Saturday, October 25, 2014

Sabtu, 25 Okt 2014. Tuhan memberi waktu satu tahun.

Sabtu, 25 Okt 2014.
Yohanes Ston.


Ef. 4:7-16;

 Mzm. 122:1-2,3-4a,4b-5;

 Luk. 13:1-9.


Pada waktu itu datanglah kepada Yesus beberapa orang membawa kabar tentang orang-orang Galilea, yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah korban yang mereka persembahkan. 

Yesus menjawab mereka: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu? Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian. Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem? Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian." 

Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya. 

Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma! 

Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"


Mengabarkan dan menceritakan keburukan orang lain memang selalu menjadi obrolan yang menarik. 

Bagaimana kita harus bersikap kalau ada orang mengajak kita berbuat demikian? 

Atau jangan-jangan malah kita yang mengajak? 

Semoga tidak. 


Yesus memberikan teladan yang baik bagi kita. Ketika beberapa orang dengan bangga menceritakan penderitaan orang-orang Galilea yang menurut mereka diakibatkan karena dosa, Yesus justru menanggapi dengan mengingatkan bahwa mereka pun berdosa dan harus bertobat. 


Maka, kalau kita tergoda untuk membicarakan keburukan atau dosa orang lain, kita harus sadar bahwa kita pun berdosa, bahkan mungkin lebih besar. 

Kita pun membutuhkan pertobatan.

 Tentu saja, pertobatan itu tidak sekali jadi. 

Butuh proses dan waktu yang disertai jatuh bangun. 

Untuk itu, Tuhan selalu memberi kesempatan. 

Mungkin, tahun ini kita masih banyak gagalnya. 

Tuhan memberi waktu satu tahun lagi.

 Kalau masih gagal lagi, waktu satu tahun juga diberikan lagi. 

Begitu seterusnya. 


Kata-kata Injil, "biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah" tidak akan berubah. 


Setiap kali kita baca, bunyinya sama. 

Itu berarti, Tuhan selalu memberi kesempatan kepada kita.


Doa: 

Tuhan, 

berilah kami rahmat-Mu untuk selalu menggunakan kesempatan yang Kauberikan kepada kami agar kami mampu menghasilkan buah-buah pertobatan yang nyata. 

Amin.

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.