polisi datang untuk membuat visum. Saya sudah memanggil polisi" Tahukan arti kalimat diatas ini ? Artinya saya diperkirakannya akan meninggal karena pendarahan yang sangat banyak, jadi jangan dipindahkan agar polisi bisa membuat garis putih posisi tubuh saya.

Saya juga mendengar ketika isteri dan beberapa orang lain berkata panggil ambulan. Dan beberapa menit  kemudian, ada orang yang berkata, "Sebaiknya segera dibawa ke IGD RS dengan mobil _(Puji Tuhan, ada mobil saudara yang bersedia digunakan untuk membawa pasien "berdarah2")_, siapa tahu bisa selamat. Lagipula _(saya)_ masih sadar."

Terpujilah Tuhan yang telah mengutus malaikat2Nya sehingga saya dapat bertahan dan anggota keluarga saya yang lain bisa selamat.

Di IGD RS, saya dalam kondisi masih setengah sadar, segera ditangani/ dibersihkan luka2 dan pertolongan pertama  sejenisnya, sambil menunggu dokter spesial bedah terkenal yang datang 2-3 jam kemudian. _(Ini semua adalah berkat medsos, beberapa sahabat segera menyebarkan berita kejadian ini, dimana salah satu teman dari sahabat yang sedang berada di luar kota membangunkan sang dokter bedah tersebut dari tidurnya)_

Medsos yang digunakan dengan baik dan bertujuan baik sehingga Tuhan menyertai isi pesan tersebut. Pertolongan Tuhan datang silih berganti melalui banyak sahabat2 baik, dari beberapa  donatur/ penyumbang darah saya yang termasuk langka,  hingga pastur yang datang sendiri _(tanpa diminta)_ sesudah memimpin misa pagi menggunakan taksi, membawa sendiri  perlengkapan perminyakan untuk saya ke RS, serta banyaknya sahabat yang sudah berada dikamar inap, sesaat saya selesai dioperasi bedah _(dijahit sekitar 50 jahitan)_ padahal hari masih jam 7-8 pagi. Dan berlanjut beberapa hari setelahnya, tiada jam tanpa kehadiran saudara/ sahabat & teman, padahal saya hanya di kelas dua yang memiliki beberapa 'bed' yang bisa kosong selama tiga hari saya dirawat. Ini pertama kalinya saya dirawat di RS dan dikirimi bunga.


_Luk 10:37 Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"_

Kalau merenungkan kejadian yang saya alami itu, saya yakin sahabat2 baik saya telah melakukan firman Tuhan ini. Mereka melakukan dengan tulus dan sungguh2 membantu. Terpujilah Tritunggal Maha Kudus yang telah menggerakan hati, pikiran & tubuh anak2Mu yang baik, sahabat2 saya.


*Doa:*
Terpujilah Allah yang penuh kasih memberikan banyak berkat kepada saya. Terpujilah Tuhan Yesus yang telah memberikan KasihNya melalui  banyak sahabat kepada saya. Terpujilah Roh Kudus yang telah menguatkan saya dengan dukungan anggota keluarga dan para sahabat baik dalam menjalani kehidupan ini.

Allah Bapa, bersama bunda Maria, para Kudus di surga, saya berdoa, "Terjadilah padaku menurut kehendakMu. Utuslah Roh KudusMu agar saya mampu melakukan kehendakMu dengan sempurna.   Biarlah semuanya terjadi pada hidupku karena Kasih Kerahiman Yesus Kristus. Tuhan Yesus, Engkaulah andalanku." Amin.


_Tertanda tanggal Ajaib hari ini: 8102018_
_(Sama angkanya walau dari Kiri/ Kanan)_
Salam Kasih,
K.H

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.