Thursday, March 8, 2018

1803087. Pertanyaan & Jawaban dari Kej 17-18.  Sodom & Gomora.

Pertanyaan dari Kej 17-18.  Sodom & Gomora.


_Adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki."_
_Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" FirmanNya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu."  (Kej 18:14,32)_

_Pertanyaan:_
1. Mengapa Abraham berani "menawar" hukuman kepada  Tuhan ?
2.a. Mengapa Tuhan mengikuti "penawaran" Abraham ?
2.b. Apakah kehendak Tuhan itu "bisa ditawar"?
2.c. Jika "tidak Ada sesuatu apapun yang mustahil untuk TUHAN", mengapa Tuhan tidak mengubah hati & pikiran mereka yang di Sodom & Gomorah untuk berubah ?
_(misal: dikirim utusan dulu spt.Yunus diutus ke  kota Niniwe)_
Tks.
🙋

.



.



.



.



Pertanyaan dari Kej 17-18.  Sodom & Gomora. (Versi Pak Loren).

 Semoga menjawab pertanyaan ya.🙏😃

Loren Ribut Sujarwo:
1. Titik beratnya bukan pada penawaran, tetapi Abraham percaya pada Kasih Karunia Allah, dan dia berdoa, meminta bukan untuk dirinya sendiri, tetapi berdoa bagi orang lain (Doa Syafaat).

2. a. Karena pada dasarnya Allah Maha Kasih, menyayangi manusia dan Dia tidak ingin manusia mati sia-sia.

2.b. Sekali lagi titik tolaknya bukan atas tawar menawar, tetapi karena Kasih Karunia Allah. Allah tidak berhenti mencurahkan karunia sampai Abraham berhenti berdoa. Abraham berhenti meminta, karena sejauh ini ia telah  berhasil meminta keselamatan bagi tempat itu seandainya hanya ada sepuluh orang benar di dalamnya.

2.c. Tuhan selalu menghormati kehendak bebas msnusia. Tuhan tidak selalu menjadi Dalang atas manusia sebagai wayang. Karena memang manusia bukan wayang yang selalu harus digerakkan oleh Sang Dalang dalam berfikir dan bertindak.

Di Sodom sudah ada Lot, keponakan Abraham, meski bukan utusan, tapi jelas kepergian Lot juga dikehendaki Allah dan atas kehendak-Nya pula. Jadi Sodom sebenarnya bisa belajar tentang hidup baik dan tentang keimanan kepada Lot.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.