Thursday, February 15, 2018

Bacaan Liturgi 15 Februari 2018 Hari Kamis Sesudah Rabu Abu. KEHIDUPAN.

Bacaan Liturgi 15 Februari 2018

Hari Kamis Sesudah Rabu Abu.

KEHIDUPAN.

#


Bacaan Liturgi 15 Februari 2018
Hari Kamis Sesudah Rabu Abu.


Bacaan Pertama
UL 30:15-20
Pada hari ini aku menghadapkan kepadamu: berkat dan kutuk.
Pembacaan dari Kitab Ulangan:


Di padang gurun di seberang Sungai Yordan
Musa berkata kepada bangsanya,
"Ingatlah, pada hari ini aku menghadapkan kepadamu
kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan.
Karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu
untuk mengasihi Tuhan, Allahmu,
dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya
dan berpegang pada perintah, ketetapan serta peraturan-Nya.
Dengan demikian engkau hidup dan bertambah banyak
dan diberkati oleh Tuhan, Allahmu,
di negeri yang engkau masuki untuk mendudukinya.

Tetapi jika hatimu berpaling dan engkau tidak mau mendengar,
apalagi jika engkau mau disesatkan
untuk sujud menyembah kepada allah lain
dan beribadah kepadanya,
maka pada hari ini aku memberitahukan kepadamu
bahwa pastilah kamu akan binasa,
dan tidak akan lanjut umurmu di tanah, ke mana engkau pergi,
menyeberangi sungai Yordan, untuk mendudukinya.

Aku memanggil langit dan bumi
menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini:
Kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian,
berkat dan kutuk.
Pilihlah kehidupan, supaya engkau tidak mati,
baik engkau maupun keturunanmu,
yaitu dengan mengasihi Tuhan, Allahmu,
mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya.
Sebab hal itu berarti hidup bagimu dan lanjut umurmu
untuk tinggal di tanah
yang dijanjikan Tuhan dengan sumpah kepada nenek moyangmu,
yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub,
untuk memberikannya kepada mereka."

Demikianlah sabda Tuhan.


Mazmur
Mzm 1:1-2.3.4.6
R:40:5a
Berbahagialah orang,
yang menaruh kepercayaan pada Tuhan.


*Berbahagialah orang
yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik,
yang tidak berdiri di jalan orang berdosa,
dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh;
tetapi yang kesukaannya ialah hukum Tuhan,
dan siang malam merenungkannya.

*Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air,
yang menghasilkan buah pada musimnya,
dan tak pernah layu;
apa saja yang diperbuatnya berhasil.

*Bukan demikianlah orang-orang fasik:
mereka seperti sekam yang ditiup angin.
Sebab Tuhan mengenal jalan orang benar,
tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.

Bait Pengantar Injil
Mat 4:17
Bertobatlah, sabda Tuhan, sebab Kerajaan Surga sudah dekat.

Bacaan Injil
Luk 9:22-25
Barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku,
ia akan menyelamatkannya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:


Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya
bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan,
dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat,
lalu dibunuh, dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Kata-Nya kepada mereka semua,
"Setiap orang yang mau mengikut Aku, harus menyangkal dirinya,
memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.
Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya,
ia akan kehilangan nyawanya;
tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku,
ia akan menyelamatkannya.
Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia,
tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Demikianlah sabda Tuhan.

#


Mutiara Iman

*KEHIDUPAN*

15 Pebruari 2018
"Supaya engkau HIDUP.." (Ul 30:16)


Lectio
Ul 30:15-20; Mzm 1:1-2,3,4,6; Luk 9:22-25.


Sandra yang sangat mengasihi pacarnya, tiba-tiba diputusi. Di tengah kesedihannya, dia tidak bisa tidur hingga jam 5 pagi terdengar bunyi lonceng gereja. Lalu tidak seperti biasanya, dia pun pergi ke gereja. Duduk di bangku paling belakang dan berkata dalam hatinya : "Tuhan.. sudah lebih dari 5 tahun aku tidak pernah datang ke rumah-Mu, karena aku mengasihi pacarku lebih dari mengasihi-Mu. Sekarang aku datang kepada-Mu, terimalah diriku yang BERDOSA ini."


Setelah misa, dia disapa oleh Ibu yang menjual buku rohani : "Non.. mau beli buku?"


Lalu Sandra memgambil buku yang berjudul "TUHAN mengasihimu", dan sambil meneteskan air mata, dia bertanya : "Ibu senang berjualan buku ya?" 


Jawab ibu itu : "Iya Non. Saya hanya bisa menawarkan buku ini dan setiap ada yang beli saya senang karena bisa meneruskan kepada orang lain. Saya hanya BERDOA semoga ada SATU JIWA yang SELAMAT ketika membaca buku ini."


"Hari ini Ibu telah menyelamatkan SATU JIWA." kata Sandra sambil membayar.


Allah bersabda melalui Musa :
"karena PADA HARI INI aku memerintahkan kepadamu untuk MENGASIHI TUHAN ALLAHMU."
Dengan mengasihi Tuhan dan taat kepada perintahnya, akan mendapatkan KEHIDUPAN.


Oratio
Ya Tuhan, mampukan kami selalu taat kepada-Mu. Amin.


Missio
_Marilah kita melakukan yang memberi kita KEHIDUPAN dengan mengasihi Tuhan dan taat pada perintah-Nya._


*Have a Blessed Thursday.*

Mutiara-Iman.org

#



No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.