Monday, September 15, 2014

Yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya.

Sabtu, 13 September 2014.

Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus.


1Kor. 10:14-22a; 
Mzm. 116:12-13,17-18; 
Luk. 6:43-49.


"Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik ... Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."


Hari ini kita memperingati St. Yohanes Krisostomus. Yohanes adalah Uskup Kostatinopel (397-404) yang sangat saleh. 

Kotbah dan tulisan-tulisannya sangat berbobot sehingga ia dijuluki "Krisostomus" yang artinya "Si Mulut Emas". 

Tentu, "emas" yang dikeluarkan dalam kata-kata lesannya dan tulisan-tulisannya tersebut berasal dari perbedaraan hatinya yang baik. 

Dan perbendaharaan hatinya yang baik itu selalu dipupuk melalui relasinya yang mendalam dengan Tuhan.


 Di zaman sekarang, ketika ada banyak media untuk mengeluarkan perbedaharaan hati kita, tidak hanya secara langsung melalui mulut kita tetapi ada juga melalui tulisan-tulisan kita di FB, twitter, path, dll, semoga kita semakin bijaksana. 

Kita perbanyak perbedaharaan hati kita dengan hal-hal yang baik, misalnya dengan semakin banyak doa, membaca Kitab Suci dan buku-buku yang bermutu, sehingga yang kita keluarkan pun selalu yang baik. 

Kita jernihkan pikiran kita supaya menjadi filter yang baik untuk setiap hal yang masuk melalui mata dan telinga kita, juga untuk setiap hal yang kita keluarkan melalui kata-kata, tulisan dan bahasa tubuh kita lainnya.


Doa:

 Tuhan, bantulah kami untuk memiliki perbendaharaan akan semua hal yang baik dalam hati kami agar apa pun yang keluar melalui kata-kata, tulisan, tindakan dan bahasa tubuh kami selalu baik. Amin.


 -agawpr-

No comments:

Post a Comment

Do U have another idea ?


LET'S SHARE 2 US.