Thursday, November 27, 2014

Kamis, 27 Nov 2014. Kebahagiaan abadi dalam pelukan Sang Juru Selamat. 

Kamis, 27 Nov 2014.
Fransiskus-Antonius Pasani.


Why. 18:1-2,21-23; 19:1-3,9a; 

 Mzm. 100:2,3,4,5;

 Luk. 21:20-28.


"Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. 

Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis. 

Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! 

Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini, dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu." 


"Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. 

Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."


Ngeri juga saya menbaca Injil hari ini. Apakah memang demikianlah yang nantianya akan terjadi: keselamatan mesti didahului dengan kekacauan yang menyebabkan derita?

 Tidak ada yang tahu. 

Yang jelas, memang antara datangnya penyelamatan abadi dengan penderitaan, seringkali sangat dekat. Hal ini banyak saya jumpai ketika melakukan pendampingan terhadap saudara-saudari yang menderita sakit keras dan menghadapi sakratul maut. 

Pada hari-hari tersebut, mereka mengalami penderitaan yang luar biasa. 

Lalu datanglah tahap penyerahan dan kepasrahan kepada Tuhan yang tentunya sudah mempunyai rencana terbaik. 

Maka, begitu datang saat penyelamatan itu, di mana Tuhan menyembuhkannya secara total, mereka pun berisitirahat dalam damai abadi. Tidak ada lagi rasa sakit dan penderitaan apa pun. 

Yang ada hanyalah kebahagiaan abadi berada dalam pelukan Sang Juru Selamat. 

Maka, saya selalu berdoa bagi mereka, apabila saat-saat kritis itu terjadi, mereka bisa bangkit dan mengangkat muka untuk menyambut Sang Penyelamat yang sudah dekat. 

Bagi kita pun, kita perlu untuk senantiasa membiasakan mengangkat muka kepada Tuhan: mendengarkan sabda-Nya dan menyerahkan segala sesuatu pada kehendak-Nya sehingga kita selalu siap dan tetap merasa tenang serta damai dalam menghadapi setiap peristiwa hidup kita, yang kadang tidak mudah, menegangkan, dan membingungkan.


Doa: 

Tuhan, bantulah kami agar dengan bijaksana mampu mempersiapkan diri hari demi hari untuk menyambut datangnya penyelamatan-Mu. Amin.


 -agawpr-

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.